Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik Berdasarkan Trimester Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Posisi tidur ibu hamil yang baik, terutama pada usia kehamilan trimester 3 (usia kehamilan 7, 8 dan 9 bulan) sebaiknya perlu di perhatikan. Anda juga jangan menggapnya sebagai hal yang sepele, karena janin yang kian hari membesar tentunya membuat posisi tidur ibu hamil menjadi serba salah. Terlebih lagi, posisi tidur ibu hamil yang di larang dan salah bisa menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan seperti halnya terjadi pembengkakan kaki, nyeri otot, bahaya mendengkur, penurunan tekanan darah atau justru meningkatkan tekanan darah. Untuk itu, berikut akan kmi paparkan informasi seputar posisi tidur bagi ibu hamil anak perempuan, laki-laki maupun hamil anak kembar paling baik dan nyaman berdasarkan trimester kehamilan menurut ilmu pengetahuan medis.


Ibu hamil sering kali menghadapi beberapa kondisi yang sulit selama kehamilan, salah satunya berhubungan dengan masalah posisi saat tidur. Bahkan tak hanya itu, pada awal trimester kehamilan banyak sekali dari pada ibu hamil yang tidak bisa tidur akibat mengalami beberapa gangguan seperti nyeri punggung, kram perut, lelah, mual, pusing dan berbagai gangguan lainnya. Beberapa kondisi tersebut pada dasarnya sering kali di pengaruhi oleh beberapa keluhan lainnya seperti masalah gangguan kecemasan serta tekanan pikiran. Dan oleh karena itu, ibu hamil sering kali kesulitan tidur dan mereka merasa kehilangan posisi tidur yang nyaman akibat beberapa kondisi tersebut.

Namun sebenarnya kondisi tersebut bisa di tolelir dengan cara ibu hamil mengetahui berbagai posisi tidur yang baik bagi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan, yang selengkapnya akan kami bahas pada uraian berikut ini.

1. Posisi tidur ibu hamil pada trimester pertama

Pada awal trimester ini, tak sedikit dari pada ibu hamil sering kali menjadi gelisah akibat berbagai gangguan kehamilan yang berat. Mulai dari perut yang kurang nyaman, mual, pusing, hingga ganggaun tidur akibat tidak bisa menemukan posisi yang nyaman untuk tidur. Agar waktu istirahat anda tercukupi, nyaman dan juga nyenyak, anda bisa memilih posisi tidur ibu hamil pada trimester pertama kehamilan berikut:

  • Tidur miring ke ke kiri

Posisi ini sangat di sarankan bagi ibu hamil yang memasuki trimester pertema. Meski posisi tidur ini mengalmi pro dan kontra bagi mayarakat muslim, namun secara medis menerangkan bahwa posisi tidur miring ke kiri bagi ibu hamil  dapat mendukung aliran darah menjadi lebuh baik dari pembuluh vena di jantung. Selain itu, posisi ini juga dapat menyalurkan oksigen dan gizi ibu hamil terhadap janin lebih baik. Karena pada trimester awal ini janin seharusnya memang harus mendapatkan perlindungan dan juga kecukupan dalam jumlah oksigen.

  • Tidur miring

Tidur miring ke keri dengan posisi seperti huruf " S " bisa di coba oleh iibu hamil yang memasuki trimester awal.  posisi tidur ini di percaya bisi membuat tubuh menjadi lebih nyaman  dan mengatasi rasa lelah yang berlebihan. Gunakan juga kasur pgas yang lembuat agar badan tidak begitu lelah meski tidur dengan posisi ini sepanjang malam.

  • Menempatkan banyak bantal

Jika ibu hamil pada trimester pertama tidak begitu nyaman dengan posisi tidur biasa, Maka menempatkan banyak bantal bisa menjadi solusi yang paling tepat. Anda bisa mengambil beberapa bantal yang lembut, lalu simapan di bagian kepala, punggung dan juga kaki. Cara ini di percaya bisa membuat ibu hamil mendapatkan kenyamanan dalam tidur selama masa kehamilan berlangsung.

2. Posisi tidur ibu hamil pada trimester kedua

Pada masa trimester kedua ini sering kali menjadi masa paling nyaman pada ibu hamil. Karena pada saat ini kandungan telah menunjukkan perkembangan janin, yang cukup pesat di samping tidak menimbulkan gangguan untuk ibu hamil. Bahkan berbagai jenis keluhan pada trimester pertama tidak muncul lagi, meski pada beberapa ibu hamil masih merasakan gejala dengan intensitas yang kecil. Namun posisi tidur  yang baik masih di perlukan pada trimester ini.

  • Miring ke kiri

Posisi miring ke kiri juga merupakan posisi tidur pada wanita hamil yang paling baik, setelah kehamilan memasuki usia trimester ke dua. Posisi ini dapat membuat ibu hamil mejadi lebih nyaman dan janin bisa bergerak secara leluasa. Selain dari pada itu, pasokan oksigen dan nutrisi  ke plasenta juga menjadi semakin lancar.

  • Tidak terlentang

Usakan selama anda memasuki kehamilan trimester ke dua anda tidak pernah memilih posisi tidur terlentang.  Hal tersebut di karenakan posisi ini bisa membatasi supan oksigen bagi janin. Bahkan posisi ini pula dapat menyebabakan kelelahan pada punggung ibiu hamil. Selain dari pada menghindari posisi terlentang, perhatikan pula jumlah waktu itirahat yang baik, hindari insomnia dan juga hindari makanan yang bercitarasa pedas, sehingga anda bisa mendapatkan kulitas dan kuantiatas tidur yang cukup selama kehamilan trimester kedua berlangsung.

3. Posisi tidur ibu hamil pada trimester ke tiga

Pada trimester ini, biasanya ibu hamil akan mengalami gangguan tidur yang lebih tinggi. Kondisi ini di sebabkan oleh ibu hamil yang merasa cemas akan tanda-tanda melahirkan seiring perutnya yang kian hari semakin membesar. Selain itu, kondisi gangguan tidur lainya sering kali terjadi pada trimester ini seperti kram pada kaki dan tangan, gangguan pernapasan, punggung yang tersa sakit dan lelah, gerakan bayi yang semain kuat dan perut yang semakin mulas. Hal kondisi tersebut tentunya menyebabkan semua posisi tidur menjadi kurang nyaman.

Adapun posisi tidur bagi ibu hamil yang di anjurkan pada saat memasuki usia kehamilan trimester ke tiga adalah miring ke kiri. Posisi tidur ini di anggap paling baik karena selain dapat mencukupi asupan nutrisi bagi janin, juga dapat membantu mengatasi berbagai gngguan tidur selama trimester akhir ini.

Selain dari pada itu, untuk menggurangi rasa sters dan lelah akibat beberapa gangguan tersebut ibu hamil dapat mengikuti beberapa tips berikut:

- Gunakan bantal yang lembut diantara ke dua kaki.
- Gunakan busa khusus di bawah punggung
- Tidur di sofa
- Batasi konsumsi minum di malam hari
- Menghindari bahaya kopi bagi ibu hamil
- Hindari mengonsumsi makanan yang pedas

Selain memperhatikan posisi tidur ibu hamil yang nyaman, pastikan juga kebutuhan kalsium pada ibu hamil terpenuhi untuk mengurangi gangguan tidur seperti kram di kaki. Perhatikan juga asupan nutrisi lainnya seperti  sayuran, buah dan susu  perlu di konsumsi secara seimbang. Periksakan juga kondisi ke hamilan anda pada dokter secara rutin untuk memantau kesehatan ibu dan janin yang ada di rahim anda.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Sabtu, 11 Februari 2017 09:53:43

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Tips
Tips Cara Menggosok Gigi…

Menggosok gigi merupakan salah…

Manfaat
Ini Manfaat Yang Di…

Informasi manfaat dan khasiat…

Obat Kimia
Obat Kimia Calcitriol Untuk…

Obat Kimia Calcitriol Untuk…

Ibu Dan Anak
Cara Alami Mengatasi Sariawan…

Cara alami mengatasi sariawan…

penyakit tulang
Mengenal Skoliosis Serta Komplikasi…

Berikut adalah informasi tentang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Mengetahui Gejala Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil

Mengetahui gejala penyebab keputihan pada…

Ibu Hamil
Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami yang Aman untuk Ibu Hamil

Ibu hamil jangan mengonsumsi obat…

Kirim Pertanyaan
Top