Komplikasi Radang Amandel Dan Pasca Operasi Amandel

Share dan Tag Temanmu di :

Pada umumnya, sebagaian kasus tonsilitis atau radang amandel dapat sembuh dengan sendirinya selama 7 hingga 10 hari. Meski jarang terjadi, nyatanya kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi radang amandel pada beberapa penderitanya. Seperti halnya reumatoid arthritis dengan penyebab penyakit amandel akibat bakteri.


Komplikasi penyakit amadel biasanya terjadi akibat pengobatan radang amadel cukup parah yang tidak segera di obati ataupun pengobatan yang di lakukan belum sempurna. Hal tersebut bahkan bisa menyebabkan komplikasi yang berpotensi mengancam nyawa. Beberapa komplikasi radang amandel di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Infeksi telinga bagian tengah, yang di sebabkan oleh menyebarnya bakteri penyebab radang amandel ke telinga.
  2. Apnea tidur. Adalah suatu kondisi dimana pada umumnya terjadi pada kasusu tonsilitis kronis dan sebagian besar penderitanya adalah anak-anak. Kondisi ini menyebabakan penderitanya kesulitan bernapas  saat tidur sehingga sering kali terbangun di malam hari. Dan pada saat tidur pun mereka akan sering kali mendengkur.  Kurangnya porsi tidur tentu saja dapat menghambat produktivitas penderita di siang hari sehingga menyebabakan meraka mudah lelah
  3. Quinsy atau abses peristonsil. Adalah kondisi dimana terjadinya gumpalan-gumpalan nanah pada amandel dan dinding tenggorokkan. Mereka yang mengalami komplikasi ini akan merasakan sakit di tenggorkkan, mengeluarkan napas tidak sedap, sakit kepala, telinga, kesulitan berbicara, demam, dan terjadinya pembengkakan di leher dan juga sekitar wajah.
  4. Glomerulonephritis. Merupakan pembengkakan di sekitar saringan ginjal. Penderita yang mengalami komplikasi ini akan mengalami penurunan napsu makan dan juga sering muntah-muntah.
  5. Demam rematik. Merupakan suatu kondisi dimana menyebabakan radang di sekujur tubuh dengan gejala berupa ruam kulit dan juga nyeri sendi.
  6. Demam skarlatina. Adalah kondisi dimana menyebabkan kulit si penderitanya di penuhi dengan ruam atau bercak berwarna kemerahan.

Selain dari pada itu, pada beberapa kasus radang amandel yang cukup parah, sering kali di lakukan operasi pembedahan amandel yang di lakukan pada mukosaa ynga sensitif dan otot di bawahnya. Tentu saja prosedur tersebut menyakitkan, terlebih apabila kapsul tonsil robek dan otot terpapar keluar. Apabila perawatan setelah operasi amandel tidak tepat, maka dapat menyebabkan komplikasi pasca operasi amandel berupa infeksi berat yang memerlukan  adanya nyeri dan juga lelah yang berlebihan setelah operasi selama berminggu-minggu. Hal tersebut di karenakan infeksi pada tempat pembedahan yang di sertai dengan peradangan pada sel-sel saraf.

Selain itu, pasca operasi pun  dapat terjadi pendarahan.  Meski jarang terjadi, namun kasus pendarahan ini bisa saja terjadi hingga luka benar-benar belum sembuh hingga 2-3 minggu pasca operasi. Jika hal tersebut berlanjut dalam waktu yang cukup lama maka di perlukan penjahitan pembuluh darah, yang mana di perlukan anestesi dalam pembedahan ulang tersebut.

Namun yang paling penting untuk kita lakukan pada saat ini adalah meningkatkan kesadaran kita, dengan melakukan pencegahan radang amandel dari hal sekecil apapun seperti mencuci tangan untuk memperkecil penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit ini.

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 27 Januari 2017 08:50:42

Related Post :
Daun
Segudang Kebaikan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Tak Ingin Terkena Kanker?…

Makanan penyebab kanker yang…

Obat Kimia
Khasiat Obat Esomeprazole untuk…

GERD (Gastro Esophageal Reflux…

Kulit
Penyebab dan Cara Penanganan…

Keratosis pilaris merupakan penyakit…

Kesehatan
Penyebab Pusing saat Berolahraga…

Pusing saat berolahraga bisa…

Penyakit
Diagnosa Terhadap Pankreatitis akut…

Diagnosa terhadap pankreatitis akut…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Resiko Lain Penyebab Kanker Hati Selain Gangguan Hati

Resiko lain penyebab kanker hati…

Penyakit
Beragam Penyakit Keturunan yang Sulit Di Cegah

Penyakit keturunan merupakan penyakit yang…

Penyakit
Gejala Dan Perkembangan Tahapan Penyakit HIV Menjadi AIDS

Gejala dan perkembangan tahapan penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top