Tips Agar Anak Tak Rewel saat Diminta Makan Sayur

Share dan Tag Temanmu di :

Nafsu makan anak yang rendah atau anak pilih-pilih makanan sering dikeluhkan oleh orangtua. Tidak sedikit pula anak yang tidak menyukai sayuran atau sering rewel ketika diminta mengonsumsi sayuran. Padahal, sayur mengandung berbagai nutrisi dan gizi penting bagi tumbuh kembang anak. Kondisi ini membuat para orangtua khawatir anak mereka akan kekurangan nutrisi sehingga mengganggu tumbuh kembangnya.


Tidak jarang para orangtua bingung untuk mencari cara bagaimana agar anak mereka mau dan tidak rewel saat mengonsumsi makanan yang berbahan dasar sayuran.

Ketika anak enggan mengonsumsi sayuran, para peneliti di Swansea University menyarankan agar orangtua tidak memaksa anak untuk mengonsumsinya. Meminta anak untuk makan sayur dengan paksaan justru akan membuat anak semakin benci dan tidak mau makan.

Diperlukan beberapa cara agar anak mau makan sayur tanpa harus dipaksa terlebih dahulu oleh orangtua. Cara utama yang sangat penting dilakukan adalah ibu harus membiasakan mengonsumsi sayuran ketika hamil. Ketika ibu mau mengonsumsi sayuran saat mengandung, ini akan membuat bayi yang ada dikandungan menjadi terbiasa dengan nutrisi dan rasa sayuran. Kebiasaan inilah yang nanti membuat anak menyukai sayuran setelah dilahirkan.

Adapun tips agar anak tidak rewel saat diminta makan sayur yang lainnya adalah :

  • Tawarkan sayur sepanjang waktu untuk anak. Anak yang didorong terus menerus untuk mengonsumsi sayur lama kelamaan akan terbiasa dan menyukainya. Tapi ingat, saat meminta anak makan sayur jangan memintanya dengan paksaan. Anda cukup menawarkan sayur padanya dan biarkan ia mencobanya sendiri.
  • Ajak anak memilih sayuran yang ia suka. Jika ibu sedang berbelanja, sesekali ajak anak dan biarkan ia memilih sayur, buah, atau makanan lain yang ia suka.
  • Ajak anak memasak di dapur. Mengajak anak memasak akan menjadikannya lebih kreatif dan menghargai setiap masakan atau makanan yang ia konsumsi setiap hari.
  • Usahakan untuk sesering mungkin memasak sayur buat semua anggota keluarga. Ketika anak mengetahui semua anggota keluarganya menyukai sayuran, maka secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhinya untuk menyukai sayuran pula.
  • Beri kesempatan kepada anak untuk makan sendiri. Letakkan piring atau mangkuk yang berisi sayuran didepannya dan biarkan ia menghabiskan makanan tersebut, Tidak apa jika anak menghabiskan dalam waktu yang lama. Dalam beberapa waktu ke depan, anak akan lebih cepat menghabiskannya.
  • Jangan beri imbalan jika anak sudah mau makan sayur. Usahakan agar tidak memberikannya imbalan berupa hadiah. Memberinya hadiah justru akan membuat anak memiliki banyak alasan agar kembali tidak menyukai sayuran.
  • Jangan pula menghukum anak jika dia tidak suka sayuran. Hukuman justru akan membuat anak merasa semakin benci terhadap sayuran. Walaupun anak belum mau makan sayur, lakukan pendekatan-pendekatan halus hingga menggerakkan hatinya untuk mulai menyukai sayuran.

Nah, itulah beberapa tips agar anak tidak rewel saat diminta makan sayu yang bisa Anda terapkan pada si kecil. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Rabu, 01 Februari 2017 13:53:47

Related Post :
Manfaat
Manfaat Kaca Mata Hitam…

Manfaat Kaca Mata Hitam…

Kesehatan
Terapi Senam Mata Bagi…

Terapi senam mata bagi…

Obat Kimia
Pilihan Obat Rambut Rontok…

Pilihan obat rambut rontok…

Kesehatan
Khasiat dan Kandungan Biji…

Khasiat dan kandungan biji…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang buah cermai,…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun…

Kandungan nutrisi dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Bayi Sering Berkeringat Dingin? Waspadai Penyebab Dibaliknya!

Berikut adalah berbagai penyebab bayi…

Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur Memerlukan Inkubator

Bayi prematur merupakan bayi yang…

Ibu Dan Anak
Tips Sederhana Mencegah Flu Pada Anak Di Musim Hujan

Tips sederhana mencegah flu ada…

Kirim Pertanyaan
Top