Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah

Share dan Tag Temanmu di :

Setiap jenis makanan mempunyai kandungan yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis makanan yang masih memiliki zat yang berbahaya, bagi kesehatan tubuh. Maka untuk menetralisirnya perlu di masak dahulu sebelum mengonsumsi makanan tersebut. Sehingga tidak semua makanan bisa dimakan dalam keadaan mentah. Memang ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti wortel.


Kebanyakan orang menganggap bahwa mengonsumsi makanan dalam keadaan mentah bisa memperoleh mineral juga vitamin secara utuh dari makanan tersebut. Padahal tidak semua jenis makanan dapat dikonsumsi secara mentah. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Supaya kita lebih waspada dan mengonsumsinya dengan benar.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah

Kecambah

Salah satu makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah adalah kecambah. Karena kecambah mentah berpotensi mengandung bakteri yang berbahaya seperti bakteri salmonella, E Coli dan listeria. Sangat disarankan tidak boleh mengonsumsi kecambah mentah. Makanan ini perlu dimasak terlebih dahulu dan sebelum dimasak, cuci terlebih dahulu.

Kacang merah


Kacang merah bisa bermanfaat bagi kesehatan bila makanan ini dimakan secara matang. Kacang merah merupakan makanan yang perlu dimasak terlebih dahulu, sehingga tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah. Karena makanan ini memiliki kandungan yang berbahaya bagi kesehatan yang dapat mengakibatkan muntah, mual dan diare.

Singkong

Makanan lainnya yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah adalah singkong. Hal ini dikarenakan singkong memiliki kandungan yang berbahaya bagi kesehatan dan kandungan tersebut adalah glikosida sianogen.

Oleh karena itu, sangat disarankan tidak mengonsumsi singkong dalam keadaan mentah. Sebaiknya anda harus memasak makanan ini terlebih dahulu. Anda bisa memasak singkong dengan cara digoreng, rebus, diolah menjadi makanan lainnya. Tentunya bila dimasak terlebih dahulu, rasa singkong ini akan menjadi lezat.

Telur

Mengonsumsi telur dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, tapi mengonsumsinya harus dalam keadaan matang misalnya direbus, goreng ataupun semur. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi telur setengah matang, apalagi dalam keadaan mentah. Karena telur mentah mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Sehingga sangat disarankan tidak boleh mengonsumsi telur mentah.

Kentang


Kentang juga termasuk dalam makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Karena bila dikonsumsi secara mentah dapat menyebabkan gangguan di perut, dapat membuat perut kembung dan memicu terjadi gangguan pencernaan.  Sebaiknya konsumsi kentang yang telah dimasak misalnya kentang goreng, kentang kukus.

Buncis

Salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan secara mentah adalah buncis. Karena buncis memiliki kandungan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut adalah glikosida sianogen. Untuk menetralisir kandungan tersebut, maka perlu dimasak terlebih dahulu.

Setelah anda mengetahui makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah, maka harus lebih waspada dan mengonsumsi makanan-makanan tersebut dengan benar yaitu dengan dimasak terlebih dahulu.

Makanan yang biasanya sering dikonsumsi secara mentah adalah kecambah, buncis dan telur. Bagi anda yang suka mengonsumsi makanan tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang jangan lagi mengonsumsinya secara mentah. Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa mengonsumsi jenis makanan tersebut secara mentah dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 31 Januari 2017 11:59:18

Related Post :
Kesehatan
Ini Pantangan Makanan Untuk…

Berikut adalah berbagai jenis…

Kesehatan
Lakukan 4 Langkah Ini!…

Lakukan 4 langkah hal…

Kesehatan
Olahraga Yang Baik Untuk…

Organ lutut berfungsi untuk…

Kesehatan
Bahaya Jika Terlalu Banyak…

Bahaya jika terlalu banyak…

Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak…

Meningkatkan kinerja otak sangat…

Kewanitaan
Cara Menghitung Masa Subur…

Cara menghitung masa subur…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Tahapan-Tahapan Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba

Tahapan-tahapan rehabilitasi bagi pecandu narkoba…

Kesehatan
Pantangan Dan Jenis Makanan Yang Baik Untuk Diabetes

Pantangan dan jenis makanan yang…

Kesehatan
Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Bronkitis

Berikut adalah makanan sehat yang…

Kirim Pertanyaan
Top