Penyebab Urine Berbau Menyengat yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Urine merupakan zat sisa yang dikeluarkan oleh tubuh melalui buang air kecil. Selain itu, urine juga berfungsi untuk membuang kotoran yang berada didalam tubuh. Air kencing atau urine sesungguhnya dapat menunjukkan sejauhmana kesehatan tubuh Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan diagnosis pada urin, sehingga seseorang diketahui terkena penyakit atau tidak. 


Air kecing yang normal biasanya memiliki warna kekuningan dan tidak berbau menyengat. Selain itu, frekuensi pengeluaran urine yang sehat adalah tidak terlalu sering jika tidak ada penyebab sebelumnya. Jika terdapat perbedaan dari kewajaran, bisa jadi ini pertanda ada masalah dalam tubuh. 

Namun, apakah Anda pernah mendapati air kencing Anda berbau menyengat ? Berikut ini kami jelaskan mengenai penyebab urine berbau menyengat yang perlu diketahui seperti dilansir Womenshealthmag :

  • Kelainan genetik

Beberapa kelainan genetik biasanya berkaitan dengan bau urine. Jika urine berbau busuk, asam, atau amis, Anda mungkin memiliki kondisi yang disebut trimethylaminuria. Hal ini juga membuat tubuh berbau menyengat, tidak peduli seberapa sering Anda mandi ataupun menyikat gigi. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita, dan gejalanya dapat memburuk atau lebih terlihat saat pubertas, sebelum atau sesudah haid, setelah minum kontrasepsi oral, atau sekitar masa menopause. 

Menurut seorang obgyn di Providence St. John's Health Center di Santa Monica, Sherry Ross, M.D., infeksi jamur yang gatal biasanya timbul dengan baunya yang khas, akibat ada ketidakseimbangan bakteri vagina. Hal ini juga bisa membuat urine memiliki aroma tidak sedap. Jika dirasa mengalaminya, sebaiknya Anda segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut.

  • Efek samping suplemen

Beberapa suplemen, vitamin, dan obat-obatan bisa menyebabkan perubahan pada bau urine. Rasa buatan yang terkandung didalam beberapa lapisan pil bertujuan agar rasanya terasa sedikit lebih enak, tetapi sayangnya mereka juga dapat mengubah aroma urine Anda. 

Jadi, jika Anda baru-baru ini mulai mengonsumsi obat, vitamin, atau suplemen dan ada perubahan dalam bau urine, hal ini mungkin adalah efek samping dari hal tersebut. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda khawatir karena ada perubahan yang terjadi secara tiba-tiba atau jika Anda juga mengalami efek samping negatif yang terjadi bersamaan dengan aroma urine yang tidak sedap, pastikan untuk memberitahukan hal ini pada dokter. 

  • Dehidrasi

Ketika tubuh Anda dehidrasi, maka urien memiliki bau yang menyengat dan muncul dengan warna yang lebih gelap. Hal ini adalah cara tubuh untuk memberitahukan bahwa Anda butuh minum air putih lebih banyak. Namun, jika ingin minum air putih, jangan tunggu hingga urine berwarna kuning gelap, lebih baik jadilah proaktif dan letakkan botol minum dekat dengan Anda setiap saat, kemudian minum air putih yang cukup sepanjang hari. 

  • Hamil

Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh wanita terkait dengan pertumbuhan bayinya. Hal ini juga akan membuat Anda harus buang air kecil lebih sering. Semua urine yang keluar tersebut bisa memiliki aroma yang berbeda. 

“Urine bisa memiliki bau yang lebih tajam akibat hormon yang dihasilkan selama kehamilan, terutama pada trimester perrtama,” ujar Ross.

Hal ini mungkin sering luput dari perhatian. Namun, tidak ada salahnya mulai saat ini Anda lebih mencermati kondisi urine Anda. Karena meski sebagian besar bukan masalah yang serius dan bisa diperbaiki, namun bukan tak mungkin hal itu menjadi pertanda adanya masalah yang lebih serius. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 08 Februari 2017 14:15:03

Related Post :
Kewanitaan
Mudah Lelah Saat Haid?…

Mudah lelah saat haid?…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Kesehatan
Jenis Makanan Yang Baik…

Jenis makanan yang baik…

Ibu Dan Anak
Dampak Pengobatan Kanker pada…

Pengobatan kanker seperti kemoterapi…

Kesehatan
Waspada! Penyakit Ini Rentan…

Bermain sepakbola memang menyenangkan…

Kesehatan
Mengetahui Kanker Nasofaring yang…

Baru-baru ini aktor Korea…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Tanda-Tanda Sesak Nafas Akibat Penyakti Jantung

Mengenali dan membedakan tanda-tanda sesak…

Kesehatan
Ini Larangan Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Hipertiroid !

Berikut adalah larangan dan pantangan…

Kesehatan
Mengerikan! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng

Meskipun enak, mengkonsumsi kentang goreng…

Kirim Pertanyaan
Top