Penyakit Asma Tingkatkan Risiko Obesitas pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi orang yang memiliki anak dengan riwayat asma, sebaiknya perhatikan aktivitas fisik dan makanannya. Pasalnya, para peneliti dari University of Southern California menemukan kaitan antara penyakit asma dengan obesitas. Anak penderita asma, 50% lebih mungkin mengalami obesitas dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki masalah pernapasan.


Menurut penelitian, anak-anak yang memiliki asma lebih berisiko obesitas dikemudian hari. Penelitian yang dilakukan selama 10 tahun lebih ini melibatkan 2.000 anak-anak yang memiliki asma. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine menemukan, lebih dari 50% anka berpotensi mengalami kegemukan atau obesitas dalam waktu sekitar 10 tahun setelah didiagnosa asma.

Namun, menurut peneliti Dr Zhanghua Chen, belum dapat dipastikan bagaiman asma bisa memicu obesitas. Pasalnya, masalah asma dan obesitas pada anak sering terjadi secara bersamaan. Menurutnya, belum jelas pula apakah penyakit asma tingkatkan risiko obesitas pada anak atau obesitas yang meningkatkan risiko asma. Namun, penelitian menyebutkan bahwa efek samping obat asma juga mempengaruhi berat badan.

Sementara itu, Profesor Frank Gilliland dari University of Southern California, menyebutkan bahwa asma dan obesitas mungkin saling memengaruhi satu sama lain. Untuk itu, diagnosis dini dan pengobatan asma yang tepat dapat membantu mencegah epidemi obesitas.

Disisi lain, para ilmuwan percaya, anak yang memiliki asma lebih berisiko kelebihan berat badan karena rata-rata mereka kurang olahraga. Tidak dapat dipungkiri memang anak dengan asma cenderung takut berolahraga karena khawatir akan kesulitan bernapas atau asma akan kambuh saat olahraga. Padahal terdapat pilihan olahraga yang tepat bagi anak pederita asma yang aman untuk dilakukan.

Mengidap asma sekaligus obesitas dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit metabolik, seperti diabetes tipe 2. Gejala asma pun akan menjadi lebih parah ketika seseorang juga kelebihan berat badan. Jadi, selain mengontrol gejala asma, perlu juga menjaga berat badan tetap ideal.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Jum'at, 27 Januari 2017 11:33:00

Related Post :
Kesehatan
Buah Dan Sayur Ini…

Berbagai pantangan makanan bagi…

Ibu Dan Anak
Belajar Mengenali Gejala Sakit…

Belajar mengenali gejala sakit…

Ibu Dan Anak
Mengenal Jenis Kanker yang…

Bukan hanya penyakit orang…

Manfaat
Manfaat Omega 3 Dan…

Khasiat dan manfaat omega…

Tips
Lakukan Hal Ini Jika…

Ketika telinga kemasukan semut,…

Tips
Tips Merawat Payudara Agar…

Tips merawat payudara agar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Dampak Negatif Paparan Polusi Udara Terhadap Otak Anak

Polusi udara merupakan suatu kondisi…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Cara Tenangkan Bayi Sering Menangis dengan Akupuntur

Tips menenangkan bayi sering menangis…

Kirim Pertanyaan
Top