Khasiat Dan Manfaat Daun Stevia Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun stevia telah di kenal sebagai pemanis alami yang sangat aman dan cocok di konsumsi oleh penderita diabetes maupun obesitas. Meski begitu, Berbeda halnya dengan masyarakat di Asia Timur seperti China dan jepang yang telah memanfaatkannya, di Indonesia sendiri tanaman ini masih baru dan belum begitu banyak yang mengenalnya. Namun di luar itu, ternyata daun stevia memiliki manfaat lainnya yang begitu luar biasa seperti untuk kesehatan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Stevia memiliki nama latin stevia rebaudiana adalah sejenis tanaman semak yang masih tergolong ke dalam keluarga bunga matahari (Asteraceae). Tanaman ini merupakan tanaman asli daerah subtropis, yang tepatnya berasal dari kawasan Amerika Utara dan Amerika Selatan. Manfaat daun herba stevia ini terkenal memiliki rasa manis juga bebas kalori, sehingga sangat cocok menjadi pengganti gula. Namun tak cukup sebatas itu, ternyata kebaikan daun stevia juga dapat di gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, baik di jadikan teh stevia maupun lainnya.

Khasiat dan manfaat daun stevia bagi kesehatan

1. Mencegah diabetes
Daun stevia di percaya dapat mencegah sekaligus mengobati diabetes tipe 2. Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang di terbitkan  dalam edisi september 2012 dari sebuah jurnal yang berjudul "Journal of Physiology dan biokimia". Dalam studi pada hewan tersebut, di lakukan suplementasi dengan rebaudioside A dan senyawa aktif dalam stevia. Dan dari studi tersebut di hasilkan adanya penurunan kadar gula darah dan enzim-enzim hati yang di pulihkan terkait pencernaan dan distribusi karbohidrat hingga mendekati normal.  Ekstrak daun stevia kering juga dapat meningkatkan fungsi pankreas. Namun hasil awal medukung penggunaan stevia sebagai cara alami untuk mengontrol kadar gula darah.

2. Mencegah kanker
Senyawa stevia berupa isosteviol nyatanya dapat membantu anda dalam mencegah berbagai jenis kanker. Menurut sebuah penelitian yang di terbitkan dalam edisi september 2005 dalam jurnaL "Life Science" menyatakan, bahwa isosteviol menunjukkan manfaat anti-kanker terbesar  di antara 12 senyawa stevia  dan dapat mencegah pertumbuhan  sel dalam kultur jaringan sel kanker manusia.

3. Mengurangi peradangan
Selain dapat mencegah kanker, senyawa yang terkandung dalam daun stevia juga nyatanya dapat membantu mengurangi peradangan. Hal tersebut berdasarkan studi yang di lakukan pada hewan yang di terbitkan pada edisi Novermber 2002 dalam jurnal 'Biological and pharmaceutical Bulletin' yang menemukan bahwasannya terdapat empat konstituen stevia yang berbeda menunjukkan penghambatan yang kuat dari efek inflamasi dan juga kanker.

4. Mengatasi hipertensi
Khasiat daun stevia juga bisa di gunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi atau hipertensi, yang mana hal tersebut sesuai dengan sebuah penelitian yang di teritkan  pada edisi November 2003 dalam jurnal "Teurapeutics Clinical", yang mana peserta telah berusia 20-75 tahun, yang pada umumnya memiliki tekanan darah yang agak tinggi, lalu mengonsumsi 500 mg stevioside tiga kali perhari selama 2 tahun. Dan hasilnya menunjukkan adanya penurunan 6.6% pada tekanan darah sistolik (no atas dari tekanan darah, yang mana menandakan tekanan arteri pada saat jantung berkontraksi, serta penurunan 6,3% pada tekanan darah diastolik (jumlah bawah rasio tekanan darah) dan menandakan tekanan dalam arteri saat jantung relaksasi. Para peneliti mencatat bahwasannya stevia di toleransi  tanpa efek samping yang merugikan di dalamnya.

5. Memiliki efek antioksidan
Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dapat menhhindarkan tubuh dari berbagai radikal bebas serta sumber penyakit. Selain itu, aktivitas antioksidan juga dapat menjaga organ hati, ginjal dan mencegah berbagai keruksakan yang berhubungan dengan diabetes. Dalam sebuah studi  yang di terbitkan pada edisi Novermber 2012 dalam sebuah jurnal yang berjudul "Journal of Diabetes Complications" Diet dengan menggunakan empat persen dari seluruh stevia bubuk selama 1 bulan dapat menghasilkan tingkat lebih rendah dari enzim hati tertentu, yang bisa meningkat apabila hati mengalami gangguan, dan tingkat yang lebih tinggi dari pada enzim antioksidan dalam. Fungsi ginjal juga dapat meningkat dengan suplemen stevia.

Selain dari itu, zat pemanis dalam daun stevia berupa steviosida dan rebaudiosida tidak dapat di fermentasikan oleh bakteri dan dalam mulut menjadi asam, sehingga tidak dapat menyebabkan gigi berlubang.  Bahkan keunggulan lainnya dari daun stevia ini adalah  meiliki tingkat kemanisan mencapai 200-300 kali lebih tinggi darip pada kemanisan tebu serta bersifat tidak karsinogenik  dan rebndah kalori  sehingga aman dan nayaman untuk di konsumsi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar kebaikan khasiat dan manfaat daun sevia bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawsaan pengetahuan anda.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 16 Februari 2017 12:47:37

Related Post :
Ibu Dan Anak
Ternyata Vertigo Juga Bisa…

Penyakit vertigo bisa dialami…

Kesehatan
Anda Mengidap Stroke? Hindari…

Tidak hanya minum obat…

Penyakit
Ketahui 4 Bahaya Keloid…

Ketahui 4 bahaya keloid…

Manfaat
Manfaat Gerakan Shalat Bantu…

Melakukan gerakan shalat dengan…

Ibu Dan Anak
Jangan Khawatir! Ini Cara…

Cara mudah menghilangkan dan…

Ibu Dan Anak
Pertolongan Pertama Saat Anak…

Pertolongan pertama saat mengalami…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Akasia Untuk Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Kirim Pertanyaan
Top