Manfaat dan Khasiat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Rumput laut merupakan tanaman liar yang tumbuh di laut dan tanaman ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat di sekitar pantai. Perlu diketahui, anda yang suka rumput laut banyak manfaat dan nutrisinya untuk kesehatan. Ciri dan bentuk rumput laut beragam, salah satunya memiliki bentuk yang bercabang dan pipih. Rumput laut memiliki kandungan nutrisi alami seperti vitamin A - B1 - B2 - B3 - B12 - C - D - E - F - K, asam lemak dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.


Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

  • Menjaga sistem pencernaan

Selain buah dan sayur yang memiliki khasiat untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat, rumput laut pun memiliki khasiat yang sama karena rumput laut mengandung serat alami berupa alginat yang dapat mengurangi penyerapan lemak dan melancarkan pencernaan juga sangat baik untuk anda yang ingin diet karena serat yang terkandung dalam rumput laut akan membuat anda kenyang lebih lama.

  • Mencegah anemia

Karena rumput laut memiliki kandungan mineral yang menstabilkan sel darah dan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Maka anda akan terhindar dari penyakit anemia dengan mengkonsumsi 200 gr rumput laut setiap harinya.

  • Mengoptimalkan fungsi tiroid

Sama seperti sayuran, rumput laut juga kaya akan mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena kandungan yodium pada rumput laut bermanfaat untuk membantu fungsi tiroid lebih sehat dan optimal. Selain itu, jenis rumput laut coklat mengandung fucoxanthi pigmen yang dapat membantu metabolisme lemak tubuh menjadi energi.

  • Mencegah kanker

Rumput laut mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal sel kanker pada tubuh dan juga dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit yakni membuat kulit tampak lebih lembab dan cerah.

  • Meningkatkan sistem imun tubuh

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C pada rumput laut juga dapat membantu untuk pembentukan sel darah putih didalam tubh. Sehingga virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh dapat dicegah dan anda pun tidak akan mudah terserang penyakit.

  • Menjaga keropos tulang

Bagi anda yang tidak suka mengkonsumsi susu bisa anda ganti dengan rumput laut untuk menjaga tulang tetap sehat sehingga anda akan terhindar dari resiko osteoporosis dan keropos tulang.

  • Kaya asam lemak omega 3

Mafaat rumput laut juga bisa untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh karena mengandung asam lemak omega 3 yaitu lemak baik yang dapat menurunkan kolesterol jahat tanpa menurunkan lemak baik dan juga dapat mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Perlu anda perhatikan, walaupun rumput laut memiliki banyak manfaat dan khasiat namun ada baiknya anda mengkonsumsinya sesuai dengan takaran. Jika dikonsumsi berlebihan anda akan berpengaruh juga terhadap kesehatan.

By Ana Rediana - Kesehatan Senin, 13 Februari 2017 10:33:19

Related Post :
Kesehatan
Benarkah Kantong Teh Celup…

Saat ini ada beberapa…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Menyegarkan! Inilah Berbagai Resep…

Selain menyegarkan, berbagai resep…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mari kita mengenal khasiat…

Daun
Kegunaan Dan Manfaat Daun…

Kegunaan dan manfaat daun…

Kesehatan
Benarkah Pewarna Cat Rambut…

Benarkah Pewarna Cat Rambut…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Sehat untuk Bantu Meringankan Batu Empedu

Selain dengan cara medis, penderita…

Kesehatan
Pantangan Dan Jenis Makanan Yang Baik Untuk Diabetes

Pantangan dan jenis makanan yang…

Kesehatan
Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Untuk Kesehatan

Makanan saji umumnya mengandung kalori…

Kirim Pertanyaan
Top