Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Share dan Tag Temanmu di :

Susah buang air besar (BAB) rentan dialami semua kelompok usia termasuk anak-anak dan dewasa. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab susah buang air besar diantaranya kurang mengonsumsi makanan  yang mengandung serat, kurang minum ai putih, kurang melakukan aktivitas fisik dll. Untuk melancarkan buang air besar bisa dengan cara alami. Sebelum mengonsumsi obat, sebaiknya menggunakan cara alami untuk melancarkan buang air besar.


Seseorang bisa dikatakan susah buang air besar bila buang air besarnya 1-2 kali dalam seminggu. Tidak boleh menganggap remeh susah buang air besar, karena bisa mengakibatkan BAB berdarah dan komplikasi lainnya. Oleh sebab itu, atasi segera buang air besar dengan cara alami.

Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Konsumsi makanan yang mengandung serat

Salah satu cara alami untuk melancarkan buang air besar adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Makanan yang kaya serat diantaranya pepaya, apel, pir, bayam, brokoli, kubis, wortel, kacang-kacangan dan biji-bijian utuh.

Banyak minum air putih

Banyak manfaat banyak minum air putih bagi kesehatan salah diantaranya menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga kesehatan pencernaan dan sebagainya. Sehingga bagi orang yang susah BAB atau buang air besar, minum air putih yang banyak bisa menjadi solusi untuk melancarkan buang air besar. Karena banyak minum air putih bisa membantu melunakan feses, maka akan sangat mudah mengeluarkan kotoran tersebut.

Kurangi minum kafein


Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, teh dan minuman bersoda bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh yaitu tubuh mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan sembelit. Oleh sebab itu kurangi minum ketiga jenis minuman tersebut supaya sistem pencernaan tetap sehat. Karena bila pencernaan baik, maka akan terhindar dari susah BAB atau buang air besar.

Olahraga

Salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan diantaranya menjaga kesehatan pencernaan. Bila pencernaan sehat, maka akan terhindar dari masalah pencernaan termasuk susah buang air besar.

Lakukan olahraga minimal 2-3 kali dalam satu minggu. Tidak perlu olahraga berat, tapi lakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki dan lari.

Konsumsi makanan yang mengandung protein nabati

Terlalu banyak mengonsumsi daging tanpa imbangi dengan mengonsumsi sayuran maupun buah-buahan maka bisa mengganggu proses pencernaan dan akhirnya bisa menyebabkan susah buang air besar. Oleh karena itu batasi makan makanan daging dan imbangi dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, supaya BAB tetap lancar.

Selain itu, untuk melancarkan buang air besar (BAB) juga bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati sepeti biji-bijian, kacang-kacangan, brokoli dan kedelai.

Itulah beberapa cara alami untuk melancarkan buang air besar. Bagi anda yang sering mengeluhkan susah buang air besar, jangan langsung minum obat. Namun sebaiknya lakukanlah cara alami untuk mengatasi dan melancarkan buang air besar.

By Rizka Ardiana - Tips Rabu, 01 Februari 2017 14:00:15

Related Post :
Alami
Begini Cara Ampuh Menghilangkan…

Begini cara mudah dan…

Penyakit
Waspadai Wegener Penyakit Langka…

Waspadai wegener adalah sejenis…

Alami
Obat Luka Diabetes Tradisional…

Obat luka diabetes tradisional…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara…

Mengetahui penyebab dan gejala…

Kesehatan
Apa Benar saat Pilek…

Ada yang menyebutkan bahwa…

Kesehatan
Jenis Terapi Kesuburan Yang…

Yuk memgenal jenis terapi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Sehat Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat

Selain dengan obat, menurunkan asam…

Tips
Tips Mendeteksi Keberadaan Kutu Rambut

Tips mendeteksi keberadaan kutu rambut…

Kirim Pertanyaan
Top