Mewaspadai Serangan Penyakit Musim Hujan pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Memasuki musim penghujan menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi orangtua. Pasalnya, pada musim hujan tubuh akan mudah terserang beragam jenis penyakit dan tentunya mengancam kesehatan anak-anak. Beberapa penyakit mungkin akan membuat si kecil tidak dapat beraktifitas. Maka dari itu, penting bagi para orangtua untuk mewaspadai serangan penyakit musim hujan pada anak dengan melakukan pencegahan yang tepat.


Selain menjaga kebersihan lingkungan sekitar, menjaga imunitas tubuh juga perlu dilakukan, salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan sehat untuk bantu jaga stamina saat musim hujan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit musiman ini.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang sering menyerang pada musim hujan serta cara pencegahannya :

  • Flu

Anak seringkali mengalami kelelahan dan memiliki gejala seperti demam, rasa kedinginan, nyeri otot, batuk dan disertai dengan menurunnya nafsu makan. Ini bisa jadi menunjukkan bahwa anak Anda mengalami infeksi virus influenza. Untuk mencegah flu pada anak di musim hujan, Anda bisa membiasakan si kecil untuk mencuci tangan dengan baik dan benar, sehingga memperkecil risiko serangan infeksi virus pada musim hujan. Hindari menyentuh mulut dan hidung terlalu sering pada musim hujan, juga bekali anak Anda saputangan atau tisu ketika anak Anda batuk, sehingga tidak membuat virus menyebar pada orang lain.

  • Diare

Ketika curah hujan tinggi yang disertai dengan debu yang beterbangan, maka akan membuat banjir dan risiko tercemarnya makanan dan minuman menjadi lebih tinggi. Hal ini bisa menyebabkan kuman dan parasit memicu diare menjadi meningkat. Untuk mencegah terjadinya diare pada si kecil saat musim hujan, hindari menggunakan air hujan untuk mencuci peralatan dapur, terlebih lagi alat makan anak. Karena air hujan tidak higienis dan membuat risiko kuman masuk ke dalam tubuh lebih besar. Jangan meremehkan diare yang dialami oleh anak, hindari risiko kehilangan cairan terlalu banyak pada tubuh anak dengan membuat pertolongan pertama cairan oralit.

  • Tifus

Penyakit musim hujan yang seringkali menyerang pada anak selanjutnya yaitu tifus. Penyakit ini seringkali berada di dalam air yang kotor dan tergenang. Di dalam air kotor tersebut terdapat kuman salmonella typhosa yang merupakan pemicu penyakit tifus pada anak. Agar bisa menghindari penyakit tersebut, Anda perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak, hindari mengonsumsi jajanan yang tidak sehat. Selanjutnya, jaga kesehatan lingkungan sekitar Anda dengan membersihkan peralatan makan anak dan peralatan dapur dengan baik. Jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala yang mengindikasikan penyakit tifus, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut.

  • Infeksi saluran pernapasan atas

Demam, pilek, batuk, bersin, dan sakit tenggorokan yang menyerang pada anak sering dikeluhkan para orangtua ketika musim hujan. Jika kondini ini tidak sembuh dalam beberapa hari, sebaiknya ibu segera bawa si kecil ke dokter, karena dikhawatirkan ia mengalami ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas. Infeksi saluran pernapasan atas berhubungan dengan lingkungan, terutama kondisi rumah tempat tinggal dan bermain anak, sehingga penting untuk Anda menjaga kesehatan dan kebersihannya untuk mengurangi risiko ISPA pada anak, terlabih lagi jika sebelumnya anak memiliki riwayat yang sama.

Selain itu, Anda juga bisa menjaga stamina tubuh anak dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, pola makan yang teratur dan mengatur pola tidur anak. Pengawasan menjadi salah satu upaya yang paling utama sehingga dapat mencegah virus dan bakteri yang disebabkan karena air hujan yang membuat udara di sekitar anak menjadi lembab.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 28 Januari 2017 08:33:05

Related Post :
Penyakit
Penyebab Penyakit Alzheimer Dan…

Penyebab penyakit alzheimer sampai…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Gejala Penyakit…

Informasi tentang perbedaan gejala…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Pare…

Berikut adalah kegunaan, khasiat…

Penyakit
Ini Perbedaan Miom Dan…

Berikut adalah berbagai perbedaan…

Kesehatan
Daftar Merek Pembalut Dan…

Berikut adalah daftar merek…

Kesehatan
Hindari 6 Hal Ini…

Hindari 6 hal ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ternyata Ini Alasan Mengapa Anak Pertama Lebih Pintar

Mungkin tidak banyak yang mengetahui…

Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa Menginfeksi Paru-Paru Anak

Kebiasaan merokok yang sering dilakukan…

Ibu Dan Anak
Cara Mengajari Anak Menggosok Gigi

Menggosok gigi merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top