Waspadai Bahaya Tidur Di Pagi Hari Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya tidur di pagi hari bagi ibu hamil ternyata belum banyak di ketahui terutama oleh wanita hamil sendiri. Bahka tidak sedikit dari ibu hamil yang merasa lemas di pagi hari dan memutuskan untuk tidur. Memang tidur bisa di gunakan untuk mengembalikan stamina tubuh ibu hamil, terutama yang sedang mengalami morning sicknees. Namun sayanganya, banyak penelitian banyak yang menunjukkan bahwasannya bahaya tidur di pagi hari bagi kesehatan dapat berdampak buruk terutama untuk ibu hamil.


Meski selama pada masa kehamilan anda sering kali merasakan rasa malas yang luar biasa serta mudah mengantuk, tapi pastikan anda tidak tidur di bawah jam 11 atau jam 12 siang. Alasannya,  hal tersebut di sebabbkan dapat memberikan efek buruk tak hanya bagi ibu hamil akan tetapi juga pada janin yang berada di dalam kandungan. Banyak dari pada ibu hamil yang mengggap itu adalah mitos belaka, namun sangat di sayangkan, bahwa itu benar adanya. Lalu, Apa bahaya tidur di pagi hari terutama untuk ibu hamil? Untuk segera mengetahui jawabnnya, anda bisa menyimak berbagai alasan mengapa ibu hamil tidak di perbolehkan tidur di pagi hari berikut ini.

1. Mengidap insomnia akut. Banyak daripada pada ibu hamil yang mengeluhkan susah tidur di malam hari dan menyebabkan mereka tidur larut malam. Akibatnya meraka merasakan mengantuk sekali di pagi hari dan tidur pada saat itu juga. Padahal tanpa mereka ketahui sebelumnya, bahwa ibu hamil yang terlalu banyak tidur di pagi hari, dapat menyebabkan insomnia akut.  Dan akibatnya ibu hamil tidak mendapatkan waktu istrahat yang berkualitas. Padahal waktu istirahat yang berkualitas sangatlah penting bagi ibu hamil dan juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

2. Mengalami gangguan metabolisme tubuh. Pada saat ibu hamil tidur di pagi hari maka metabolisme tubuhnya tidak bekerja sebagaimana mestinya.  Dan adapun efek dari gangguan metabolisme ini adalah ibu hamil akan merasa lapar dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga ibu hamil akan banyak makan, Dan kondisi tersebut tentunya sangat berdampak jelas pada peningkattan berat badan secara signifikan.

3. Badan menjadi lesu. Ibu hamil akan merasakan rasa lesu yang lebih apabila sering kali melakukan aktivitas tidur di pagi hari.  Hal tersebut di karenakan metabolisme di rancang untuk tidur di malama hari dan tidak di rancang untuk tidur di pagi hari.

4. Sakit kepala hingga kebutaan. Terjadinya penumpukan cairan serebrospial bisa saja terjadi pada ibu hamil yang kerap melakukan aktivitas tidur pagi.  Dan penumpukan cairan tersebut biasanya memicu ibu hamil mengalami sakit kepala. Apabila kondisi tersebut tidak segera di obati dan ibu hamil tidak segera mengubah pola tidur yang di anjurkan tersebut, maka dapat beresiko menyebabkan kebutaan yang bersifat permanen dan tidak busa di sembuhkan.

5. Cairan ketuban yang banyak. Penumpukan volume cairan ketuban di dalam rahim, pada dasrmnya tidak menguntungkan bagi janin yang ada di dalam kandungan.  kOndisi tersebut memicu janin tidak masuk panggul sehingga proses persalinan normal sangat sulit, karena posisi janin yang berubah-ubah dalam rahim.

6. Peningkatan jumlah sel darah putih. Bahaya tidur pagi bagi wanita hamil selanjutnya adalah terjadinya peningkatan sel darah putih di dalam tubuh. Kondisi ini di picu oleh gangguan metabolisme yang dio akibatkan oleh perilaku ibu hamil yang gemar tidur pagi. Akioat dari kondisi ini sendiri adalah ibu hamil maupun janin sangat bersiko mengalami kanker darah.

7. Mengalami diabetes. Tak hanya bagi ibu hamil, dampak yang satu ini pun dapat di alami oleh siapa saja yang sering melakukan aktivitas tidur pagi. Hal tersebut karena akibat tidur di pagi hari seseorang tidak melakukan aktivitasnbya di pagi hari.  Hakl tersebut menyebabkan menumpukanya lemak dan kalori, sehingga penyerapan gula di dalam tubuh menjadi berkurang. Penumpukan gula darah tersebutlah yang rentan menyebabkan ibu hamil mengalami diabetes. Dan jika ibu hamil telah mengalami diabetes, maka sangat rentan mengalami komplikasi kehamilan, terutama jika jenis diabetesnya adalah diabetes basah.  Ibu hamil akan sulit mengeringkan jahitan pasca persalinan.

8. Beresiko mengalami penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwasannya  seseorang yang tertidur lama sekitar 9 jam di pagi harinya, maka bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung 38% lebih tinggi.  Resiko tersebut bisa terjadi pada ibu hamil membiasakan aktivitas buruk tersebut.

9. Beresiko mengalami penyakit anemia. Jika ibu hamil sering melakukan aktivitas tidur di pagi hari, maka dapat menimbulkan resiko penyakit anemia, Alasannya karena pada saat tidur di pagi hari, asupan oksigen dan juga aliran darah di dalam tubuh tidak begitu lancar. Bahkan tidak melakukan aktivitas pun dapat membuat produksi sel darah merah menjadi terganggu, dan menyebabakan sel darah merah yang ada di dalam tubuh menjadi sedikit.

10. Fungsi otak menjadi tidak seimbang. Tidur dipagi haeri bisa membaut fundsi otak ibu hamil bisa tergasnggu. Penyebabanya adalah aliran oksigen dan juga aliran darah ke otak terganggu, yang secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap fungsi otak itu sendiri.

11. Gangguan pencernaan. Menurut sebuah studi menyatakan bahwasannya ibu hamil yang sering tidur di pagi hari sangat beresiko mengami gangguan pencernaan seperti halnya sembelit, maag serta gangguan lambung.

Maka dari itu, ada baiknya mulai sekarang anda menghindari kebiasaan buruk tersebut. Untuk mencegah atau menghindarinya sendiri, anda harus mendapatkan tidur berkualitas, yaitu sebanyak 8 jam di malam hari. Adapun berbagai tips agar anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas adalah sebagai berikut:

  • Olahraga
  • Menjadwalkan waktu tidur
  • Hindari mengonsumsi makanan berat
  • Hindari bermain komputer
  • Jangan bermain handphone di saat menjelang waktu tidur
  • Memadamkan lampu
  • Memilih tempat tidur yang nyaman
  • Mengenali lingkungan tidur.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar Bahaya tidur di pagi hari bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Semoga apa yang telahkami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Jum'at, 10 Februari 2017 10:46:30

Related Post :
Kesehatan
Hindari Makanan Ini saat…

Ketika mengalami gangguan pencernaan,…

Kesehatan
Jenis Masalah Kesehatan Mental…

Berikut ini ada beberapa…

Kesehatan
Menyenangkan ! Origami Bisa…

Tidak hanya menyenangkan, ternyata…

Kesehatan
Awas! Kecanduan Media Sosial…

Media sosial memang memiliki…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Aorta Dissection…

Setelah lama tak terdengar…

Manfaat
Manfaat Undur-Undur untuk Obati…

Mungkin sudah banyak yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini Harus Dihindari Selama Hamil

Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini Harus…

Ibu Hamil
Ibu Hamil
9 Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui

9 tanda awal kehamilan yang…

Kirim Pertanyaan
Top