Mengenal Penyebab Dan Gejala Penyakit Bursitis

Share dan Tag Temanmu di :

Definisi, penyebab, dan gejala penyakit bursitis

Mungkin sebagaian dari pada anda belum mengetahui istilah penyakit bursitis. Padahal, setiap orang sangat beresiko mengalami kondisi ini. Namun, penyakit ini pada umumnya akan lebih beresiko di alami oleh mereka yang telah berusia lanjut serta khususnya bagi mereka yang sering melakukan pekerjaan berulang-ulang seperti halnya pelukis, musisi, tukang kebun dan lainnya. Lalu, apa itu busrsitis? bagaimana gejalanya? dan mungkin masih banyak pertanyaan tentang bursitis lainnya yang ingin anda ajukan.  Untuk mengenal lebih dekat dengan penyakit yang satu ini, ada baiknya anda menyimak informasi berikut ini.


Pengertian penyakit bursitis

Bursitis adalah peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada kantong cairan (syvonium), yang mana merupakan sebuah oragan yang letaknya di bawah kulit di atas sendi, seperti di terletak di sekitar bahu, siku, pinggul, lutut dan juga kaki. Organ ini sendiri memiliki fungsi sebagai bantalan di antara tulang dan juga tendon yang bertujuan untuk mempermudah pergerakan. Kantong cairan tersebut sering kali di sebut dengan bursa.

Pada umumnya, penyakit ini, sering kali terjadi pada bagian sendi yang sering di gerakkan. Bahkan penyakit ini pun dapat terjadi secara berulang setelah pengobatan, jika penyebab bursitis tidak segera di hentikan.

Gejala penyakit bursitis

Adapun gejala utama bursitis yang paling mudah di kenali adalah rasa sakit dan warna kulit yang memerah di sekitar area yang mengalami peradangan. Bahkan rasa sakit pun akan meningkat saat tubuh bergerak atau mengalami tekanan. Selain dari pada itu, area yang mengalami bursitis juga akan terasa kaku dan juga mengalami pembengkakan.

Meski bursitis tidak tergolong penyakit yang serius, namun apabila tidak mendapatkan pengobatan yang tepat kondisi ini dapat berakibat fatal. Maka dari itu, anda harus segera memeriksakan diri ke dokter apabila rasa sakit berlanjut hingga satu minggu tanpa adanya pembaikan, mengalami demam serta pembengkakan pada area sekitarnya terpengaruh.

Penyebab penyakit bursitis

Faktor yang seing kali menjadi penyebab bursitis adalah cidera akibat dari gerakan yang di lakukan secara berulang pada otot, sendi dan tendon di sekitar bursa. Seperti halnya menekuk dan melurusan siku secara berulangm, mengangkat beban yang bersiko pada bahu, berjalan atu berlari secara berlebihan yang bersiko pada pergelangan kaki, ataupun menyandarkan lutut atau pun siku pada permukaan yang keras. Selain dari pada itu, cidera akibat jatuh atau mengalami benturanpun dapat bersiko menjadi busitis. Karena ketikan bursa mengalami cidera, maka jaringan di dalamya dapat beresiko tinggi mengalami iritasi yang berlanjut pada peradangan serta pembengkakan.

Bursa juga pada umumnya bisa mengalami peradangan yang di akibatkan oleh infeksi bakteri. Jenis bursitis yang di sebabkan oleh bakteri sering kali di kenal dengan sebutan bursitis septik. Kondisi ini umumnya hanya bisa terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti halnya pecandu alkohol, narkoba, gangguan ginjal sereta efek samping kemoterapi. Selain rasa sakit, penderita bursitis septik ini akan mengalami berbagai gejala tambahan seperti halnya keruksakan mkulit di area yang mengalami peradangan, selulitis atau infeksi pada lapisan kulit dalam, hingga demam tinggi yang menggigil.

Di samping itu, masalah bursitis juga dapat muncul sebagai suatu komplikasi dari gangguan kesehatan seperti reumatoid arthritis, gout, penyakit tiroid, scleroderma atau penyakit yang menyebabkan pengerasan pada kulit dan diabetes. Adapun untuk pengobatan bursitis secara medis sendiri pada umumnya di sesuaikan dengan keparahan gejala yang penderita alami. Mulai dari menggunakan obat-obatan, melakukan terapi bursitis hingga melakukan tindakan operasi bursitis.

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 14 Februari 2017 09:05:29

Related Post :
Kewanitaan
Hal yang Perlu Dilakukan…

Berikut ini beberapa hal…

Daun
Manfaat Daun Ciplukan Beserta…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Ini Ciri-Ciri Kanker Kulit…

Waspadai! berikut adalah ciri-ciri…

Manfaat
Manfaat Biji Kopi Hijau…

Beragam manfaat dna khasiat…

Manfaat
Manfaat Menakjubkan Kacang Pecan…

Meskipun tidak sepopuler jenis…

Alami
Bahan Alami Warisan Nenek…

Orang tua zaman dahulu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Hati-Hati! Penyakit Ini Mengintai Wanita Setelah Menopause

Pasca menupause merupakan saat-saat tersulit…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Usus

Jenis-jenis penyakit yang menyerang usus…

Penyakit
Awas ! Ini 10 Gejala Meningitis Yang Harus Diwaspadai

Anda mengalami sakit kepala berkepanjangan…

Kirim Pertanyaan
Top