Ternyata Ini Alasan Mengapa Anak Pertama Lebih Pintar

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa anak sulung ternyata memiliki kecenderungan lebih pintar daripada adik-adiknya. Jika benar, mungkin ini kabar baik bagi Anda yang merupakan anak pertama. 

Mengenai hal tersebut, para ilmuwan akhirnya menetapkan anak pertama lebih pintar daripada adiknya. Hal ini berdasarkan penilaian IQ sejak usia 1 tahun. Alasan mengapa anak pertama lebih pintar ini disebabkan karena anak pertama dinilai lebih banyak mendapatkan stmulasi mental pada awal kehidupannya. Ibu juga lebih berhati-hati pada kehamilan pertama dan cenderung berani mengambil risiko.


Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Human Resources ini juga menjelaskan apa yang disebut dengan efek urutan kelahiran. Dalam hal ini, peneliti melihat jika kakak memiliki upah dan pendidikan yang lebih dikemudian hari. 

Penelitian yang dilakukan dalam kemitraan dengan Analysis Group dan University of Sydney ini memeriksa data dari Children AS dari US Children of the National Longitudinal Survey of Youth yang dikumpulkan oleh the US Bureau of Labour Statistics. 

Peneliti menyebutkan, bahwa hampir 5.000 anak diamati dari para-lahir hingga berusia 14 tahun dengan latar belakang keluarga dan kondisi ekonomi. Setiap dua tahun, keterampilan mereka dinilai termasuk kemampuan membaca dan kosakata. 

peserta juga mengikuti tes seperti membaca situasi, mencocokkan kata, menyebut nama dan membaca kata-kata tunggu dengan suara keras. Peneliti juga menerapkan metode statistik untuk menganalisis bagaimana perilaku orantua seperti merokok dan minum mempengaruhi kehamilan dan dikaitkan dengan nilai ujian anak mereka. 

Orangtua juga kurang menstimulasi anak kedua dan seterusnya dalam keterampilan membaca, kerajinan, dan memainkan alat musik. Temuan ini pun semakin menguatkan jika ada keuntungan menjadi anak pertama.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa perubahan perilaku orangtua cukup masuk akal sehingga ada perbedaan kecerdasan pada setiap anak. Perbedaan urutan kelahiran anak pertama ini juga diamati pada hasil pendidikan dan pasar kerja," kata Dr Ana Nuevo-Chiquero dari University of Edinburgh School of Economic.

Tidak hanya soal kepintaran, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa anak sulut memiliki keunggulan lainnya. Fakta menyebutkan bahwa anak pertama memiliki sikap yang lebih terbuka, menyenangkan dan tenang dalam menghadapi sesuatu dibandingkan dengan adik-adiknya. 

Ada banyak faktor yang membuat anak pertama lebih unggul daripada adik-adiknya. Salah satunya adalah dipengaruhi oleh ketegasan orangtua terhadap anak pertama dan peratian mereka lebih besar kepada anak pertamanya. 

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Selasa, 14 Februari 2017 11:22:45

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Cara Agar Anak…

Si kecil susah makan…

Penyakit
Tes Deteksi Serta Metode…

Tes deteksi serta metode…

Manfaat
Sering Memakai Kacamata Hitam?…

Manfaat kacamata hitam untuk…

Penyakit
Komplikasi Radang Amandel Dan…

Komplikasi radang amandel dan…

Penyakit
Kenali Tanda Dan Gejala…

Kenali tanda dan gejala…

Kesehatan
Penyebab Pusing saat Berolahraga…

Pusing saat berolahraga bisa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Waspada! Ada Bahaya Penggunaan Pelampung Leher Pada Bayi

Waspada! ternyata terdapat beberapa resiko…

Ibu Dan Anak
Cara Penanganan Asma Yang Tepat Pada Anak

Berbagai cara penanganan asma pada…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Tips cara menjaga kesehatan anak…

Kirim Pertanyaan
Top