Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan Dengan Cepat Dan Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Nyeri haid merupakan salah satu kondisi yang sering kali di hadapi oleh sebagian wanita saat masa datang bulan tiba. Penyebab nyeri haid di hari pertama sendiri pada umumnya dapat di sebabkan oleh beberapa faktor ringan hingga kondisi cukup serius jika terus saja di biarkan. Kondisi ini tentunya cukup mengganggu aktivitas  para wanita, sehingga sering kali para wanita pun mencari tips dan cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan tersebut.


Pada sebagian wanita, biasanya mereka terbiasa mengonsumsi obat pereda nyeri saat mengalami kodisi tersebut. Namun jika di konsumsi secara terus menerus maka selain dapat menyebabakan efek ketergantungan, juga dapat menyebabkan beberapa efek samping yang mungkin tidak anda ketahui sebelumnya. Namun sebagaian wanita lainnya yang tidak terbiasa mengonsumsi obat pereda nyeri, mau tidak mau mereka harus berbaring dengan merintih kesakitan sepanjang waktu yang di perlukan.

Namun anda tak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa saran medis yang bisa anda jadikan sebagai tips dan cara mengatasi nyeri haid hebat di perut di hari pertama saat mentruasi, yang dapat meringankan hingga menghilangkan nyeri saat haid dengan capat secara alami tanpa harus anda mengonsumsi obat perada anti-nyeri. Dan berikut adalah uraiannya.

Tips dan cara mengatasi nyeri haid berlebih di hari pertama secara alami:

1. Kompres bagian perut bawah
Menggunakan kompres pada perut bagian bawah ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang anda derita. Anda bisa melakukannya dengan kompres dingin maupun kompres hangat. Masing-masing dari jenis kompres tersebut memiliki manfaat masing-masing. Adapun dampak fisiologis dari kompres hangat adalah mampu membuat otot tubuh menjadi lebih rileks karena peningkatan suhu pada area tertentu membuat proses vasolidatasi (pelebaran pembuluh darah) sehingga dapat memeperlancar peredaran darah. Kondisi tersebut pada umumnya dapat bedampak pada rasa nyeri haid yang mereda bahkan hilang seketika.

Adapun kompres dingin memberikan dampak fisiologis berupa vasokonstriksi (pembuluh darah penguncup) serta penuurunan metabolik, membantu mengontrol pendarahan dan pembengkakan akibat trauma, mengurangi rasa nyeri dan juga menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot. Namun kompres air dingin ini harus di lakukan secara hati-hati karena dapat menyebabkan jaringan kulit mengalami kematian sel (nekrosis).

2. Melakukan pemijatan ringan
Cara mengatasi nyeri haid yang luar biasa lainnya adalah dengan melakukan pemijatan ringan di bagian perut bawah. Pemijatan ini sendiri bisa di lakukan dengan gerakan memutar dan rigan menggunakan ujung jari. Anda juga bisa menggunakan minyak bayi atau krim  untuk membantu pemikatan, yang mana berfungsi sebagai aroma teraphy yang akan meberikan efek relakasisi dan juga dapat meringankan beban rasa sakit yang anda alami. Maka sangat tiidak di anjurkan melakukan kompes dingin lebih dari 30 menit.

3. Mengonsumsi minuman hangat
Mengonsumsi minuman hangat seperti wedang jahe, STMJ (susu-telur-madi-jahe) dan lainnya di percaya dapat meringankan rasa nyeri haid yang anda alami. Namun hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, alhohol dan juga minuman tinggi gula karena itu dapat memperparah kondisi anda.

4. Mengatur pola makan
Pastikan anda tidak melawatkan makan. Karena jika anda tidak makan tepat pada waktunya, maka dapat memperuruk rasa nyeri. Jika anda takut gemuk, maka triknya adalah dengan mengatur porsi makan dengan porsi kecil namun sering. Pastikan anda juga mengonsumsi makanan yang sehat terutama yang mengandung kadar kalsium tinggi. Seperti halnya susu dan produk susu lainnya, biji wijen, kacang almond, sayuran berwarna hijau dan berbagai jenis buah-buahan. Hindari makanan berlemak tinggi, minuman bersoda dan beberapa jenis makanan yang mengandung kalori tinggi karena beberapa jenis makanan tersebut di anggap justru dapat memperburuk kondisi anda.

5. Mengatur posisis paling nyaman
Meski terdengar sebagai hal yang sepele, namun hal ini dapat menjadikan tubuh refleks secara alami dan naluriah mencari posisi yang akan meringankan nyeri tubuh. Namun dalam beberapa kondisi tertentu, seiring hebatnya rasa nyeri yang di derita, sekalipun telah menemukan posisi terbaik untuk meringankan rasa nyeri, hal tersebut tidak sama sekali membantu. Jika demiakian, cobalah untuk mencari posisi berbaring dengan memposisikan kaki sedikit di angkat, dan kaki dapat di ganjal dengan bantal atau benda lainnya. Adapun cara berbarimng kalinnya bisa di lakukan dengan posisi miring atau dengan lutut di tekuk.

6. Melakukan relaksasi
Metode relaksasi seperti yoga, mandi air hangat dan mendengarkan alunan musik lembut juga bisa di lakukan untuk mengatasi nyeri haid yang anda alami. Hal tersebut bertujuan untuk menurunkan tekanan darah supaya bisa meringankan rasa nyeri. Untuk mencapai relaksasi tersebut sebaiknya anda menghindari berbagai hal pencetus tekanan bagi anda (stressor) dan memilih kegiantan yang anda sukai masing-masing.

7. Melakukan pola hidup sehat
Menghindari mengonsumsi makan junk food, berolahraga secara tertur serta berhenti merokok adalah sebagai dari rangkaian melakukan pola hidu sehat. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi rasa nyeri haid secara alami dan signifikan. Pasalnya makanan jenis junk food atau cepat saji sendiri umumnya membuat perut kembung dan tubuh menahan air, sehingga kondisi anda semakin memburuk. Sama seperti halnya mengonsumsi makanan junk food, wanita yang merokok juga biasanya dapat mengalami nyeri haid yang lebih parah dari pada wanita yang tidak merokok. Adapun olahraga yang bisa anda lakukan adalah berbagai olahraga yang anda sukai seperti berenang, bersepeda atau sebatas berjalan cepat di lingkungan sekitar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi cara mengatasi nyeri haid secara alami tersebut dapat membantu.

By Nida Saripah - Tips Senin, 06 Februari 2017 10:01:38

Related Post :
Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat…

Selain olahraga teratur dan…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Dia Manfaat…

Walaupun rasanya asin, ternyata…

Kesehatan
Sebaiknya Hindari Gerakan Yoga…

Melakukan yoga memang baik…

Kesehatan
Dampak Melakukan Perawatan Wajah…

Baru-baru ini Roro Fitria…

Penyakit
5 Fakta Penyakit Asma…

Istri tukul arwana, HJ…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Ada tiga pada bagian wajah…

Tips
Tips Mengurangi Nyeri Persalinan Tanpa Harus Disuntik

Berikut adalah berbagai tips dan…

Kirim Pertanyaan
Top