Haid Tidak Lancar Selepas Melahirkan

Share dan Tag Temanmu di :

Haid tidak teratur atau tidak lancar merupakan suatu kondisi dimana ketika siklus haid wanita menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bublan atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Untuk wanita yang belum menikah, bisa anda diperkirakan kemungkinan terjadi haid tidak teratur merupakan penyebab dari kelelahan fisik, psikis dan diet yang berlebihan. Secara umum penyebab dari haid itu sendiri antara satu wanita dengan wanita lain tidak lah sama, berarti ada beberapa kemungkinan seorang wanita terlambat haid atau menstruasi dengan penyebab seperti berikut ini :

  • Stres
  • Kurang istirahat
  • Merokok
  • Penggunaan obat-obatan kimia
  • Ibu Menyusui, terlalu kurus atau terlalu gemuk dan
  • Menderita suatu penyakit tertentu.

Berhati-hatilah jika anda menglaami kondisi haid tidak teratur karena kndisi seperti ini sering menjadi penyebab infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita. Haid yang tidak lancar juga bisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa saat sedang haid. Kemudian penyebab haid tidak lancar yang anda alami bisa juga karena anda memiliki penyakit lain seperti Anemia. dan kemungkinan yang terakhir adalah karena hormon esterogen dan hormon progesterogen anda yang kurang sehingga dapat menyebabkan menstruasi anda mengalami ketidak lancaran .

Umunya 2 minggu sebelum menjelang haid Haid merupakan proses alami meluruhnya sel telur yang tidak dibuahi dan lapisan dinding rahim yang mempunyai banyak pembuluh darah. wanita biasanya mengalami apa yang di sebut dengan PMS hal ini terjadi karena nantinya wanita akan mengalami ketidak nyamanan fisik maupun emosional seperti sakit kepala ,perut kembung,jerawat hingga mudah bete dan sulit berkonsentrasi ,PMS yang paling parah dirasakan adalah 7 hari sebelum menstruasi datang kemudian menyurut dengan sendirinya seiring dengan masa haid berlangsung .

Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak lancar setelah melahirkan dan perosesnya pun panjang karena penyebabnya adalah :

  • Pendarahan yang terjadi setelah melahirkan

Wanita melahirkan memang mengalami pendarahan yang cukup banyak keluar dari tubuhnya, meskipun dari bentuknya saja terlihat seperti darah menstruasi akan tetapi darah tersebut merupakan darah sisa yang terjadi didalam rahim, maka tidak heran jika wanita sehabis melahirkan memakai pembalut khusus untuk wanita sehabis melahirkan.

  • Fisik dan mental yang memperngaruhi sikuls tidak menentu
Siklus tersebut memang akan kembali seperti sediakala jika wanita itu mampu bertahan secara fisik dan mental. Namun dengan kondisi seorang wanita yang tidak memungkinkan bertahan karena memang sudah melahirkan maka siklus tidak menentu akan dialaminya pula.

Sekurang-kurangnya wanita sehabis melahirkan akanmengalami menstruasi selama 10 minggu dan hal itu pun akan berjalan normal, akan tetapi untuk yang selanjutnya akan mengalami penundaan selama kurang lebih 5 bulan, dan itu akan terus terjadi sebagai antisipasinya diperlukan seorang suami yang bisa berperan untuk mengembalikan kodisi mental istrinya, juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi agar bisa kebali pulih seperti semula.

  • Wanita menyusui

Kondisi menyeusui seorang ibu untuk memberikan ASI dapat membuat menstruasi setelah melahirkan tidak akan sama pada waktu sebelum melahirkan, hal ini mengakibatkan seorang wanita akan memproduksi hormon prolaktin yang berguna untuk meningkatakan kelenjar hipofisis untuk memperbanyak asi, dan proses tersebut akanmembuat ovulasi tertekan, sehingga proses dan siklus mentruasi menjadi tidak teratur.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Kewanitaan Sabtu, 30 Januari 2016 10:35:38

Related Post :
Ibu Hamil
Mengerikan ! Ini Bahaya…

Mengerikan ! Ini bahaya…

Obat Cina
Obat Tradisional Parkinson Paling…

Obat tradisional parkinson paling…

Penyakit
Gejala Infeksi Saluran Pernafasan…

Gejala Infeksi Saluran Pernafasan…

Penyakit
Penyebab dan Diagnosa Penyakit…

Konjungtivitis bisa dikenali dari…

Kesehatan
Daftar Makanan Yang Mengandung…

Daftar makanan yang mengandung…

Penyakit
Jangan Samakan! Ini Perbedaan…

Jangan samakan! Inilah berbagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Keuntungan Pemakaian Alat Kontrasepsi IUD / KB Spiral

Keuntungan pemakaian alat kontrasepsi IUD…

Kewanitaan
Penyakit Reproduksi yang Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Mengetahui beberapa jenis penyakit reproduksi…

Kewanitaan
Kirim Pertanyaan
Top