Resiko Yang Mungkin Terjadi Jika Hamil Diatas Usia 35 Tahun

Share dan Tag Temanmu di :

Resiko Yang Mungkin Terjadi Jika Hamil Diatas Usia 35 Tahun

Sebagian wanita mengalami kehamilan anak pertama ataupun anak kedua, ketiga, dan seterusnya disaat usianya sudah mencapai usia 35 tahun ataupun lebih, terutama bagi mereka yang hamil anak pertama tentunya sangat menginginkan anaknya lahir dan tumbuh kembang dengan sehat.


Namun apakah anda tahu kehamilan diatas usia 35 tahun memiliki berbagai resiko diantaranya sebagai berikut :

1. Rentan keguguran karena disebabkan sel telur yang dihasilkan kemungkinan sudah menurun kualitasnya sehingga dapat menyebabkan janin tidak dapat berkembang secara sempurna dan pada akhirnya dapat menimbulkan keguguran.

2. Bayi lahir prematur. Kelahiran permatur dimana suatu kondisi seorang bayi yang lahir sebelum waktunya yakni dibawah atau sebelum pas 37 minggu. Bayi yang lahir prematur akan mengalami banyak masalah dan gangguan kesehatan serta perkembangan pada fase kehidupan berikutnya.

3. Berat badan bayi dibawah normal merupakan dampak dari penyebab bayi prematur dan kemungkinan bayi akan lemah dan daya tahan tubuhnya berkurang sehingga kemungkinan besar akan mudah terserang dan mengalami berbagai macam penyakit.

Demi menjaga kesehatannya, maka bayi yang lahir dengan berat badan kurang harus selalu diperhatikan asupan gizi ibu pada ibu hamil agar berat badan bisa normal kembali pada fase kehidupan selanjutnya.

4. Bayi mengalami kelainan kromosom dan cacat, karena salah satu efek dan resiko kehamilan diatas 35 tahun yaitu bayi yang lahir bisa saja mengalami kecacatan dan kelainan kromoson yang disebabkan oleh kondisi sel telur yang mungkin sudah kurang baik dibandingkan dengan wanita yang berada rentang usia 25 tahunan.

5. Gangguan kesehatan, kemungkinan mengalami gangguan kesehatan pada sang ibu biasanya kekuatan fisik dari wanita akan lebih menurun dibanding pada masa produktifnya.

6. Diabetes gestational yang menyebabkan kurang terkontrolnya produksi insulin didalam tubuh. Jika dikombinasikan dengan asupan gizi yang tidak teratur akan menyebabkan gula darah naik karena asupan gizi dan makanan pada ibu hamil diatas usia 35 tahun harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi kemungkinan mengalami munculnya gejala diabetes.

Berikut ini yang perlu anda perhatikan untuk meminimalkan resiko yang mungkin terjadi pada kehamilan diatas usia 35 tahun antara lain :

1. Periksa secara rutin kehamilan anda ke dokter minimal 3 kali bertujuan untuk mengetahui kondisi anda dan janin dan untuk mengurangi atau mencegah resiko penyakit saat hamil. Akan lebih baik lagi jika anda sudah mulai memeriksakan kondisi tubuh sebelum hamil.

2. Selama kehamilan tanyakan ke dokter mengenai perawatan apa yang harus anda jalani untuk mencegah penyakit saat hamil dan untuk mencegah bayi lahir prematur serta bayi BBLR. Anda bisa melakukan tes darah untuk mengetahui resiko kelainan kromosom sebelum bayi lahir.

3. Jaga asupan makanan mengandung zat gizi yang diperlukan untukm ibu dan janin, seperti kalsium, asam folat, karbohidrat, kentang, nasi, jagung, roti. Dari sumber lemak baik seperti alpukat, ikan, minyak nabati, dan sayuran hijau. Dari sumber protein seperti ayam, ikan, tempe, tahu, daging, dan sumber vitamin serta mineral dari sayur dan buah.

4. Kontrol berat badan karena kenaikan berat badan yang cukup selama kehamilan dapat mengurangi resiko ibu hamil terkena penyakit hipertensi gestasional dan diabetes gestasional.

5. Olahraga teratur seperti mengikuti senam hamil atau melakukan sendiri di rumah dengan gerak-gerakan yang tidak memberatkan anda dan janin ini dapat membantu mengontrol berat badan, mengurangi stress, dan membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, dapat membantu anda menjalani proses persalinan dengan mudah. Sebelum anda melakukan olahraga ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

6. Hindari stress, biasanya ibu hamil di usia 35 tahun memiliki beberapa kecemasan tentang kesehatan bayi dalam kandungan bahkan takut mengalami keguguran. Sebaiknya konsultasikan apa yang anda rasakan dengan dokter dan pada orang-orang disekitar anda sehingga hal ini dapat mengurangi pikiran anda.

7. Jauhi minuman beralkohol dan asap rokok karena dapat meningkatkan resiko penyakit pada ibu hamil dan bayi BBLR, sedangkan meminum alkohol dapat meningkatkan resiko bayi mengalami keterlambatan mental dan fisik.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Jum'at, 17 Februari 2017 09:48:09

Related Post :
Manfaat
Manfaat Bunga Kamboja Untuk…

Kamboja merupakan salah satu…

Kesehatan
Pantangan Makanan Untuk Penderita…

Berikut adalah berbagai pantangan…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang penyebab batu…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Fimosis Serta…

Informasi tentang penyakit fimosis…

Penyakit
Bahaya Komplikasi Dan Akibat…

Liver adalah sebuah penyakit…

Alami
Inilah Ramuan Tradisional Untuk…

Ramuan tradisional untuk mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Tanda Anda Akan Segera Melahirkan Jika Meraskan Hal ini

Tanda-tanda melahirkan anak pertama yang…

Ibu Hamil
Penyebab Gejala Hamil Anggur Dan Penanganannya

Penyebab dan gejala hamil anggur…

Kirim Pertanyaan
Top