Tips Cara Mengatasi Bursitis Secara Alami Dan Efektif Di Rumah

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi bursitis sejatinya dapat di lakukan pula di rumah jika kondisi peradangan tidak terlalu parah. Sehingga anda tidak perlu pergi ke dokter untuk mengobati kondisi anda tersebut. Adapun untuk mengatasinya secara alami di rumah, anda bisa menyimak terlebih dahulu informasi berikut hingga selesai.


Bursitis adalah peradangan yang terjadi pada satu atau lebih bursa, yang mana bursa sendiri merupakan katung cairan yang di temukan pada sendi. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi sendi baik di bahu, siku, pinggul, lutut, tumit bahkan pangkal jempol kaki. Bahkan kondisi ini pun bisa menjadi bersifat akut apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab yang umum dari kondisi ini adalah gerakan secara berulang ataupun terjadinya tekanan pada bursa tersebut. Penyebab lainnya adalah cidera, penyakit sisitematik kronis serta kondisi peradangan yang terjadi pada sendi seperti reumatoid arthritis, skleroderma dan uga asam urat. Gejala penyakit bursitis yang di alami oleh setiap penderitanya pun akan berbeda tergantung pada tingkat keparahan serta bagian sendi yang trkena kondisi ini. Beberapa tanda dan gejala bursitis yang umuj terjadi adalah  rasa sakit, kekakuan, pembengkakan, kemerahan, serta kesulitan untuk menggunakan sendi yang terkena.

Siapapun dapat mengalami bursitis, namun terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko bursitis pada seseorang. Termasuk di dalamnya adalah penuaan, pekerjaan dan hobi yang membutuhkan gerakan secara berulang atau memerlukan tekanan pada bursa.

Jika anda kini tengan mengalami bursitis, untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan sebaiknya nada beristirat dengan cukup. Karena dalam kebanyakan kasus, kondisi ini akan membaik dengan sendirinya selama satu hingga dua minggu hanya dengan beristirahat dengan cukup. Namun, apabila anda ingin mempercepat kesembuhannya, anda perlu melakukan langkah pengobatan secara cepat. Tak hanya pengobatan penyakit bursitis secara medis, anda pun bisa melakukan pengobatan secara alami di rumah pula.

Dan berikut adalah tips cara mengatasi bursitis secara alami dan efektif di rumah:

1. Kompres dingin

Langkah awal pengobatan bursitis adalah dengan melakukan kompres dingin pada daerah sendi yang terkena bursitis. Hal ini mampu mengurangi sekaligus meredakan rasa sakit dan pembengkakan yang anda alami akibat peradangan. Kompres dingin pada umumnya biasanya paling efektif apabila di lakukan selama 24-48 jam selama pembengkakan bursitis berlangsung. Langkah pengompresan bisa anda lakukan seperti berikut:

  • Bungkus es batu dengan menggunakan handuk tipis.
  • Letakan es batu yang telah di lapisi oleh handuk tipis tadi pada permukaan sendi yang terkena bursitis selama 15 menit.
  • Setelah itu, angkat sendi di atas hati lalu istirahatkan.
  • Ulangi langkah-langkah sebelumnya hingga beberapa kali dalam sehari, hingga kondisi anda membaik.

Catatan: Sebaiknya jangan menggunakan es batu pada kulit secara langsung radang dingin pada kulit.

2. Kompres hangat

Selain dengan kompres dingin, kompres hangat pun bisa menjadi solusi untuk meredakan peradangan akibat bursitis akut yang telah berlangsung selama 48 jam, ataupun kapan saja untuk peradang bursitis kronis. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan aliran darah ke sendi yang terkena, mengurangi kekakuan serta melawan peradangan. Langkah untuk kompres hangat pada masalah bursitis adalah sebagai berikut:

  • Basahi handuk tips dengan air hangat (tidak panas).
  • Lalu, terapkan pada bagian sendi yang terasa sakit selama 15-20 menit.
  • Ulangi, beberapa langkah sebelumnya beberapa kali dalam sehari.

Selain dari pada itu, kompres hangat pun bisa di lakukan dengan menggunakan botol yang berisi air hangat, bantalan hangat hingga mencuci daerah yang terkena bursitis dengan menggunakan air hangat.

3. Pijat

Melakukan terpi bursitis dengan pijat juga bisa menjadi solusi tepat utuk mengurangi ketidaknyamanan akibat sendi yang terasa sakit. Selain dari pada itu, pijat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga mampu untuk mengurangi pembengkakan serta kekauan, hingga dapat membuat diri anda menjadi lebih rileks. Anda bisa melakukan pijat sendiri ataupun mendaptkannya dari seorang ahli pijat.

  • Untuk minyak pijat anda bisa membuatnya sendiri, dengan memanaskan salah satu dari minyak zaitun, minyak kelapa, minyak wijen ataupun minyak biji sawi.
  • Oleskan minyak hangat tersebut pada daerah sendi yang terkena.
  • Pijat dengan menggunakan tekanan lembut namun tegas selama 10 menit.
  • Lalu, tempelkan handuk hangat pada daerah yang terkena tersebut.
  • Ulangi beberapa kali sehari hingga kondisi anda membaik.

Catatan: Hindari pijatan yang terlalu keras karena dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah pada bursitis anda.

4. Minyak jarak

Minyak jarahk adalah salah jenis obat lain yang juga dapat terbilang efektif untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada sendi. Hal tersebut di karenakan di dalam minyak jarak sendiri terkandung asam risinoleat, yang mana senyawa tersebut bersifat sebagai antiinflamasi, yang tak hanya dapat meminimalkan peradangan, akan tetapi juga dapat meingkatkan mobilitas sendi.

  • Rendam sepotong kain wol planel ke dalam minyak jarak dingin.
  • Letakan kain tersebut di sendi yang terkna dan bungkus menggunakan plastik.
  • Tempatkan bantal pemanas atau botol air panas di atasnya dan menutupi bawahnya dengan enggunakan handuk.
  • Biarkan selama 30-40 menit kemudian, buka kain yang membungkus kulit tersebut.
  • Gosok secara lembut residu berminyak yang tersisa di kulit dan bilas dengan mengunakan air hangat
  • Lakukan perawatan ini 3-4 kali dalam seminggu.

5. Jahe

Rimpang herbal yang satu ini juga dapat menjadi perada nyeri alami  yang dapat membantu mengurangi peradangan dan juga ketidak nyamanan akibat bursitis. Jahe juga mengandung kualitan antiinflamasi dan analgesik serupa dengan aspirin, ibuprofen maupun obat anti inflamasi di apotik lainnya. Selain itu, manfaat jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi serta mempromosikan kesembuhan lebih cepat.

  • Bungkus 3-4 sendok jahe parur ke dalam sepotong kain tipis dan mengikatnya hingga erat.
  • Kemudian celupkan kain yang berisi parutan jahe tersebut ke dalam air panas selama 30 detik, dan biarkan hingga dingin.
  • Letakan kain tadi di permukaan sendi yang terkena selama 10 menit.
  • Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.
  • Pilihan lainnya anda dapat menggunakan minyak jahe beberapa kali dalam sehari.
  • Anda juga bisa merebus 1 sendok makan irisan jahe dengan menggunakan 2 gelas air dan biarkan hingga 10 meNit atau hingga mendidih. Saring, dan tambahkan madu ke dalam air jahe tersebut dan minum 2-3 kali dalam sehari.

6. Sari cuka apel

Cuka apel juga bisa menjadi obatat alami lainnya uhtuk membantu mempercepat kesembuhan penderita bursitis. Hal tersebut di karenakan penggunakanaan sari cuka apael dapat memulihkan alkalinitas tubuh anda, yang pada akhirnya dapat mengurangi peradangan. Selain itu, di dalam sari cuka apel juga terkandung berbagai mineral seperti halnya magensiaum kalsium, kalium hingga fosfor di dalamnya.

  • Rendam handuk tips pada sebuah wadah yang berisi cuka apel, dan kemudian gunakan handuk tersebut untuk membungkus daerah yang mengalami peradangan selama beberapa jam setiap hari.
  • Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok cuka apel mentah  dan sedikit madu murni ke slam segelas air dan kemudian minum ramuan ini secara teratur 2 kali sehari hingga kondisi anda membaik.

Selain dari pada itu, masih banyak cara untuk mengatasi penyakit bursitis secara alami lainnya seperti dengan menggunakan kunyit, mengonsumsi susu magnesium dan juga menggunakan dimethyl sulfoxide (DMSO).

Nah itulah beberapa tips cara mengatasi bursitis secara alami dan efektif di rumah. Namun apabila kondisi bursitis anda mengalami pembengkakan dan rasa nyeri yang tajam, yang di sertai dengan gejala demam tinggi sebaiknya segara bantuan medis terdekat.

By Nida Saripah - Tips Jum'at, 17 Februari 2017 10:00:07

Related Post :
Kesehatan
Makanan yang Dianjurkan Setelah…

Tubuh harus tetap diberi…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Beragam manfaat buah blackberry…

Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging…

Selain memiliki rasa yang…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Kegunaan dan manfaat daun…

Kesehatan
Ini Makanan Yang Tepat…

Makanan yang tepat untuk…

Ibu Dan Anak
Pilihan Makanan Pelancar ASI…

Bagi bunda yang baru…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Tips Mudah Mengobati Luka Bakar Secara Alami di Rumah

Jika Anda mengalami luka bakar,…

Tips
Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil Muda Dan Tua

Berikut ini beragam tips dan…

Kirim Pertanyaan
Top