Jus Buah Segar Ini Bantu Encerkan Darah Beku dalam Tubuh

Darah memiliki peranan yang penting dalam tubuh untuk menjadi pengangkut zat-zat yang diperlukan tubuh untuk disalurkan ke seluruh organ. Setelah melalui berbagai proses penyaringan layaknya asupan nutrisi ataupun oksigen dari tubuh, maka mampu diolah dengan baik berkat kelancaran aliran darah. 

Darah dapat mengalami proses pembekuan yang mengizinkan darah membentuk gumpalan sel darah dan fibrin untuk menghentikan pendarahan ketika pembuluh darah sobek atau rusak. Jika tubuh tidak memiliki kemampuan untuk membekukan darah, mereka yang memiliki luka kecilpun akan meninggal karena pendarahan. 


Namun, gumpalan darah (thrombus) yang terbentuk dipembuluh arteri dapat menghambat aliran darah menuju otot jantung atau otak, sehingga memicu serangan jantung atau stroke. Atau ketika darah terlalu lama berada didalam bilik jantung (terjadi pada kondisi jantung tertentu), maka gumpalan dapat terbentuk dan bagian dari gumpalan darah tersebut akan terpompa melalui aliran darah serta menyumbat pada salah satu organ atau arteri, memotong suplai darah dari titik ini. Penyumbatan ini disebut dengan embolus. 

Pembekuan darah juga bisa membuat asupan nutrisi tidak dapat dialirkan ke tubuh secara sempurna. Bahkan masalah ini cukup renyan memicu berbagai penyakit, hingga sampai memuncak pada permasalahan yang lebih parah. Maka dari itulah perlu menerapkan langkah yang aman untuk mengencerkan kembali darah beku dalam tubuh.

Bagi Anda yang senang mengonsumsi jus buah, patut senang. Pasalnya jus buah segar bisa menjadi solusi alami untuk mengencerkan darah yang membeku. 5 jus buah segar ini bantu encerkan darah beku dalam tubuh :

Jus buah nanas

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa nanas memiliki manfaat yang luar biasa untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Namun, bukan itu saja, kandungan bromelain dalam nanas cukup membantu meminimalkan risiko pembekuan darah abnormal maupun mengurangi pembentukan plak di arteri. Sehingga nanas dianjurkan sebagai salah satu jenis buah yang dapat membantu mengencerkan darah dalam tubuh. 

Untuk membuat jus buah nanas, caranya cukup mudah, yaitu sediakan 1 buah nanas, kemudian kupas dan potong daging buahnya. Blender buah nanas hingga halus dengan tambahan sedikit air. Setelah itu, tuangkan jus ke dalam gelas dan jus buah nanas siap untuk dikonsumsi. untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi jus buah nanas ini seara rutin.

Jus buah mangga

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam Thrombosis Research, menunjukkan bahwa kandungan vitamin E dalam mangga memiliki fungsi yang sangat baik sebagai antikoagulan. Di mana, kandungan tersebut mampu menghambat trombosit jika jumlahnya terlalu tinggi. Kondisi tingginya trombosit ini bisa membahayakan kesehatan tubuh. 

Bagi Anda yang ingin membuat jus buah mangga segar untuk mengencerkan darah beku, berikut cara membuatnya :

  1. Siapkan 1 buah mangga
  2. Kupas kulitnya dan potong kecil-kecil
  3. Blender sampai halus, dan tambahkan air untuk mengatur kekentalannya
  4. Tuangkan ke dalam gelas
  5. Konsumsi jus buah mangga 1 kali sehari

Jus buah anggur ungu/merah

Berdasarkan studi pada University of Wisconsin, kandungan flavonoid dalam anggur cukup kuat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Jika dikonsumsi dengan tepat, maka buah tersebut mampu memberikan efek positif sebagai pengencer darah alami. Mengonsumsi buah ungu/merah sebanyak 5 sampai 7 buah perhari merupakan jumlah ideal yang bisa Anda lakukan. 

Selain dikonsumsi secara lansung, Anda juga bisa menjadikan buah anggur sebagai jus, caranya cukup mudah, sediakan 7 buah anggur ungu/merah, kemudian blender hingga halus dengan ditambahkan sedikit air untuk mengatur kketalannya. Kemudian tuangkan jus ke dalam gelas dan siap dikonsumsi. 

Jus buah tomat

Tomat sangat mudah ditemukan disekitar kita. Buah yang satu ini seringkali digunakan sebagai pelengkap suatu masakan dan juga sering dijadikan sebagai jus yang segar. mengonsumsi 3-5 buah tomat sehari membuat tubuh mendapatkan tambahan asupan gizi, terlebih lagi masalah pembekuan darah dapat dihindari. Langkah membuat jus tomat segar yaitu Anda siapkan terlebih dahulu 3 buah tomat dan air secukupnya. Iris tomat menjadi beberapa potong, kemudian haluskan dengan blender bersama air hingga halus. Jika sudah, tuangkan jus ke dalam gelas dan minumlah 2 kali sehari. 

Jus buah kiwi

Kiwi cukup efektif dalam menunjang program diet dan membantu menyehatkan jantung. menurut para peneliti di University of oslo, orang yang mengonsumsi 2-3 buah kiwi perhari mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena risiko pembekuan darah dapat dikurangi. Artinya, membuat jus dari buah ini sangat baik untuk melancarkan aliran darah, karena terjadinya risiko pembekuan darah dapat diminimalisir secara alami. 

Bagi Anda yang ingin membuat jus buah kiwi, caranya cukup mudah, kupas 1 buah kiwi yang telah disediakan, kemudian potong kecil-kecil. Haluskan potongan buah kiwi dengan air secukupnya. Setelah itu, tuangkan jus ke dalam gelas dan minum jus buah kiwi 2 kali sehari secara teratur. 

By Sri Maryati - Alami Sabtu, 11 Februari 2017 07:49:28

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • pertanyaan

    1 Balasan

    Alami

    ada ga hasiat daun tembakau untuk pertanian Padi sawah

  • Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag

    1 Balasan

    Alami

    Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?

  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?


Alami
Obat Penebalan Dinding Rahim Alami Cepat Sembuh Tanpa Kuret

Obat penebalan dinding rahim alami…

Alami
Kandungan Gizi Buah Kersen yang Kaya Manfaat

Kersen, terutama buahnya memiliki banyak…

Alami
Obat Epilepsi Tradisional Untuk Anak Dan Dewasa Yang Ampuh

selain obat generik, Obat epilepsi…

Tambah Pertanyaan
Top