Khasiat Dan Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun meniran telah tersohor memiliki sisi positif yang baik bagi kesehatan. Namun, tidak sedikit juga orang yang tidak mengetahui akan hal ini. Karena mereka hanya mengetahui jenis tanaman yang satu ini tak ubahnya sebagai jenis rumput pada umumnya. Namun mulai sekarang, jangan sampai anda salah mengartikan lagi tanaman yang satu ini. Karena ternyata di dalam daun meniran terkandung berbagai zat penting yang berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit rematik hingga rabies bisa di obati dengan tanaman semak yang satu ini.


Meniran memiliki nama ilmiah Phyllanthus Urinaria, yang mana jenis tumbuhan semak ini masih tergolong ke dalam famili phyllan taceae. Bagi mereka yang tinggal di pedesaan, mungkin tidak akan asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Batangnya yang bulat basah dan tinggi yang hanya mencapai 50 cm menjadi salah satu karakteristik dari tanaman ini.

Adapun bentuk daun meniran sendiri yang cukup khas adalah bentuknya yang hampir menyerupai daun putri malu, yang mana pada setiap tangkai daun meniran memiliki jenis daun sirip dan majemuk atau banyak. Namun berbeda dengan putri malu, meniran sendiri memiliki bunga yang muncul dari ketiak daun dan menghadap ke arah bawah. Tanaman ini umumnya tumbuh subur di daerah tropis baik tanah berair maupun berpasir.

Kandungan dan manfaat daun meniran bagi kesehatan


Terdapat berbagai zat dan kandungan daun meniran yang di ketahui sangat baik bagi kesehatan. Diantaranya seperti: Kalium, phyllan thin, zat samak, niran thin, quercetin, asam ricinoleic, asam ascorbic, hidroksinirantin, dammar, neolignan dan lainnya.

Dari kandungan tersebut, terkumpullah berbagai manfaat dan kegunaan daun meniran bagi kesehatan.  Daun meniran sendiri terbukti secara empiris dan ilmiah, memiliki beragam manfaat bagi kesehatan baik di olah secara tunggal maupun di campur dengan bahan herbal lainnya seperti temulawak kumis kucing dan lainnya. Dan berikut uraiannya.

1. Memperkuat sistem imun
Di dalam daun meniran terdapat zat  yang dapat membantu merangsang aktivitas imono modulator. Maka tak heran, jika daun meniran ini dianggap bisa meningkatkan sistem imun anda sehingga menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, daun meniran ini juga bisa menjadi solusi masalah imun lainnya seperti dapat mengontrol kinerja sistem imun hingga menggantikan kinerja sistem imun seperti mencegah resiko infeksi karena bakteri, virus dan mikroba jahat. Maka jika anda ingin sehat, makanlah daun meniran secara teratur.

2. Mengatasi diabetes
Manfaat daun meniran untuk diabetes telah teruji, setelah di temukan adanya zat penting bernama hypophyllan thin dan phyllan tin yang terdapat di dalamnya. Kandungan senyawa tersebut sendiri  di ketahui dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Bahkan dalam sebuah penelitian pun di sebutkan bahwasannya daun meniran ini memberikan pengaruh baik pada hipo glikemik.

3. Mengatasi asam urat dan batu ginjal
Jika anda kini memiliki masalah kesehatan berupa asam urat maupun batu ginjal, anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun meniran. Adapun manfaat daun meniran untuk asam urat sendiri di karenakan di dalamnya terkandung zat flavonoida yang di percaya sangat efektif dalam menuntaskan masalah asam urat dan batu ginjal secara alami.  Daun meniran juga di ketahui memiliki kandungan ion K yang mana kandungan ini mampu mengikat kristal asam urat yang kemudian di lautkan di dalam urin. Bahkan tak cukup sampai disitu, daun meniran juga bersifat direutik.

4. Mengatasi hipertensi
Manfaat daun meniran untuk hipertensi atau darah tinggi telah terbukti secara empiris dengan penelitian yang di lakukan di India pada tahun 1995. Dan hasilnya sangat mengejutkan, banyak dari para penderita hipertensi yang terbantu dengan khasiat daun ini secara signifikan.

5. Mengobati rematik
Manfaat daun meiran lainnya adalah dapat memabantu mengatasi penyakit rematik. Untuk meredakan gejala rematik sendiri, anda bisa menggunakan manfaat daun meniran dan daun kumis kucing dengan takaran 1 sdm daun meniran dan 7 helai daun kumis kucing, lalu rebus dengan menggunakan 1 gelas air.  Saat airnya hanya tersisa setengahnya, anda bisa langsung mengangkatnya. Dan minum ramuan ini selagi hangat secara teratur.

6. Mengobati hepatitis
Hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan terutama pada jenis hepatitis B. Dan meniran meruypakan salah satu jenis tanaman obat herbal yang dapat membantu mengatasinya. Hal tersebut pun di akitakan dengan berbagai penelitian yang menyebutkan bahwasannya meniran dapat di gunakan sebagai obat-obatan untuk hepatitis. Lanjut penelitian lainnya yang di lakukan di Jepang dan India, bahwasannya terdapat senyawa utama yang mampu menyembuhkan hepatitis yang diantaranya adalah filantin, hipofilantin dan triakontanal.

Cara mengolahnya sendiri adalah  merebus 50 gram daun meniran, dan konsumsi air rebusannya. Manfaat air rebusan daun meniran sendiri di percaya sangat efektif dalam membuang toksin artau racun di dalam hati anda.

7. Mengatasi penyakit rabies
Penyakit yang di sebabkan oleh gigitan anjing gila ini pun ternyata bisa di obati dengan daun meniran. Carnya cukup dengan merebus daun meniran bersama dengan daun tempuyung dan daun sendok menggunakan air secukupnya. Setelah benar benar mendidih kemudian angkat, dan setelah dingin anda bisa meminum airnya secara rtuitin setiap hari.

8. Menurunkan demam
Untuk mengatasi deman dengan menggunakan daun meniran, anda bisa menyeduhnya dengan air hangat. Lalu air ini dapat diminum untuk mengatasi demam tinggi pada anak maupun dewasa.

9. Mengobati penyakit ayan
Manfaat daun meniran lainnya adalah dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit ayan kambuh kembali. Caranya cukup dengan mengonsumsi air rebusannya secara teratur hingga kondisi pasien membaik.

10. Mengobati malaria
Untuk membantu mengobati malaria, anda bisa minum ramuan yang terdiri dari rebusan daun meniran,  yang di campur dengan sedikit kayu manis dan juga bunga cengkeh.

11. Mengobati penyakit kulit
Berbagai jenis penyakit kulit terutama yang di sebabkan oleh jamur juga dapat di bantu pengobatannya dengan daun meniran.  Hal tersebut di karenakan kandungan senyawa aktif berupa antibiotik alami di dalamnya sangat efektif dalam menekan pertumbuhan jamur penyebab penyakit kulit.

12. Mencegah kanker
Di dalam daun meniran juga terdapat senyawa kimia yang berperan sebagai immonudulator dan anti-kanker yang sangat berguna dalam mencegah penyakit kanker.

Selain dari pada itu, masih terdapat khasiat daun meniran lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan seperti halnya dapat mengatasi dan mengobati batuk, sakit kuning, rabun senja, gigitan serangga berbisa, kencing batu, jerawat, nyeri haid, sakit ginjal dan masih banyak lagi yang lainnya.


Nah, itulah berbagai macam kegunaan dan manfaat daun meniran bagi kesehatan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan khususnya dapat menjadi referensi ilmu untuk menambah wawasan anda dalam dunia kesehatan dengan metode alami. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 11 Februari 2017 14:09:32

Related Post :
Tips
Tips Cara Mengatasi Susah…

Perempuan yang sedang hamil…

Kulit
Waspadai Faktor-Faktor Penyebab Ketombe…

Waspadai faktor-faktor penyebab ketombe…

Kesehatan
8 Buah yang Tidak…

Jika tidak dikonsumsi dengan…

Kesehatan
Penyebab Luka pada Penderita…

Mengenali berbagai penyebab luka…

Kesehatan
Rekomendasi Terapi Pengobatan BPD

Orang yang menderita borderline…

Alami
Obat Sesak Nafas Alami…

Rekomendasi obat sesak nafas…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Berbagai khasiat Dan manfaat Daun Rambai Bagi Kesehatan

Selain buahnya, nyatanya khasiat dan…

Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Sambang Darah Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sambang…

Kirim Pertanyaan
Top