Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Share dan Tag Temanmu di :

Bayi mempunyai perut yang masih kecil juga belum terlalu kuat. Sehingga sangat disarankan tidak memberikan makanan pada bayi sebelum usia 6 bulan. Ada beberapa hal yang harus diketahui dalam mengatur makan bayi yaitu usia buah hati anda, kandungan gizi makanan, jenis makanan apa yang harus diberikan pada bayi 6 bulan keatas dan cara mengolah makanannya.


Pada usia 0-6 bulan, bayi hanya boleh mengonsumsi ASI saja. Bila usia 6 bulan keatas, bayi boleh mengonsumsi makanan. Dan makanan yang boleh dikonsumsi bayi usia 6 bulan keatas adalah makanan yang lembut dan semi padat seperti pisang dan bubur.

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Bubur buah

Salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi bayi 6 bulan keatas adalah makanan padat sepeti bubur buah. Buah  yang bisa dijadikan bubur adalah alpukat, pisang, pir dan apel. Cara membuat bubur buah adalah dengan cara dikukus atau direbus, haluskan buah dengan menggunakan blender. Setelah halus tambahkan air mineral, susu formula maupun ASI untuk malarutkan makanan tersebut.

Bubur sayur

Makanan sehat selanjutnya yang baik dikonsumsi bayi 6 bulan keatas adalah bubur sayur. Sayuran yang bisa dijadikan bubur adalah bayam, labu kuning, kentang dan wortel.

Cara membuat bubur sayur, sama seperti bubur buah yaitu dengan cara dikukus atau direbus, haluskan sayuran dengan menggunakan blender. Setelah halus tambahkan air mineral, susu formula maupun ASI untuk malarutkan makanan tersebut.

Makanan yang mengandung protein


Selain bubur buah dan bubur sayur, makanan padat lainnya yang bisa dikonsumsi bayi 6 bulan keatas adalah makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan, ikan tanpa tulang dan daging ayam.

Cara mengolahnya, potong daging ayam sampai sangat kecil, kemudian dimasak dengan cara direbus atau dikukus dan kemudian haluskan. Untuk mengolah ikan tanpa tulang pun, cara mengolahnya sama seperti daging ayam.

Pada usia 10-12 bulan, bayi sudah bisa semua jenis makanan diantaranya beragam buah-buahan, sayuran dan telur. Jika gigi bayi sudah tumbuh pada usia 10 bulan keatas, maka anda bisa memberikan makanan yang lebih padat pada si kecil. Anda bisa memotong makanan padat sekecil mungkin.

Hal lainnya yang perlu anda ketahui tentang makanan sehat untuk bayi 6 bulan keatas adalah memberikan makanan asli pada si kecil. Maksudanya adalah bila buah maka berikan si kecil buah saja, bila sayuran makan berikan si kecil sayuran saja. Jangan menambahkan garam atau gula. selain itu, jangan mencampur-campurkan makanan. Misalnya buah pisang dicampurkan dengan buah alpukat. Alangkah baiknya berikan si kecil satu persatu buah atau sayuran. Supaya si kecil mengenal rasa buah dan sayur satu persatu.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Sabtu, 04 Februari 2017 11:53:17

Related Post :
Manfaat
Mengetahui Berbagai Manfaat Bawang…

Tidak hanya sebagai bumbu…

Penyakit
Ketahui Perbedaan Diabetes Tipe…

Informasi tentang perbedaan penyebab…

Manfaat
Mengulik Manfaat Baik Lengkuas…

Selain digunakan sebagai bumbu…

Kesehatan
Jenis-jenis Sayuran Terbaik Untuk…

Punya berat badan yang…

Obat Kimia
Amfetamin Obat Untuk Mengatasi…

Amfetamin obat untuk mengatasi…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Anak anda mengalami gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Tips Cara Mencegah Cacar Air Pada Anak

Cacar air merupakan sebuah penyakit…

Ibu Dan Anak
Kenali Gejala Penyakit DBD Pada Anak

Mengenali gejala penyakit DBD pada…

Kirim Pertanyaan
Top