Mengetahui Kebaikan Mengonsumsi Petai Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin banyak yang menghindari mengonsumsi petai karena bau yang ditimbulkannya. Namun, tidak sedikit pula yang menyukai petai. Petai, atau parkia speciosa adalah tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. 


Dibalik baunya yang khas, petai ini ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai jenis penyakit, seperti diabetes dan infeksi saluran kemih. Berbagai penelitian, baik yang dilakukan di dalam negeri maupun luar negeri, telah menunjukkan bahwa petai memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. 

Beberapa kandungan senyawa dan nutrisi yang ada didalam petai, diantaranya seperti tryptophan (sejenis protein yang di dalam tubuh diubah menjadi serotin, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, zat besi, kalium, serat, magnesium, karbohidrat, fosfor, dan protein. 

Berikut ini kebaikan mengonsumsi petai bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan :

Antibakteri

Petai dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram negatif, seperti E.coli, yang sering menyebabkan infeksi saluran kemih pada wanita, dan H. pylori yang menyebabkan tukak lambung

Antioksidan

Petai tinggi akan kadar antioksidan fenolic acid yang diperlukan untuk melawan radikal bebas. Artinya, petai dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, dan tukak lambung. 

Antidiabetik

Pada tikus percobaan, ekstrak biji petai dapat menurunkan kadar gula darah 2 jam setelah makan. Hebatnya, efek ini dapat bertahan hingga 24 jam. 

Antikanker

Angiogenesis atau proses pembentukan pembuluh darah baru merupakan proses yang berperan dalam penyebaran kanker. Penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan membuktikan bahwa ekstrak metanol dari petai dapat menghambat proses tersebut hingga 50%. Selain itu, kandungan thiazolidine-4-carboxilix acid/thiproline pada biji petai yang sudah matang juga memiliki efek menekan pertumbuhan sel kanker. 

Selain beberapa manfaat tersebut, petai juga kaya akan asam amino serta vitamin dan mineral penting. Nutrisi tersebut diperlukan untuk proses metabolisme dan pertahanan tubuh.

Namun, perlu diingat, sebaiknya tidak mengonsumsi petai secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena petai mengandung protein yang tinggi yang dapat memperberat fungsi ginjal. Konsumsi petai juga tidak disarankan pada orang yang sudah memiliki gangguan fungsi ginjal.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 17 Februari 2017 11:11:25

Related Post :
Daun
Berbagai khasiat Dan manfaat…

Selain buahnya, nyatanya khasiat…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa saat Hamil…

Tentunya menjalankan puasa saat…

Kesehatan
Jangan Coba! Ini Bahaya…

Sabu termasuk salah satu…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Konsumsi…

Meskipun nasi goreng memiliki…

Kesehatan
Tanpa Disadari Hobi Ini…

Selain bertujuan untuk mengisi…

Manfaat
Menguak Manfaat Kencur untuk…

Kencur termasuk salah satu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Melon merupakan buah yang termasuk…

Manfaat
Efek Samping dan Manfaat Vaksin Mumps Measles Rubella

Efek samping dan manfaat vaksin…

Kirim Pertanyaan
Top