Masalah yang Sering Timbul saat Anak Tumbuh Gigi

Share dan Tag Temanmu di :

Mulai dari lahir hingga dewasa seutuhnya, bayi memiliki fase pertumbuhan yang bertahap. Setiap bayi memiliki masa pertumbuhan yang berbeda. Termasuk pula ketika bayi mulai tumbuh gigi. Fase awal tumbuhnya gigi rata-rata berada pada kisaran usia 4-6 bulan. Calon gigi yang akan tumbuh ini merupakan gigi susu sebanyak 20 buah berupa tonjolan di sepanjang graham atas dan bawah. Pada prinsipnya, gigi susu akan tumbuh lengkap pada usia 2,5 tahun - 3 tahun.


Ada banyak hal yang mempengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan gigi si kecil. Salah satunya adalah hormon pertumbuhan dan hormon thyroid. Anggapan bahwa kalsium turut memengaruhi pertumbuhan gigi adalah kurang tepat. Tepatnya, kalsium memengaruhi pembentukan gigi dalam hal struktur gigi. Pada fase pertumbuhan gigi, biasanya bayi akan mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti :

  • Demam

Sebelum gigi pertamanya tumbuh, bayi biasanya akan mengalami demam dengan temperatur rata-rata 38,3 derajat celcius. Jika anak mengalami demam dengan temperatur yang melebihi angka tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mengetahui apakah demam tersebut disebabkan oleh pertumbuhan gigi atau bukan. 

  • Kehilangan nafsu makan

Hal ini disebabkan karena rasa tidak nyaman pada gusinya, yang lantas memengaruhi kesehatan pencernaannya. Tidak jarang si kecil juga mengalami masalah pencernaan hingga diare. Bunda bisa membuat kreasi makanan untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak.

  • Gusi terasa gatal

Hal ini disebabkan oleh proses perubahan permukaan gusi menjadi bengkak atau menonjol. Untuk meredakan masalah yang timbul saat anak tumbuh gigi yang satu ini bisa dilakukan dengan memberikan sebuah barang yang nyaman untuk digigit, seperti teether atau buah untuk bayi yang sudah lulus ASI (diatas 6 bulan). 

  • Intensitas air liur bertambah

Pada awal pertumbuhan gigi, intensitas air liur si kecil menjadi bertambah dan akan semakin bertambah ketika gigi seri tengahnya mulai tumbuh. Jika ini terjadi, maka siapkan handuk atau saputangan di dekat bayi agar Anda bisa segera membersihkan air liurnya untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi. 

Meskipun kelak gigi susu akan tanggal dan berganti dengan gigi dewasa, bunda jangan mengabaikan perawatannya. Seperti halnya gigi orang dewasa, gigi susu juga perlu di rawat. Kotoran, kuman, dan sisa makanan yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan gigi susu berlubang. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan gigi anak, gosok gigi si kecil dengan sikat gigi bayi sebanyak 2 kali sehari. 

Pilihlah sikat gigi bergagangpanjang, dengan kepala sikat kecil, ujung sikat gigi bulat, dan berbulu lembut. Sebaiknya ganti sikat gigi bayi setiap 10-12 minggu, atau jika bentuk sikat sudah tidak baik. Jangan lupa juga untuk memilih pasta gigi bebas fluorid dan aman jika tertelan, karena bayi belum bisa meludah.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Jum'at, 03 Februari 2017 11:12:49

Related Post :
Kesehatan
Fakta Mengejutkan Seputar Ganja…

Peredaran ganja di Indonesia…

Ibu Dan Anak
Bayi Sering Berkeringat Dingin?…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Kesehatan
Kondisi Langka Ini Memicu…

Keluarnya keringat darah tentu…

Tips
Cara Ampuh Menghilangkan Varises…

Cara ampuh menghilangkan varises…

Daun
Manfaat Daun Ungu Untuk…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Kulit
Cara Ampuh Mencegah Dan…

Kutu air merupakan infeksi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ruam Popok Jangan Diabaikan! Begini Cara Mengatasinya

Ruam popok jangan diabaikan! begini…

Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Anak Tetap Kurus Meski Makan Banyak

Berikut ini berbagai penyebab anak…

Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa Menginfeksi Paru-Paru Anak

Kebiasaan merokok yang sering dilakukan…

Kirim Pertanyaan
Top