Mengenal Lebih Dekat Khasiat Dan Manfaat Daun Kari Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagian besar masyarakat terutama para ibu mungkin hanya mengenal manfaat daun kari atau salam koja sebatas daun rempah untuk di gunakan dalam berbagai jenis hidangan masakan. Padahal di luar itu, ternyata khasiat daun kari hijau maupun daun kari merah untuk kesehatanpun sangat melimpah ruah, mulai untuk menjaga kesehatan tulang, mata hingga mengobati penyakit diabetes. Untuk informasi lebih lengkap perihal khasiat daun kari ini, anda bisa menyimaknya dalam uraian singkat berikut.


Daun kari merupakan salah satu rempah bahkan menjadi bahan pokok dalam menu masakan india. Daun ini sebagian besar di gunakan dalam berbagai hidangan karena rasanya yang ringan dan unik. Akan tetapi manfaat daun kari tidak sekedar rasa. Melainkan daun kari mengandung berbagai zat berupa nutrisi dan juga vitamin yang sangat baik bagi kesehatan. Seperti yang akan kita bahas dalam khasiat dan manfaat daun kari bagi kesehatan di bawah ini.

1. Manfaat daun kari untuk diabetes

Tak hanya dapat menurunkan kadar gula darah, kandungan yang terdapat di dalam daun kari juga nyatanya bisa menjaga kadar gula darah tetap normal setelah dalam beberapa hari anda mengonsumsinya. Maka dari itu, daun kari bisa menjadi solusi alami untuk penderita diabetes agar kadar gula darah tetap normal.

2. Manfaat daun kari untuk mata

Daun kari ternyata menjadi salah satu sumber yang kaya akan kandungan vitamin A. Hal tersebut jelas menunjukkan bahwasannya daun kari sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, di dalam vitamin A sendiri terkandung karotenoid yang melindungi kornea pada mata. Bahkan kekurangan vitamin A dapat menyebabakan gangguan mata seperti penglihatan kabur hingga menyebabkan kebutaan.

3. Manfaat daun kari untuk anemia

Daun kari hijau di ketahui memiliki kandungan zat besi dan manfaat asam folat di dalamnya. Kandungan tersebut jelas sangat baik bagui penderita anemia yang di sebabakan akibat kekurangan zat besi di dalam tubuh ataupun ketidak mampuan tubuh untuk menyerap zat besi secara efisien. Dan disinilah asam folat memiliki peranan penting mengonsumsi 2 lembar daun kari dapat mningkatkan kadar zat besi anda.

4. Manfaat daun kari untuk menurunkan kolesterol jahat

Beberapa studi menyatakan bahwasannya daun kari juga memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Dan itu menunjukkan bahwasannya daun kari bisa mencegah pembentukan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dalam jumlah yang besar. Bahkan daun kari juga mendorong pembentukan kolesterol baik (HDL), yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh terutama dari gangguan kesehatan seperti aterosklerosis serta penyakit jantung.

5. Manfaat daun kari untuk melindungi hati

Pola makan yang tidak di jaga seperti sering mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menimbulkan potensi keruksakan pada hati. Stres oksidatif dari alkohol, merkuri serta faktor lingkungan lainnya dapat menyebabakan keruksakan hati. Namun, dauun kari di percaya efektif dalam melindungi hati dari berbagai keruksakan tersebut. Hal tersebut di karenakana di dalam daun kari terkandung senyawa kaempferol, vitamin A dan vitamin C. Berbagai nutrisi tersebut nyatanya dapat merangsang hati anda untuk berfungsi secara lancar.

6. Manfaat daun kari untuk mengatasi diare

Kandungan Carbazole alkaloids yang terkandung di dalam daun kari hijau ini, berfuingsi sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi. Dengan menambahkan daun kari yan telajh di hancurkan pada buttremilk dan meminumnya secara teratur 3 kali sehari maka dapat meringankan gejala diare.

7. Manfaat daun kari untuk kesehatan rambut

Berbagai permasalahan rambut seperti ketombe, penipisan, uban dan keruksakan rambut pastinya banyak di alami oleh pria maupun wanita. Namun, daun kari menawarkan solusi itu untuk mengatasi berbagai permasalah rambut tersebut.  Selain memakannya, anda juga bisa mengoleskannya pada kulit kepala untuk memperkuat poros rambut, menambah voleme dan juga mengobati keruksakan.

8. Manfaat daun kari untuk infeksi kulit

Daun kari mengandung antioksidan, antiinflamasi dan juga antibakteri di dalamnya. Maka dari itu, dun kari sangat baik jika d olah menjadi obat untuk ionfeksi kulit akibat jamur termasuk jerawat dan juga masalah kuku.

9. Manfaat daun kari untuk meminimalisir efek samping kemoterapi

Kemoterpai dan radioterpai merupakan mekanisme pengobatan yang tak dapat di elakan untuk penyakit kanker. Namun, nyatanya metode pengobatan trsebut sering kali menimbulkan efek samping yang terkadang sangat sulit untuk di tangani. Namun daun kari dapat melawan efek buruk ini. Diantaranya adalah daun kari dapat melindungi kromosom dan juga sumsum tulang belakang, serta dapat mencegah produksi radikal bebas yang dapat menyebabakan keruksakan besar di dalam tubuh.


Selain dari pada itu, masih banyak manfaat daun kari lainnya seperti halnya dapat membantu mengatasi penyakit asam urat, sembelit, menjaga kesehatan lambung, mengobati gatal-gata pada kuilit serta mencegah penuaan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia herbal.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 04 Februari 2017 14:15:21

Related Post :
Kesehatan
Cara Asyik dan Sehat…

Makan malam dan bertukar…

Penyakit
Ini Cara Mendeteksi Penyakit…

Inilah cara mendeteksi penyakit…

Tips
Begini Tata Cara Tidur…

Agar Anda bisa tidur…

Daun
Berbagai khasiat Dan manfaat…

Selain buahnya, nyatanya khasiat…

Tips
Makanan Meningkatkan Gairah Seksual…

Makanan Meningkatkan Gairah Seksual…

Kesehatan
Makanan yang Sebaiknya Dihindari…

Selain mengonsumsi obat polip…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Wortel Untuk Kesehatan

Kegunaan dan manfaat daun wortel…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Pakis Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun pakis…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Kembang Sepatu Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top