Tips Agar Anak Terbiasa Mengkonsumsi Makanan Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Tidak hanya orang dewasa saja yang harus menerapkan pola makan sehat, anak-anak juga harus menerapkan pola makan sehat. Salah satu cara agar anak terbiasa menerapkan pola makan sehat adalah dengan melatih juga mengenalkan berbagai macam makanan sehat dan bergizi. Oleh karena itu, cukupi asupan nutrisi pada anak, supaya ia tetap sehat.


Tips Agar Anak Terbiasa Mengkonsumsi Makanan Sehat

Hanya menyajikan makanan yang sehat

Salah satu tips agar anak terbiasa mengkonsumsi makanan sehat adalah dengan cara menyajikan makanan yang sehat saja seperti perbanyak sayuran dan buah-buahan. Agar anak tidak bosan mengkonsumsi sayuran, dalam setiap harinya anda harus menyajikan sayuran yang berbeda. Karena bila setiap harinya makan dengan sayuran itu-itu saja, maka bisa membuat si kecil bosan dan tidak mau makan dengan sayuran. Selain itu, bentuklah seunik mungkin makanan sehat tersebut supaya si kecil tertarik untuk mengonsumsinya.

Ajak si kecil makan bersama

Mungkin bagi sebagian orang sulit untuk makan bersama keluarga. Dikarenakan kedua orangtuanya sibuk bekerja. Sehingga si kecil pun terkadang susah makan dan cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Usahakan ajak si kecil makan bersama minimal 1 kali sehari, agar si kecil tidak susah makan termasuk dalam mengkonsumsi makanan sehat.

Perlihatkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat pada anak

Jangan hanya memerintahkan anak harus mengkonsumsi makanan sehat, tetapi perlihatkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan vitamin pada anak. Karena jika anda memperlihatkan kebiasaan makan sehat pada anak, maka ia pun akan meniru kebiasaan makan sehat anda. Sehingga si kecil terbiasa mengkonsumsi makanan sehat.

Jangan terlalu sering menyediakan makanan yang kurang sehat


Agar anak terbiasa mengkonsumsi makanan sehat, sebaiknya jangan terlalu sering menyediakan makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji (sosis, naget, mie instan, dll). Bila si kecil ingin mengkonsumsi makanan tersebut, sesekali anda boleh memberikannya. Namun, beri ia penjelasan bahwa bila terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji maka tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan memberikan penjelasan seperti ini, maka si kecil pun membatasi untuk mengkonsumsinya dan lebih memilih mengkonsumsi makanan sehat.

Ajak si kecil ketika anda membeli makanan sehat

Ajak si kecil saat anda membeli makanan sehat seperti sayuran, buah maupun makanan sehat lainnya. Biarkan ia memilih sendiri sayuran atau buah-buahan yang ia inginkan. Ajak juga si kecil memasak, dan beri penjelasan padanya bahwa bila terbiasa mengkonsumsi makanan sehat maka tubuh pun akan selalu sehat. Bila anda menjelaskan hal yang baik seperti ini, maka ia akan mengingat penjelasan anda yang satu ini dan si kecil pun termotivasi untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Itulah beberapa tips agar anak terbiasa mengkonsumsi makanan sehat. Bila anak dibiasakan mengkonsumsi makanan sejak kecil, maka pola makan sehat ini akan terbawa hingga nanti ia dewasa.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Senin, 13 Februari 2017 12:01:44

Related Post :
Manfaat
Jangan Dibuang! Bagian Buah…

Buah dan sayur banyak…

Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak…

Meningkatkan kinerja otak sangat…

Penyakit
Ini yang Perlu Anda…

Merasa takut merupakan hal…

Alami
Manfaat Tomat Untuk Mengatasi…

Manfaat Tomat Untuk Mengatasi…

Penyakit
Gejala Penyebab Ejakulasi Dini…

Gejala penyebab ejakulasi dini…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Virus zika adalah virus…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi Prematur di Rumah

Bayi yang lahir prematur memang…

Ibu Dan Anak
Cara Mengobati Telinga Bernanah Pada Bayi Secara Alami

Berikut adalah cara mengobati telinga…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top