Kebaikan yang Bisa Didapat Jika Rutin Konsumsi Jeruk

Siapa yang tidak menyukai buah jeruk. Siapapun pasti menyukai rasa manis dan asam yang menyegarkan. Anda pasti mengetahui jika buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemin merupakan salah satu sumber vitamin C. Kehadiran vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Namun, disamping itu, ada alasan lain mengapa Anda perlu mengonsumsi buah jeruk secara rutin.


Mulai dari menurunkan kolesterol hingga membuat kulit bercahaya, berikut ini kebaikan yang bisa didapat jika rutin konsumsi jeruk, diantaranya :

  • Kaya kalium

Tidak hanya pisang saja yang memiliki kandungan kalium yang tinggi, ternyata jeruk juga memilikinya. Kandungan kalium yang ada dalam jeruk membantu menyeimbangkan mineral dalam tubuh. Selain itu, kehadiran kalium juga membantu mengusir garam berlebih dalam tubuh. 

  • Sumber serat

Siapapun pasti tahu jika buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, termasuk juga jeruk. Meskipun serat dalam jeruk tidak begitu terasa ketika mengonsumsinya, namun dalam satu buah jeruk terkandung 2.3 gram serat dengan kebutuhan serat setiap hari sekitar 25 gram. Uniknya lagi, serat dalam jeruk termasuk mudah larut. Hal ini tentu membantu dalam menurunkan kolesterol serta membantu menstabilkan gula darah. 

  • Membantu tubuh menyerap nutrisi lain

Dengan mengonsumsi jeruk secara rutin, asupan nutrisi dari makanan lain akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Salah satunya dalam membantu menyerap zat besi. Sehingga ahli nutrisi, Wendy Bazilian, menyarankan untuk memasangkan makanan sitrus dengan makanan kaya zat besi seperti sayuran hijau, ikan, dan daging. 

  • Memperperdek lama pilek

Dalam satu buah jeruk terdapat 51 mg vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga saat pilek melanda, disarankan untuk memperbanyak konsumsi jeruk atau lemon. Menurut ahli nutrisi, Marisa Moore, banyak mengonsumsi jeruk atau lemon mampu memperpendek durasi pilek. 

  • Membantu menurunkan berat badan

Kebaikan yang bisa didapat jika rutin konsumsi jeruk yang selanjutnya yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Buah yang satu ini rendah akan kandungan lemak dan kalori, sehingga buah ini bersabahat dengan mereka yang ingin atau sedang menurunkan berat badan. 

  • Baik untuk jantung

Menurut ahli nutrisi, Keri Gans, buah-buahan yang teramsuk kelompok sitrus mengandung flavonoid yang bagus bagi kesehatan jantung.

  • Kulit lebih bercahaya

Selain baik bagi kesehatan, jeruk ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Hal ini lagi-lagi disebabkan karena kandungan vitamin C dalam jeruk bagus bagi kulit. Vitamin yang satu ini memainkan peran penting dalam produk kolagen, sehingga kulit lebih bercahaya dan lembut. Fakta ini didukung lewat studi dalam American Journal of Clinical Nutrition di 2007. partisipan yang asupan vitamin C dalam tubuhnya tercukupi, cenderung lebih lambat muncul keriput dan kulit tidak kering. 

By Sri Maryati - Manfaat Senin, 13 Februari 2017 13:37:08

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Beragam manfaat yang akan diperoleh…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut penelitian, ubi ungu mengandung…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan

Buah leci merupakan buah musiman.…

Tambah Pertanyaan
Top