Waspadai Bahaya Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Duduk adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia. Apalagi saat merasa lelah untuk berdiri atau karena telah mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian, nyapu dan ngepel, untuk menghilangkan rasa lelah maka biasanya duduk sejenak. Namun yang harus diwaspadai adalah duduk terlalu lama selama beberapa jam, terlalu lama duduk tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebab ketika duduk terlalu lama maka tubuh tidak mengalami pergerakan sama sekali, bila hal ini terus dilakukan maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan.


Bahaya Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatan

Gangguan pada postur tubuh

Salah satu bahaya terlalu lama duduk bagi kesehatan adalah bisa menyebabkan gangguan postur tubuh seperti nyeri dibagian leher dan bahu, gangguan sendi belakang dan adanya perubahan postur tulang. Memang gangguan-gangguan tersebut tidak muncul langsung setelah anda melakukan kegiatan duduk terlalu lama. Tapi gangguan postur tubuh tersebut bisa muncul sesudah bertahun-tahun melakukan kegiatan duduk yang terlalu lama.

Memicu kolesterol dan obesitas

Terlalu banyak duduk tanpa ada perubahan pergerakan tubuh maka bisa memicu kolesterol dan obesitas. Terlebih bila pola makan tidak sehat seperti mengonsumsi makanan cepat saji, maka bisa memicu obesitas dan kolesterol.

Terasa kaku dan pegal pada otot tubuh

Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan rasa kaku dan pegal pada otot tubuh. Hal ini dikarenakan posisi duduk yang tidak ada pergerakan sama sekali, maka mengakibatkan otot tubuh tidak mengalami gerakan. Posisi tubuh ini bisa mengakibatkan munculnya rasa kaku dan pegal pada otot.

Gangguan pada tulang

Duduk terlalu lama juga bisa mengakibatkan munculnya gangguan pada tulang termasuk tulang belakang. Selain itu, bisa menyebabkan tulang yang tumbuh tidak normal, bisa memicu membungkuknya tubuh dan postur tubuh pun menjadi tidak normal.

Serangan jantung

Seseorang dikatakan duduk terlalu lama bila duduknya selama beberapa jam bahkan lebih dari 10 setiap hari. Padahal duduk terlalu lama di setiap harinya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh termasuk bisa memicu serangan jantung. Dapat mengakibatkan terganggunya kerja jantung bahkan menjadi tidak normal, maka bisa memicu serangan jantung dan memicu penyakit jantung lainnya.

Dampak buruk lainnya bagi kesehatan, akibat terlalu lama duduk adalah kesemutan pada tangan dan kaki, bengkak pada pergelangan kaki, resiko tinggi varises, memicu pembekuan darah, memicu diabetes, meningkatkan resiko terkena kanker, gangguan pada pencernaan dan penurunan fungsi otak.

Bagi anda yang suka nonton tv yang lama, sebaiknya mulai dari sekarang batasi untuk menonton tv. Karena  bila terlalu lama menonton tv, maka kegiatan duduk pun lebih banyak. Bila anda bekerja sambil duduk, jangan hanya duduk terdiam tanpa ada pergerakan sama sekali. Cobalah meregangkan otot sebentar dan rubahlah gerakan duduk anda. Cara ini bisa mengurangi dampak atau bahaya akibat terlalu lama duduk.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 10 Februari 2017 14:28:07

Related Post :
Kesehatan
Ini yang Terjadi pada…

Menolong sesama atau bersedekah…

Penyakit
Komplikasi Penyakit Kolera Jika…

Jika tidak segera ditangani…

Penyakit
Penyakit Dan Gangguan Pada…

Penyakit atau gangguan sistem…

Ibu Dan Anak
Obat Batuk Bronkitis pada…

Resep ramuan herbal obat…

Penyakit
Hal-Hal Yang Dapat Membahayakan…

Hal-Hal Yang Dapat Membahayakan…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi BAB Berdarah…

Cara mengatasi BAB berdarah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Benarkah Bahan Makanan Organik Lebih Sehat?

Bahan makanan organik dipercaya lebih…

Kesehatan
Kesehatan
Waspada! Bahan Kimia Ini Sering Ditambahkan pada Makanan

Beberapa makanan, khususnya makanan kemasan…

Kirim Pertanyaan
Top