Fakta Seputar Manfaat Dan Efek Terapi Sengat Lebah Untuk Arthritis

Share dan Tag Temanmu di :

Terapi sengat lebah (Bee Sting Teraphy) mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bagaimana tidak jenis pengobatan tradisional ini telah ada sejak berabad abad yang lalu. Di Indopnesia, tempat pengobatan terapi sengat lebah sendiri telah banyak tersebar seperti di daerah Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Tanggerang, Medan dan di beberapa daerah di Jawa Timur Dan Jawa tengah lainnya. Terapi yang menggunakan racun lebah yang telah di ekstrak dan di encerkan ini, di kenal dapat menangani berbagai kondisi masalah kesehatan yang salah satunya adalah masalah arthritis. Namun, jika anda berminat untuk melakukan jenis terapi ini untuk mengatasi kondisi arthritis anda, ada baiknya anda mengatahu fakta seputar manfaat dan resiko yang di tembulkan dari terapi ini.


Terapi sengat lebah adalah salah satu metode pengobatan alami berbagai penyakit terutama pada penyakit radang sendi. Karena faktanya, pada sengat lebah sendiri terdapat kandungan hormon glukokortikoid yang di percaya mampu menegah inflamasi radang sendi atau arthritis.

Sehubungan dengan itu, beberapa penelitian pun di lakukan. Penelitian pertama di lakukan pada seekor kelenci, yang menunjukkan hasil bahwa racun yang terdapat di dalam lebah dapat mencegah terjadinya perkembangan arthritis. Sedangkan penelituiian yang di lakukan pada manusia menunjukkan hasil bahwasannya terapi akupuntur sengat lebah dapat mengurangi beberapa kondisi seperti halnya sendi yang membengkak dan juga nyeri sendi.

Adapun jenis lebah yang sering kali di gunakan dalam jenis pengobatan ini adalah jenis lebah madu liar (bee), yang mana jenis lebah ini menghasilkan racun lebah yang baik bagi kesehatan, karena di dalamnya terkandung berbagai jenis senyawa seperti halnya adoplin, mettilin, kaolin, apamin, dan peptida 401. Zat adolpin sendiri di kebal dapat merredakan rasa nyeri, mengurangi pembengkakan, meningkatkan sirkulasi darah serta berperan sebagai antiinflamasi.

Selain dapat membantu mengatasi arthritis, masih banyak lagi manfaat metode sengat lebah lainnya, seperti halnya manfaat terapi sengat lebah untuk kesuburan, manfaat terapi sengat lebah untuk kehamilan, manfaat terapi sengat lebah untuk sakit kepala berat, rematik, jerawat, kecantikan, kanker dan masih banyak lagi yang lainnya lainnya.

Seperti jenis pengobatan lainnya, jenis terapi ini pula memiliki beberapa efek samping yang kemungkinan dapat timbul. Adapun bebeberapa efek samping sengat lebah tersebut di antaranya adalah:

  • Demam dan meriang
  • Kulit gala-gatal
  • Terjadi pembengkakan
  • Mengalami diare
  • Sering buang air kecil
  • Mengalami gejala alergi

Namun anda juga tidak perlu khawatir, karena sebagaian besar efek dari sengat lebah tersebut adalah bentuk reaksi tubuh dalam merespon racun lebah terhadap sengatan lebah sendiri. Racun lebah sendiri pada umumnya dapat melenturkan dan melancarkan peredaran darah serta sebagai anti-virus dan anti-kakanker. Namun bagi anda yang memiliki alergi terhadap sengatan lebah ada baiknya untuk mempertimbangkan dan mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter.

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 08 Februari 2017 08:47:23

Related Post :
Obat Kimia
Cilostazol Obat Untuk Mengatasi…

Cilostazol obat untuk mengatasi…

Obat Kimia
Fakta Carisoprodol dalam Tablet…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kesehatan
Gejala Mata Lelah Serta…

Informasi tentang gejala mata…

Manfaat
Manfaat Lidah Buaya Untuk…

Manfaat lidah buaya untuk…

Tips
Cara Menggunakan Lensa Kontak…

Cara menggunakan lensa kontak…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Temulawak…

Informasi tentang temulawak, kandungan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?

  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?


Kesehatan
Mengetahui Makna Kadar Trigliserida dalam Tubuh

Cara mengetahui makna dibalik kadar…

Kesehatan
Cara Efektif Menjaga Paru-paru Agar Tetap Sehat

Cara efektif menjaga paru-paru agar…

Kesehatan
Hal Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Sakit Leher

Hal yang harus dihindari oleh…

Kirim Pertanyaan
Top