Penyebab Radang Tenggorokan Dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :

Radang tenggorokan adalah peradangan yang terjadi dibagian tenggorokan, yang bisa membuat penderita sakit saat menelan minuman ataupun makanan. Dan terkadang disertadi demam, sakit tenggorokan dan menggigil. Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Namun penyebab yang sering terjadi adalah infeksi oleh virus.


Radang tenggorokan adalah salah satu penyakit yang rentan dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini bisa berlangsung ringan dan kronis. Bisa menjadi kronis bila radang tenggorokan ringan yang terus dibiarkan tidak diobati. Oleh karena itu, jangan menganggap hal sepele radang tenggorokan. Supaya penyakit ini tidak bertambah parah sebaiknya melakukan pencegahan juga pengobatan secara dini.

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi dan non infeksi. Infeksi yang menjadi penyebab ini adalah virus dan bakteri. Gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus dan bakteri berbeda. Gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus adalah demam, batuk, nafsu makan menurun dan badan terasa lemas.

Sedangan gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri adalah pembengkakan pada kelenjar leher, sakit saat menelan minuman atau makanan dan demam tinggi.

Radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh non infeksi yaitu alergi, iritasi, dehidrasi, polusi udara, tumor ,GERD dan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman alkohol.

Gejala Radang Tenggorokan

Gejala radang tenggorokan biasanya muncul 1-2 hari. Tetapi berbeda dengan orang mempunyai daya tahan tubuh lemah, gejala nya bisa muncul hingga 1 minggu bahkan lebih. Berikut ini gejala-gejala radang tenggorokan:

  • Demam
  • Batuk
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan saat menelan minuman dan makanan.
    rasa sakit bisa menjalar dari telinga hingga hidung.
  • Terasa panas di tenggorokan
  • Tenggorokan terasa kering
  • Tenggorokan dan amandel tampak kemerahan bahkan disertai dengan bercak putih.
  • Bila radang tenggorokan sudah kronis maka ditandai dengan gejala nyeri yang hebat di tenggorokan, demam tinggi dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Bila anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya konsultasi atau memeriksakan pada dokter.  Dan bila memang anda atau buah hati anda mengalami radang tenggorokan sebaiknya kurangi mengonsumsi es, banyak minum air putih maupun minuman yang hangat seperti teh, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, istirahat yang cukup dan untuk orang dewasa hindari merokok.

Radang tenggorokan tentunya sangat mengganggu ketika kita melakukan aktivitas. Oleh karena itu bila anda radang tenggorokan, baik itu baru pertama kali mengidap penyakit ini ataupun penyakit ini kambuh lagi sebaiknya segera melakukan pengobatan. Untuk pengobatan bisa dengan mengonsumsi bahan alami seperti bawang putih, jahe, kunyit, madu, jeruk nipis, dan air lemon. Bahan-bahan alami tersebut bisa dijadikan sebagai obat radang tradisional untuk anak dan dewasa.

By Rizka Ardiana - Penyakit Sabtu, 28 Januari 2017 11:40:10

Related Post :
Manfaat
Manfaat Konsumsi Telur Bagi…

Banyak manfaat telur bagi…

Kesehatan
Terobosan Teknologi Baru di…

Berbagai teknologi di berbagai…

Penyakit
Kenali Gejala-Gejala Penyakit Kanker…

Kenali gejala-gejala penyakit kanker…

Kesehatan
Waspadai Resiko Kesehatan Akibat…

Memiliki berat badan yang…

Tips
Cara Mengatasi Bayi atau…

Cara mengatasi bayi atau…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan…

berikut adalah langkah dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil

  • Penyakit ganglion pada usia 5 tahun

    1 Balasan

    Penyakit

    Berapa lama keberhasilan obat ini untuk anak usia 5 tahun?? Dan apakah anak usia 5 tahun bisa terkena ganglion??

  • khasiat dan manfaat daun putri malu

    1 Balasan

    Penyakit

    berapa dosis yang tepat untuk mengobati batuk berdahak pada anak usia enam tahun

  • Apakah bronkitis bisa sembuh total ?

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat pagi, saya memiliki kakak yang baru-baru ini didiagnosis mengidap penyakit bronkitis. Setelah melakukan serangkaian pengobatan, apakah penyakit bronkitis itu bisa sembuh total ?


Penyakit
Mengenal Tentang Diabetes Dan Gejalanya

Diabetes merupakan penyakit jangka panjang.…

Penyakit
Penyakit
Ketahui 4 Bahaya Keloid Jika Tidak Segera Diobati

Ketahui 4 bahaya keloid jika…

Kirim Pertanyaan
Top