Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Pakis Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun pakis bagi kesehatan nyatanya sedang menjadi perbincangan ramai di kalangan masyarakat. Hal tersebut di karenakan dalam daun pakis sendiri terkandung berbagai kandungan yang sangat baik bagi kesehatan seperti halnya vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta fosfor, kalium, dan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Daun pakis juga mengandung sodium serta mengandung kolesterol yang rendah.


Pakis atau Diplazium esculntum adalah salah satu jenis tanaman paku pendek berumbai dan akarnya merayap. Sebagian besar pakis hidup di tanaman yang bergambut, berpasir dan berkerikil. Pakis sendiri memiliki batang, rimpang dan daun. Tunas atau daun pakis muda sering kali di jadikan sebagaai sajian makanan oleh beberapa kalangan masyarakat, terutama di Hawai.

Adapun khasiat dan manfaat daun pakis bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat dari daun pakis diantaranya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Hal tersebut karena kandungan antioksidan di dalamnya, sehingga bisa meningkatkan perlindungan tubuh dari berbagai penyakit yang mengincar

  • Melancarkan metabolisme tubuh

khasiat daun pakis lainnya adalah dapat melancarkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang normal dapat membuat tubuh anda menjadi semakin sehat.

  • Menyehatkan tulang

Kandungan kalsium dan juga fosfor yang di miliki oleh daun pakis sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan tulang dan juga gigi.

  • Membantu mengobati rematik

Ketika anda kini tengah menderita rematik, anda bisa menggunakan daun pakis ini untuk mengatasinya. Dengan begitu rasa sakit maupun linu yang di sebabkan oleh penyakit rematik dapat segera mereda.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Adapun khasiat daun pakis sebagai pengobatan luar adalah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal di tersebut di karenakan di dalam daun pakis terdapat senyawa sehat yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

  • Anti penuaan dini

Bagi anda yang selalu ingin terlihat awet muda, anda bisa memanfaatkan daun pakis sebagai solusinya. Karena di dalam daun pakis sendiri terkandung sifat anti-penuaan dini yang mana bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini sehingga anda tidak akan nampak terlihat tua.

  • Menjaga kesehatan mata

Seperti halnya pada manfaat wortel, kandungan vitamin A yang terdapat di dalam daun inipun sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, sehingga sangat baik apabila daun ini di konsumsi setiap hari.

  • Menurunkan kolesterol tinggi

Kelebihan daun pakis lainnya adalah dapat membuang kolesterol jahat yang memendat di dalam tubuh. Kolesterol tinggi sendiri dapat menjadi pemicu tubuh mengalami obesitas dan terserang berbagai jenis penyakit komplikasi.

  • Mencegah penyakit hipertensi

Penyakit hipertensi atau darah tinggi juga bisa di cegah hanya dengan mengonsumsi daun pakis. Karena daun ini sendiri merupakan salah satu daun anti-hipertensi yang cukup ampuh. Tekanan darah tinggi sendiri dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Namun di luar manfaat pakis bagi kesehatan yang begitu melimpah, sebaiknya mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsinya dalam jumlah yang besar. Karna tidak semua jenis pakis aman untuk di konsumsi. Bahkan ada pula dari beberapa jenis pakis yang mengandung zat beracun. Maka dari itu, sangatlah penting jika terlebih dahulu kita  memverifikasi dari sumber yang otentik  apakah pakis tertentu aman di konsumsi, agar kita bisa terhindar dari berbagai efek samping daun pakis yang berbahaya.

Sangat tidak di sarankan mengonsumsi pakis maidenhair karena tidak cocok untuk ibu hamil karena  di kenal sebagai alat kontrasepsi. Bahkan dosis mengonsumsi ekstrak pakis pakis pada laki-laki bisa menyebabkan kelmahan otot, koma bahkan hingga cedera pada mata. Hindari pakis jenis Pteridium aquilinum memiliki potensi menyebabakan kanker. Adapun pakis yang aman untuk di konsumsi adalah pakis jenis Ostrich yang telah bebas dari senyawa beracun penyebab kanker. Maka dari itu, sebelum membeli atau mengonsumsi pakis, pastikan pakis yang akan kita makana, aman untuk di konsumsi.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 02 Februari 2017 13:48:22

Related Post :
Manfaat
Manfaat Buah Salak Untuk…

Dampak positif dari mengonsumsi…

Kesehatan
Kumpulan Makanan Dan Minuman…

Kumpulan makanan dan minuman…

Obat Kimia
Obat Kuat Yang Berbahaya…

Untuk bisa merasa gagah…

Kewanitaan
Kebiasaan Buruk Ini Jadi…

Kebiasaan buruk ini sering…

Kesehatan
Mengenal Vaksin MMR (Mumps…

Mengenal vaksin atau imunisasi…

Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Luka…

Pantangan makanan penderita luka…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top