Khasiat Dan Manfaat Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Tak hanya buahnya, ternyata daun dari kedondong juga memiliki manfat cukup penting bagi kesehatan, terutama dalam memberantas beberapa jenis penyakit. Bahkan manfaat daun kedondong sendiri telah di aplikasikan oleh sebagian kecil masyarakat di Indonesia untuk menjaga kesehatan dan pengobatan herbal. Lalu, apa manfaat daun kedondong bagi kesehatan? untuk informasi selengkapnya, mari kita simak uraian berikut ini.


Kedondong adalah salah satu jenis pohon yang atau tanaman berasal dari Asia Tenggara dan juga Asia Selatan. Pada umumnya, jenis tanaman yang berasal dari famili Anacadiacea ini telah tersebar di seluruh daerah tropis. Namun nyatanya tanaman yang satu ini banyak di tanam di wilayah Asia Tenggara. Bahkan Filifina termasuk ke dalam salah satu wilayah sentra  penanaman kedondong yang unggul dengan jenis Spondias purpurea L. Adapun di Indonesia, daerah yang mengembangkan penanaman tanaman kedondong ini adalah di daerah Jepara Jawa Tengah.

Untuk ciri-ciri tanaman kedondong sendiri adalah memiliki batang kayu berbentuk bulat, memiliki percabangan, batang simpodial dan juga tumbuh tegak. Pohon ini berakar tunggang dan berwarna coklat tua. Adapun buahnya memiliki biji dan breserat kasar dan termasuk kedalam buah buni karena pada saat muda berwarna hijau, sedangkan setelah masak berubah berwarna kuning kehijauan. Ciri atau bentuk daun kedondong sendiri adalah pangkalnya nya yang runcing, saling berpasangan, tulang daun yang menyirip, warna daun hijau, panjang daunnya sekitar 5-8 cm, lebar 3-6 cm dan daun bermajemuk.

Kandungan dan manfaat daun kedondong bagi kesehatan

Kita telah menganal berbagai manfaat buah kedondong pada pembahasan sebelumnya. Ada yang menyebutkan bahwasannya manfaat daun dan buah kedondong sama besarnya bagi kesehatan. Nah, sekarang giliran kita untuk menghetahui berbagai khasiat yang terdapat di dalam daun kedondong, seperti yang akan kami paparkan pada uraian berikut.

1. Menjaga kesehatan jantung
Beberapa warga yang sering kali membiasakan daun ini sebagai sayuran maupun lalapan mempercayai bahwasannya khasiat daun kedondong untuk kesehatan sangatlah efektif terutama dalam menjaga kesehatan jantung. Daun ini juga bisa mencegah berbagai penyakit akibat penggumpalan darah seperti halnya stroke, serangan jantung mendadak dan hiperlipidemia.

Hal tersebut di karenakan telah ada penelitian daun kedondong sebelumnya yang di lakukan oleh MIra Miranti, saat ia mengambil gelar magister Sains Program Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor (IPB)  di Bawah bimbingan Prof. Dr Ir C Hanny Wiijaya A Agr. Ia sendiri tergerak untuk memperkuat riset sebelumnya, yang telah menguji daun kedondong sebagai antiagreasi platelet dengan latar belakang pemanfaat secara empiris. Dan dari hasil riset tersebut  di temuuikan 3 komponen bioaktif dalam daun kedondong, yang masing masing memiliki berperan penting dalam mencegah penggumpaLan darah, yang di antaranya adalah fenol, flavonoid dan triterpenoid.

2. Pembekuan darah
Khasiat daun kedondong lainnya adalah dapat membekukan darah. Hal tersebut setidaknya di perlukan saat terjadinya luka pada permukaan tubuh kita, akibat sobeknya pembuluh darah. Saat terjadi luka, darah akan membeku sehingga menyumbat dan menyembuhkan luka itu sendiri. Hal tersebut sendiri adalah peranan trombosit dan juga platelet yang juga terkandung dalam daun kedondong.

3. Pengobatan berbagai penyakit
Beberapa dari herbalis memanfaatkan daun kedondong untuk pengobatan  berbagai penyakit, beberapa diantaranya adalah:

  • Mengobati penyakit kulit, seperti halnya eksim, gatal dan panu. Hal tersebut karena kandungan flavonoid yang terdapat di dalam daun kedonddong dapat mengatasi berbagai penyakit kulit. Anda dapat meramu daun kedondong untuk mengatasi penyakit kulit dengan perbandingan 40% daun kedondong, 40% manfaat daun mimba, dan 20% mahkota dewa dengan jumlah keseluruhan 20 gram. Tumbuk semua bahan dan juga tambahkan minyak jintem hitam ke dalamnya. Aplikasikan ramuan tersebut pada kulit yang bermnasalah setuiap pagi dan sore.
  • Mengobati borok, luka terbakar, luka perih. Daun kedondong sendiri memiliki sifat mendinginkan dan membunuh kuman yang bisa memepercepat kesembuhan luka anda.
  • Menjaga stamina, melancarkan pencernaan dan mengatasi ambeien dan wasir. Adapun cara mengolahnya, anda bisa menjadikannya sebagai lalapan, sebanyak 10 lembar daun kedondong muda dalam sehari.
  • Menjaga daya tahan tubuh dan sumber vitamin C. Anda bisa merasakan khasiatnya dengan mengolah daun kedondong menjadi sayur.

Nah itulah beberapa khasiat dan manfaat daun kedondong bagi kesehatan yang semestinya perlu anda ketahui. Karena selain dapat menjaga kesehatan, juga dapat di jadikan sebagai tanaman obat herbal keluaga. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 07 Februari 2017 15:59:34

Related Post :
Kesehatan
Ini Alasan Kimchi Jadi…

Pada tanggal 22 November…

Manfaat
Manfaat Luar Biasa Kulit…

Mulai sekarang, sebaiknya jangan…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Berikut adalah informasi terlengkap…

Kesehatan
Deretan Makanan Yang Harus…

Selain mengkonsumsi obat, penderita…

Kesehatan
Waspada! Penyakit Ini Rentan…

Bermain sepakbola memang menyenangkan…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Luar biasa! inilah khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Segudang Kebaikan Manfaat Daun Jarak Cina Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Cuciwis Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah kegunaan khasiat dan…

Kirim Pertanyaan
Top