Tips Mengatasi Anak yang Rewel saat Tumbuh Gigi

Share dan Tag Temanmu di :

Para orangtua pasti akan merasa senang ketika mengetahui anak mereka sudah menunjukkan adanya pertumbuhan gigi susu pertamnya. Senyumnya menjadi lebih menggemaskan dan membuatnya semakin lucu. Awalnya bayi yang timbuh gigi pertama kalinya dibagian depan atas atau di bagian bawah. Walaupun ini merupakan pertumbuhan yang normal, namun hal ini membuat bayi menjadi tidak nyaman karena terdapat beberapa masalah yang sering tumbul saat anak tumbuh gigi.


Beberapa orangtua, terutama orangtua baru sering merasa kewalahan dikarenakan anak rewel saat tumbuh gigi, ketidaknyamanan ini berhubungan dengan rasa gatal,mudah tersinggung, hingga menimbulkan nyeri. Anda jangan khawatir, ada beberapa tips mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul untuk mengatasi anak rewel saat tumbuh gigi, diantaranya adalah :

  • Mainan teething / teether

Teether adalah mainan yang berbentuk lingkaran yang mudah digenggam bayi dan akan di masukkan ke mulut. Beberapa teether dapat didinginkan lebih dulu di dalam lemari pendingin untuk kemudian digunakan bayi untuk meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pada gusinya yang baru tumbuh gigi. Walaupun begitu, hindari meletakkannya dalam freezer agar tidak membahayakan gusi bayi. Teether banyak tersedia dalam berbagai merek, bentuk, dan bahan. Pastikan Anda membeli teether dengan label yang menjamin bahwa benda tersebut terbuat dari  bahan yang tidak berbahaya bagi bayi. Selain teether, Anda juga bisa menggunakan kain flanel bersih yang didinginkan. Jangan lupa untuk mencuci dan membersihkan semua bahan ini secara rutin setiap hari.

  • Memberikan finger food

Selain mainan seperti teether, Anda juga bisa memberikan si kecil finger food. Biasanya bayi mengalami pertumbuhan gigi pada usia 6 bulan, sehingga makanan pendamping ASI telah diberikan. Berikan finger food dalam ukuran yang memudahkan untuk digenggam, tidak membuat tersedak, dan juga teksturnya mudah lumer di mulut bayi Anda. Namun, hindari memberikan makanan yang mengandung gula, seperti coklat atau untuk menghindari kerusakan gigi. Selain itu, selalu dampingi si kecil ketika mengonsumsi makanan untuk mengurangi risiko tersedak.

  • Minuman dingin

Minuman dingin bebas gula bisa diberikan sebagai pereda nyeri atau gatal bagi balita 6 bulan ke atas yang tumbuh gigi. Pastikan saja minuman itu tidak terlalu dingin.

  • Usap gusi anak

Anda bisa mengusap gusi yang ditumbuhi akar gigi pada anak. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan memaksa bayi ketika akan mengusap gusi. Lakukan dengan memasukkan jari Anda ke dalam mulut bayi secara perlahan, kemudian usap-usap pada gusinya. Untuk sebagian, mengusap gigi ini akan membuat bayi nyaman.

Jika nyeri pada bayi tidak kunjung reda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter, terlebih lagi jika nyeri pada bayi yang tidak kunjung reda hingga beberapa hari agar segera ditemukan penyebabnya dan diberikan obat yang sesuai dengan usia bayi Anda.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 04 Februari 2017 09:41:23

Related Post :
Kesehatan
6 Gangguan Pernafasan yang…

Meskipun terlihat sepele, namun…

Penyakit
Awas ! Ini 10…

Anda mengalami sakit kepala…

Tips
Cara Efektif Atasi Lidah…

Mengonsumsi makanan atau minuman…

Penyakit
Waspadai Penyebab Sering Sakit…

Waspadai penyebab sering sakit…

Ibu Dan Anak
Cara Mengajari Anak Menggosok…

Menggosok gigi merupakan salah…

Penyakit
Faktor-Faktor Risiko yang Bisa…

Ada beberapa faktor resiko…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Penyebab dan Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Demam merupakan meaknisme alami dari…

Ibu Dan Anak
Gejala Penyebab Dan Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Informasi tentang penyebab obesitas pada…

Kirim Pertanyaan
Top