Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Mudah Dengan Siklus Haid

Share dan Tag Temanmu di :

Cara menghitung masa subur wanita setelah menstruasi sangat perlu di perhatikan oleh wanita yang telah menikah. Karena hal ini merupakan salah satu cara utama untuk mempercepat proses kehamilan ataupun sebaliknya. Nah itulah sebabnya jika anda kini tengah merencanakan program kehamilan maka sangat penting untuk memiliki catatan periode  atau siklus haid.


Siklus haid adalah rentang hari sejak hari pertama haid hingga hari petama haid berikutnya. Adapun siklus haid yang normal adalah setiap 21-35 hari.  Hari ke-1 pada siklus haid adalah hari pertama haid terjadi.

Cara menghitung masa subur wanita yang akurat dan mudah dengan siklus haid

Salah satu cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil adalah dengan menggunakan siklus haid wanita itu sendiri. Masa subur umumnya terjadi berkisar di sekitar waktu ovulasi, kira-kira dalam lima hari sebelum ovulasi terjadi. Adapun masa subur wanita yang memiliki siklus haid lancar pada umumnya terjadi pada 12-16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dalam arti kata lain, masa subur wanita terjadi diantara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid sebelumnya. Namun hal tersebut hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari. Namun, berbeda lagi jika siklus haid tidak teratur, maka anda dapat menghitung kapan masa subur anda sendiri.

Bagi wanita yang memiliki siklus haid berubah-ubah setiap waktu akibat masa haidnya yang tidak teratur, kondisi tersebut menyebabkan ovulasi dapat berbeda sepekan lebih cepat atau lambat dari periode sebelumnya. Selain proses ovulasi, kehamilan juga sangat di tentukan oleh proses sperma yang menjangkau sel telur. Agar dapat hamil sel telur perlu di buahi selama 12-24 jam.

Adapun cara menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak lancar akan sedikit berbeda. Untuk menentukan masa suburnya, maka setidaknya perlu menganalisis berdasarkan catatan siklus haid 8 bulan terakhir, Kemudian anda harus menghitungnya dengan rumus:

  • Siklus haid terpendek (masa subur pertama) : Jumlah hari di siklus haid terpendek di kurangi angka 18.
  • Siklus haid terpanjang (masa subur terakhir): Jumlah hari di siklus haid terpanjang di kurangi angka 11.

Contohnya jika anda memiliki siklus haid tidak tertur = 29 hari, dan siklus terpendeknya 25 hari, maka cara menghitung masa subur anda berarti:

- Masa subur pertama: 25-18 = hari ke 7
- Masa subur terakhir: 29-11 = hari ke 18
Maka dengan demikian, jika siklus haid anda 25-29 hari, maka anda akan paling subur pada hari ke -9 hingga 19.

Selain dari pada itu, untuk memperkuat prediksi hari paling subur anda, anda dapat menggunakan beberapa indikator seperti halnya:

  • Suhu basal tubuh atau suhu tubuh di pagi hari meningkat. Pada keadaan normal, suhu tubuh berkisar di angka 35.5-36.6 derajat celcius. Namun jika subhu tubuh anda naik sedikit ari angka tersebut, maka kondisi ini pertanda  anda sedang mengalami ovulasi dalam waktu 1-2 hari terakhir.
  • Adanya cairan atau lendir yang keluar dari mulut rahim. Kondisi ini menunjukkan perubahan kadar hormon estrogen pada tubuh, yang juga menjadi pertanda apakah ovulasi ini segera terjadi. Selain itu, cairan ini pula yang akan memperlancar dan melindungi cairan sperma menuju tuba falopi untuk bertemu dengan sel telur. Cairannya sendiri bisa berwujud kental, basah, hingga yang kental semi-transparan.
  • Nyeri pada perut atau salah satu bagian punggung. Kondisi ini serirng kali di alami oleh wanita yang berada sekitar masa ovulasi. Namun, rasa sakit ini bisa menjadi pertanda  untuk membantu anda mendeteksi masa paling subur.
  • Perasaan lebih bergairah. Sebagian wanita merasakan lebih bergairah, lebih bersemangat dan lebih mudah bersosialisasi saat mengalami masa subur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara menghitung masa subur wanita yang mudah dengan siklus haid. Semoga dengan informasi ini anda bisa lebih mengtahui cara menghitung masa subur, sehingga rencana untuk mempercepat kehamilan atau menunda kehamilan bisa terkonsep secara matang.

By Nida Saripah - Kewanitaan Rabu, 01 Februari 2017 11:07:45

Related Post :
Kesehatan
Segera Oleskan Bahan Ini…

Selain dengan mengoleskan salep…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Duri…

Cara ampuh mengatasi duri…

Kesehatan
Pantangan Setelah Operasi Caesar…

Pantangan setelah operasi caesar…

Obat Kimia
Obat Kimia Candesartan Untuk…

Obat Kimia Candesartan Untuk…

Kesehatan
Sering Ngupil? Hati-hati Ini…

Sering mengupil? Hati-hati Ini…

Tips
6 Cara Mencegah Penyakit…

Ada 6 cara mencegah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Hal Sepele yang Bisa Sebabkan Timbulnya Keputihan

Kelembaban pada area kewanitaan bisa…

Kewanitaan
Kewanitaan
Kirim Pertanyaan
Top