Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi Pilek

Share dan Tag Temanmu di :

Pilek ialah infeksi ringan yang terjadi pada hidung, saluran sinus, tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh virus. Meskipun tidak berbahaya, gejala pilek bisa membuat penderita menjadi terganggu. Gejala pilek tersebut diantaranya hidung mampet, kepala pusing, badan lesu dan terkadang disertai batuk.


Pilek bisa berlangsung hanya beberapa hari dan bisa berlangsung lama sampai berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Yang perlu diwaspadai adalah pilek yang berlangsung lama lebih dari 2 minggu dan pilek yang bertahan sampai berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Karena pilek yang berlangsung lama tersebut adalah pilek yang tidak biasa, tetapi merupakan tanda atau gejala adanya penyakit tertentu yaitu sinusitis, rhinitis dan rhinitis vasomotor.

Penyebab Pilek

Pilek disebabkan oleh beragam jenis virus diantaranya human rhinovirus, coronavirus, respiratory syncytial virus, adenovirus dan human parainfluenza. Namun, virus yang banyak menyebabkan terjadinya pilek adalah human rhinovirus. Virus tersebut bisa menyebar saat penderita pilek bersin atau batuk. Sehingga pilek sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain.

Faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena pilek adalah seseorang dengan daya tahan tubuh yang rendah, mempunyai riwayat penyakit kronis, udara dingin dan faktor usia biasanya anak-anak rentang mengalami pilek.

Gejala-gejala pilek

  • Sering bersin-bersin
  • Hidung terus-menerus mengeluarkan ingus
  • Hidung tersumbat
  • Suara serak
  • Batuk
  • Gatal terasa nyeri pada tenggorokan
  • Nyeri otot
  • Demam
  • Sakit kepala

Cara mengatasi pilek secara alami

1.Menggunakan aroma bawang

Bawang putih maupun bawang merah biasanya dijadikan sebagai bumbu dapur. Tenyata bawang putih dan bawang merah juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit diantaranya pilek, flu, demam dll. Cara mengatasi flu dengan menggunakan aroma bawang adalah  peganglah bawang di bawah lubang hidung, kemudian hirup aroma bawang tersebut selama 5 menit.

2.Mengonsumsi rempah-rempah yang rasanya hangat

Cara mengatasi pilek secara alami adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah yang rasanya hangat yaitu jahe, kencur, kemangi dan sereh. Cara mengolahnya, cuci semua rempah-rempah tersebut, rebus dengan air yang secukupnya dan minum air rebusannya.

3.Madu dan jahe

Madu dan jahe juga bisa dijadikan sebagai obat pilek alami. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu menyediakan 2 ruas jahe yang telah dicuci, parut dan campurkan dengan madu. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

4.Terapi uap tradisional

Dengan terapi uap tradisional juga bisa mengatasi pilek secara alami. Sediakan kain atau handuk yang lumayan tebal, wadang atau baskom, rempah-rempah seperti kunyit, jahe. Caranya Isi wadang atau baskom dengan air panas, masukan jahe, kunyit dan rempah-rempah lainnya, diamkan dahulu selama 5-10 menit. Letakkan air hangat yang telah dicampurkan dengan rempah-rempah tersebut dibawah wajah dengan posisi menunduk. Tutuplah kepala dengan menggunakan kain atau handuk yang telah anda sediakan, kemudian lakukan ini selama 15-30 menit.

Cara alami lainnya untuk mengatasi pilek adalah meneteskan larutan garam pada hidung, konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin, konsumsi makanan yang mengandung zinc, bila tidak terlalu suka mengonsumsi makanan yang mengandung zinc maka minumlah suplemen zinc, berkumur-kumur dengan air hangat yang dicampurkan dengan garam dan gunakan masker saat berpergian keluar rumah.

Itulah informasi tentang pilek, penyebab, gejala, dan cara mengatasinya. Bila dengan cara alami diatas pilek belum sembuh juga, sebaiknya konsultasikan atau memeriksakan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Penyakit Senin, 06 Februari 2017 11:59:26

Related Post :
Tips
Cara Mengatasi Migrain Yang…

Cara mengatasi migrain sebelah…

Tips
Obat Sariawan Alami di…

obat sariawan alami di…

Manfaat
Khasiat Biji Buah Ketapang…

Pohon Ketapang atau yang…

Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi…

Bayi yang lahir prematur…

Ibu Hamil
Mengetahui Makanan Penguat Kandungan…

Mengetahui makanan penguat kandungan…

Daun
Luar Biasa! Ini Manfaat…

Luar biasa! ini khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit Infekasi Lambung Gejala Penyebab Dan Bahayanya

Penyakit infeksi lambung beserta gejala…

Penyakit
Mengenali Jenis Kanker Paling Langka di Dunia

Kanker merupakan salah satu penyakit…

Penyakit
Mengenal Diagnosis Dan Pengobatan Penyakit Bursitis Secara Medis

diagnosis dan pengobatan penyakit bursitis…

Kirim Pertanyaan
Top