Faktor Penyebab Kulit Kering Dan Kusam Serta Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab kulit kering dan kusam pada tangan, kaki, wajah maupun seluruh bagian tubuh umumnya sering kali tidak di ketahui oleh penderitanya. Sehingga tak jarang berbagai usaha selalu saja gagal untuk mengatasi kondisi tersebut. Lalu, sebenarnya apa penyebab kulit kering dan kusam? Jawabannya bisa anda temukan disini, karena pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk menginformasikan berbagai penyebab kulit menjadi kering dan kusam lengkap beserta cara mengatasinya pada uraian singkat berikut ini.


Memiliki tipe kulit kering nan kusam merupakan salah satu kondisi yang sangat mengusik penampilah terlebih untuk para wanita. Karena dengan itu, seseorang akan lebih nampak tua dari pada usai sebenarnya. Selain itu, memiliki tipe kulit ini juga dapat memicu timbulnya keriput dan penuaan dini di bandingkan dengan seseorang yang memiliki tipe kulit normal dan kulit berminyak. Namun, sebelum anda mengatasi kondisi tersebut, ada baiknya jika anda mengetahui berbagai faktor penyebab kulit menjadi kering dan kusam, agar penanganan yang di lakukan tepat dan juga sangat efektif.

Berbagai faktor penyebab kulit kering dan kusam beserta cara mengatasinya

Dalam dunia medis, kondisi kulit kering dan juga kusam sering kali di sebut dengan iktiosis, yang mana merupakan kondisi hilangnya kelembaban lapisan kulit epidermis yang menyebabkan keelastisan kulit menjadi semakin berkurang. Tak hanya itu, tipe kulit ini juga sering kali memicu kondisi gangguan kulit lainnya seperti kusam, sensitif, kemerahan, serta tidak tahan terpapar sinar matahari ataupun penggantian cuaca.

Adapun yang menjadi faktor penyebabab kulit kering kusam adalah sebagai berikut:

  • Faktor genetik (keturunan)
  • Efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Infeksi jamur pada kulit yang parah
  • Kekurangan cairan
  • Kurangnya mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin B2, vitamin E dan mineral
  • Penggunaan kosmetik yang kurang tepat

Setelah anda mengatahui berbagai penyebabnya, maka adapun cara mengatasi kulit kering dan kusam yang paling tepat bisa anda praktekan dalam perawatan kulit harian seperti berikut.

1. Menggunakan body lotion
Jika anda adalah seseorang yang memiliki tipe kulit tubuh kering dan kusam, maka jangan lupa untuk menggunakan pelembut raga alias body lotion, yang berfungsi untuk menjaga kelemababan kulit anda sepanjang hari. Jika anda sering berda di ruangan ber-AC ada baiknya anda menggunakan body lotion yang berbahan dasr air untuk menguunci kelembaban kulit anda. Dan temperatur yang di sarankan adalah 24-27 derajat celcius, karena jika lebih dari itu maka dapat menimbulkan dampak atau Bahaya Ac Berupa menyebabkan kulit kering.

2. Menggunakan tabir surya
Jika anda hendak berpergian ke luar rumah pada siang hari atau pada saat sinar matahari bersinar terik, ada baiknya jika anda sebelumnya menggunakan tabir surya untuk wajah dan tubuh minimal ber- SPF 30. Selain dapat melembabkan kulit, fungsi tabir surya sendiri dapat memilindungi kulit dari efek jahat sinar ultraviolet. Gunakan tabir surya anti air saat berenang untuk menjaga kulit dari sengatan matahari.

3. Tidak terlalu sering berendam pada air hangat
Hal tersebut pada umumnya justru akan mengurangi kelembaban kulit yang berdampak kulit menjadi lebih kering bahkan hingga bersisik.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan kekeringan pastikan anda mencukupi kebutuhan cairan sebanyak minimal 8 gelas sehari. Kekurangan cairan dapat berpengaruh buruk bagi kulit yang di antaranya dapat menyebabkan kulit wajah maupun tubuh kering dan juga bersisik.

5. Mengonsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur mengandung berbagai vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Kandungan yang ada di dalamnya juga dapat merangsang regenarasi sel kulit sehingga, sehingga kulit akan selalu terlihat segar dan juga muda. Selain dapat mengonsumsinya, anda juga bisa menkreasikannya sebagai masker untuk mengatasi kulit kering salah satunya seperti masker alami dari alpukat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar faktor penyebab kulit kering dan kusam serta cara mengatasinya yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat terlebih bagi anda yang memiliki tipe kulit kering dan kusam.

By Nida Saripah - Kulit Jum'at, 03 Februari 2017 09:41:45

Related Post :
Kewanitaan
Cara Menghitung Masa Subur…

Cara menghitung masa subur…

Kesehatan
Anjuran Makanan Untuk Penderita…

Penderita perut kembung sangat…

Kesehatan
Sudah Diet Tapi Berat…

Ketahui beragam penyebab berat…

Penyakit
Tips Cara Mencegah Penyakit…

TBC merupakan salah satu…

Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak…

Meningkatkan kinerja otak sangat…

Alami
Cara Mengobati Carpal Tunnel…

Cara mengobati carpal tunnel…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
Kulit
Cara Ampuh Mencegah Dan Mengobati Kutu Air Dengan Cepat

Kutu air merupakan infeksi menular…

Kulit
Jangan Salah Pakai! Ini Bedanya BB Krim dan CC Krim

Jangan salah pakai! ini bedanya…

Kirim Pertanyaan
Top