Kenali Ciri-Ciri Pembalut Wanita Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Kenali ciri-ciri pembalut wanita yang berbahaya bagi kesehatan.

Pembalut merupakan salah satu jenis barang yang krusial bagi seorang wanita. Semua wanita normal membutuhkan pembalut untuk menjaganya saat datang bulan tiba. Fungsi dari pembalut ini sendiri adalah untuk menampung darah kotor wanita yang keluar pasca setiap 28 hari dalam satu periode. Namun, setiap satu periode wanita itu berbeda-beda, tergantung kesuburan hormon dan juga keturunan. ada yang 5 hari, 10 hari bahkan hingga dua minggu. Tapi normalnya periode wanita tersebut adalah satu minggu.


Banyaknya pembalut yang telah beredar di pasaran sekarang , ternyata menjadi variasi tersendiri untuk wanita memilih. Mulai dari jenis bahan, merek, lebar pembalut, serta panjangnypun sangat bervariasi. Bahkan tiap sentimeter pembalut sudah di desain dengan kebutuhan wanita sendiri. Untuk sehari-hari anda bisa menggunakan pembalut active day, yang mana memiliki panjang yang sedang dan lebar yang cukup. Sedangkan untuk malam hari, telah di sediakan versi pembalut yang panjang dan juga tebal.

Namun sangat di sayangkan, di samping banyaknya variasi jenis pembalut pada saat ini, banyak pula oknum yang tidak bertanggung jawab mengelola bisnis pembalut ini tanpa memperhatikan sisi keamanan untuk kesehatannya. Apakah anda pernah merasakan beberapa hal saat memakai pembalut? seperti hanlnya terasa panas saat di pakai, merasa gatal, anda menjadi keputihan, serta bau yang muncul tajam dan dan tidak sedap. Apakah anda mengalami beberapa hal tersebut? Nah, hal-hal tersebut sangat kami khawatirkan, karena bisa jadi pembalut yang anda gunakan pada saat ini tidak layak dan juga tidak baik.

Adapun karakteristik atau ciri-ciri pembalut yang berbahaya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bahan yang di gunakan bukan terbuat dari kapas
ciri-ciri pembalut wanita yang berbahaya yang pertama adalah bahan dasar pembuatan pembalut wanita yang menggunakan serat kayu atau kertas bekas. Seperti halnya terdapat pada beberapa merek produk pembalut yang banyak beredar di pasaran pada saat ini. Padahal hal tersebut tentunya sangat tidak aman dan berbahaya bagi mis v yang sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Untuk mengetahuinya, cobalah untuk membuka pada lapisan permukaan pembalut. Lalu, bagian permukaan tersebut masukkan ke dalam air dan biarkan selama satu jam. Jika pembalut tersebut hancur, maka bahan dasat pembalut tersebut terbuat dari kertas daur ulang. Dan jika rendaman air menjadi keruh kemungkinan besar pembalut tersebut mengandung dioxin atau zat pemutih berbahaya.

2. Bahan yang di gunakan tidak 100% dari kapas
Pada dasarnya, pembalut seharusnya menggunakan 100% bahan kapas sebagai bahan dasarnya. Namun sayangnya beberapa perusahaan menggunakan bahan baku untuk pembalut tidak 100% kapas.

3. Pembalut memakai pemutih
Pada umumnya, para wanita akan lebih nampak puas dengan pembalut yang berwarna putih bersih. Namun sayangnya justru pembalut yang meagandung pemutih inilah yang berbahaya. Bahkan kandungan dioxin tersebut dapat memicu kanker rahim. Bahkan jika di gunakan selama 2 jam berturut-turut akan meningkan pertumbuhan 107 bakteri jahat. Dan mungkin bisa anda bayangkan jika anda memakainya lebih dari 2 jam.

4. Pembalut mengandung zat klorin
Klorin merupakan salah satu zat yng sangat berbahaya bagi kesehatan repoduksi perempuan. Menurut pengurus Harian YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), Tulus Abadi mengatakan bahwasannya "klorin itu terdapat dalam dioksin yang bersifat karsinogenik. Menurut WHO, tercatat ada 52 juta wanita yang berisiko terkena kanker serviks, salah satunya di picu oleh zat-zat dalam pembalut".

Adapun beberapa faktor resiko yang dapat timbul akibat penggunaan pembalut wanita berbahaya di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatnya resiko kanker rahim dan kanker serviks
  • Peningkatan resiko kanker payudara
  • Resiko terkena miom
  • Resiko terkena kista
  • Keruksakan hormon reproduksi
  • Resiko kelahiran cacat pada bayi
  • Mampu meningkatkan resiko keguguran pada bayi
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain dari pada itu, jangka waktu penggunaan pembalut juga perlu di perhatikan. Karena pemakaian pembalut yang di pakai terlalau lama juga tidaklah baik terutama bagi kesehatan vagina. Jika darah menstruasi lembab selama berjam-jam, maka akan terjadi penguapan. Nah proses uap trsebut akan masuk kembali ke vagina anda, lalu berjalan ke serviks, lalu uterus, dan ke tuba fallopi. Dan mungkin bisa anda bayangkan jika darah kotor yang seharusnya di keluarkan malah masuk kembali pada vagina anda.

Sekian informasi kesehatan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga setelah anda menyimak informasi mengenai ciri-ciri pembalut wanita yang berbahaya ini, anda bisa lebih bijaksana dalam memilah dan memilah pembalut serta penggunaannya.

By Nida Saripah - Kewanitaan Sabtu, 28 Januari 2017 10:29:03

Related Post :
Tips
Cara Menghilangkan Tahi Lalat…

Cara menghilangkan tahi lalat…

Tips
Tips Dan Cara Menghilangkan…

Ingin tahu cara menghilangkan…

Daun
Manfaat Daun Ciplukan Beserta…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Lakukan 4 Hal Sederhana…

Lakukan 4 hal sederhana…

Ibu Dan Anak
Mengenal Kadar Bilirubin Pada…

Mengenal kadar bilirubin pada…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Sama seperti jenis ikan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya

Ternyata ini penyebab haid tidak…

Kewanitaan
Kewanitaan
Kirim Pertanyaan
Top