Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Waru Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun waru sangat populer akan khasiatnya dalam mengatasi berbagai masalah rambut. Adapun manfaat daun waru untuk rambut diantaranya dapat mengatasi rambut rontok parah hingga mempercepat pertumbuhan rambut. Sehingga tak jarang, daun waru ini pun kini di jadikan sebagai bahan dasar pembuatan shampo. Namun sedikit juga orang yang mengetahui bahwasannya daun ini pula sangat berguna bagi kesehatan, seperti wasir diantaranya. Namun, tidaklah lengkap jika kita tidak mengetahui secara detail apa saja kandungan serta manfaat dari daun waru untuk kesehatan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan merangkum sedikit keterangan mengenai tanaman obat herbal yang satu ini bagi kesehatan.


Waru memiliki nama latin Hibicius tiliaceus yang mana juga dimkenal dengan sebutan tanaman beruh. Dalam klasifikasinya, waru sendiri masih tergolong dalam kerajaan plantae yang mana banyak di temukan di daerah yang cukup air seperti pinggir sungai, pinggir pantai dan di habitat sejenisnya. waru sendiri masih satu keluarga dengan bunga sepatu, namun perbedaannya pohon waru lebih tinggi dan juga daunnya yang cukup lebat.

Warna bunganya juga sangat unik yang mana bisa berubah sewaktu-waku, sehingga tanaman ini pun di jadikan penentu waktu  atau yang biasa di sebut dengan jam alam. Bunga waru yang berhkota dan berwarna kuning mekar saat di pagi hari, lalu berubah menjadi jingga di siang hari dan juga dapat berubah menjadi merah pada sore harinya. Dan dengan warna bunganya yang unik tersebut, maka tanaman ini juga bisa di jadikan sebagai tanaman hias yang di kerdilkan (bonsai).

Kandungan dan manfaat daun waru bagi kesehatan

Sebelum kita mengenal berbagai manfaat dari daun ini, ada baiknya kita mengenal terslebih dahulu berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Kndungan daun waru sendiri di antaranya adalah saponin, flavonoid, polifenol. Adapun pada akarnya terdapat senyawa flavonoid, saponin dan polifenol.


Dan dari berbagai kandungan tersebut terkumpul berbagai khasiat di dalamnya seperti halnya yang akan kami uraikan berikut ini.

1. Batuk
Untuk mengatasi batuk, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu 11 lembar daun waru muda yang telah di bersihkan sebelumnya, kemudian iris dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Sebelum di minum, nda bisa menambahkan sedikit gula batu ke dalamnya. Konsumsi ramuan alami ini secara teratur 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Melancarkan air seni
Untuk mengatasi masalah ini anda bisa meremas daun waru, yang di kombinasikan dengan manfaat daun adas dan juga pulosari. Setelah itu, balurkan pada perut bagian bawah.

3. Abses atau bisul
Untuk menangani bisul atau abses dengan menggunakan daun waru terdapat 2 cara:
 - Cara I: Cuci daun waru terlebih dahulu kemudian remas-remas dan tempelkan pada bagaian kulit yang terkena bisul.
- Cara II: Cuci daun waru terlebih dahulu, lalu garang di atas api, dan tempelkan pada bgaian kulit yang tena bisul sebanyak 1-2 kali sehari.

4. Demam
Untuk mengatasi demam, anda bisa terlebih dahulu siapkan 200 gram daun waru, 3 akar tapak liman lalu di rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga menjadi setengahnya, dan setelah digin anda bisa meminumnya secara perlahan. Selain itu cara lainnya yang bisa di lakukan adalah dengan merebus kulit akar waru  lalu di rebus dengan 1 gelas air. Dan minum sedikit-sedikit.

5. Menyuburkan rambut
Untuk menyuburkan rambut, anda bisa meremas daun waru kemudian ambil air perasannya. Setelah itu embunkan dan oleskan pada kulit kepala  dan diamkan selama 5-10 menit sebelum di bilas.

6. Mengobati TBC paru
Jika anda atau keluarga ada yang mengalamai TBC paru, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan ramuan daun waru sebagai alternatifnya. Caranya ambil segenggam daun waru dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 3/4 gelas. Setelah dingin anda bisa meminumnya secara rutin hingga gejala penyakit TBC anda sembuh.

7. Mengatasi wasir dan BAB berdarah
Buang air besar berdarah bisa di sebabkan oleh adanya radang pada usus atau kemungkinan lainnya seperti gejala wasir atau ambeien. Adapun mengatasinya dengan memanfaatkan daun waru adalah dengan mempersiapkan 7 lembar daun waru yang di campur dengan air, kemudian saring dan tambahkan sedikit gula merah ke dalamnya. Anda hanya tinggal mengonsumsinya secara teratur untuk mengatasi buang air besar berdarah tersebut.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat daun waru bagi kesehatan lainnya seperti halnya mengobati radang usus,  pengobatan radang amandel, menghentikan pendarahan dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga apa yang telah kami informasikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 31 Januari 2017 13:35:49

Related Post :
Tips
Tips Cara Alami Menghilangkan…

Tips cara alami menghilangkan…

Ibu Dan Anak
Cara Alami Mengatasi Sariawan…

Cara alami mengatasi sariawan…

Tips
Cara Pengolahan Seledri Sebagai…

Cara pengolahan seledri sebagai…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Mengatasi…

Sakit pinggang keluhan yang…

Kesehatan
Jangan Berlebihan! Ini Bahaya…

Berikut ini bahaya konsumsi…

Kesehatan
8 Langkah Yang Bisa…

Ada delapan langkah yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top