Cara Menyajikan Susu Formula Yang Baik Untuk Bayi

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin susu formula sangat diperlukan bagi bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI ekslusif. Tetapi sebenarnya dari sisi kebersihan penggunaan susu formula lebih beresiko daripada ASI. Jika penyajian susu formula yang tidak dilakukan dengan baik dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi misalnya diare. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk menyajikan susu formula dengan cara higienis dan aman.


Bersihkanlah Botol Susu Bayi dengan Baik

Hal yang sangat penting yang harus selalu anda perhatikan kebersihan botol susu bayi anda karena bakteri bisa saja bersarang dibotol susu bayi yang kurang bersih.

Berikut ini beberapa tips membersihkan botol susu bayi:

  • Botol susu bayi dibersihkan dengan air hangat dan sabun khusus mencuci alat makan bayi, tak lupa gunakan sikat khusus botol agar anda bisa menjangkau seluruh bagian botol dengan mudah, bersihkan dahulu sikat khusus membersihkan botol, setelah seluruh bagian botol bersih kemudian bilas dengan air bersih.
  • Setelah botol dibersihkan, anda juga harus mensterilkan botol susu dengan cara merebus botol susu yang telah dipisahkan bagiannya (dot, botol, dan tutup botol) didalam panci berisi air dan pastikan semua bagian botol terendam air. Sebaiknya jangan merebus botol sampai air mendidih karena bisa melepaskan bahan kimia dalam botol. Selain itu, anda juga bisa merendam botol didalam air panas selama 5 menit untuk mensterilkan dari bakteri dan kuman.
  • Sebaiknya jangan menghangatkan botol didalam microwave seperti botol dari bahan plastik tertentu, botol dari polikarbonat atau botol nomor 7 atau juga 'PC' karena dapat melepaskan bahan kimia yang berbahaya.
  • Yang terakhir, biarkan botol kering sendirinya dengan udara atau anda bisa gunakan tisu jika anda ingin segera menggunakannya, jangan sampai mengelap botol susu dengan kain lap karena bisa terdapat bakteri dalam kain lap.

Cara Menyajikan Susu Formula Yang Baik Untuk Bayi

Jangan sembarangan saat anda menyajikan susu formula karena harus dibuat dengan baik agar aman diminum oleh bayi terlebih bayi yang masih berusia dibawah 2 bulan.

Berikut ini tahapan dalam menyajikan susu formula dengan baik.

  • Terlebih dahulu bersihkan tempat yang anda gunakan untuk menyajikan susu formula dan jangan lupa untuk membersihkan tangan anda.
  • Lalu siapkan botol susu yang telah dibersihkan dan disterilkan.
  • Untuk menyeduh susu formula gunakan air hangat (tidak lebih kurang dari 70° celcius) bertujuan untuk membunuh bakteri yang mungkin terkandung dalam susu bubuk formula.
  • Perhatikan tanggal kadaluwarsa pada kemasan susu untuk memastikan susu formula masih aman dikonsumsi. Dan baca juga petunjuk penyajian yang tertera dalam kemasan. Setelah itu, simpan susu bubuk formula dalam wadah tertutup ditempat yang sejuk serta jauh dari kelembapan dengan suhu penyimpanan maksimal 13 - 24° celcius.
  • Masukan susuk bubuk formula dengan takaran beberapa sendok (sesuai petunjuk penyajian) kedalam air hangat didalam botol, lalu aduk rata atau anda bisa mengocoknya dengan botol yang telah tertutup sampai larut.
  • Dinginkanlah botol dibawah air dingin yang mengalir atau simpan botol dalam mangkuk yang berisi air dingin kemudian keringkan botol dengan lap bersih.
  • Jika susu sudah cukup hangat sebelum diberikan pada bayi periksa suhu susu dengan meneteskan sedikit susu pada kulit anda.
  • Buanglah susu jika sudah lebih dari 2 jam sejak waktu penyajian susu tidak dihabiskan oleh bayi.

By Ana Rediana - Tips Sabtu, 28 Januari 2017 08:14:44

Related Post :
Penyakit
Hati-Hati! Penyakit Ini Mengintai…

Pasca menupause merupakan saat-saat…

Obat Cina
Obat Kanker Payudara Herbal…

Obat kanker payudara herbal…

Manfaat
Inilah Manfaat Menakjubkan Akar…

Berikut adalah seputar manfaat…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat…

Daftar menu sarapan sehat…

Ibu Hamil
Kenali Penyebab Dan Cara…

Kenali berbagai penyebab dan…

Kesehatan
Ini Makanan Penambah Darah…

Berikut adalah makanan penambah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Menghindari Bau Mulut Meski Sedang Berpuasa

Bau mulut merupakan salah satu…

Tips
Tips Sederhana Jaga Kesehatan Mata Bagi Pecandu Gadget

Penggunaan gadget dapat menimbulkan berbagai…

Tips
Tips Cara Mengajari Anak Agar Cepat Berbicara

Menurut penelitian anak-anak yang sering…

Kirim Pertanyaan
Top