Kenali Gejala Penyakit DBD Pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Dari data yang diperoleh selama lima bulan terakhir ini, sejak bulan oktober 2015, banyaknya jumlah korban serangan DBD meningkat. Apalagi saat ini musim penghujan di Indonesia sedang berlangsung, dari mulai pergantian musim saja di berbagai daerah sudah terdapat banyak yang terserang penyakit DBD, terbukti dari banyaknya jumlah pasien yang dirawat di berbagai rumah sakit menandakan bahwa penyakit DBD sudah menjadi sebuah perhatian untuk kita. Terlebih lagi jika dalam satu keluarga terdapat seorang anak, tentunya segala aktifitasnya harus dapat anda perhatikan. Karena setiap tahunnya penyakit DBD atau demam berdarah dengue menjadi penyabab banyak anak-anak yang dirawat di rumah sakit.

Penyakit DBD pada anak memiliki gejala yang tubuh yang berbeda karena tubuhny masih rentan terhadap suatu penyakit, maka dari itu sebagai orang haru mengenali beberapa gejala penyakit DBD pada anak, untuk menghindari semakin sulitnya penyakit tersebut untuk disembuhkan sebelum di obati.

Kenali Gejala penyakit DBD

Gejala penyakit DBD pada umumnya terlihat saat tiga sampai empat belas hari atau terhitung dari setelah masa inkubasi yang memperlihatkan kondisi suhu tubuhnya mencapai suhu 41 derjat celsius. Nah masa inkubasi inilah yang merupkaan hal pertama perlu diperhatikan oleh orang tua.

Deteksi dini penyakit DBD dengan pemeriksaan darah

Apabila seseorang atau anak anda meglami gejala flu disertai demam selama lebih dari tujuh hari, atau bahkan jika merasa sangat khawatir sebaiknya jangan menunggu sampai tujuh hari, sesegera mungkin sangat baik sekali untuk dilakukan pemeriksaan kepada dokter agar penyakit yang terjadi sebagai gejala awal ( seperti suhu badan tinggi, nyeri sendi, nyeri otot, dan tulang, bahkan terasa ada rasa sakit di belakang mata) tersebut dapat diketahui secara spesifik.

Nah dari sinilah dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan memeriksa darah pasiennya apakah memang terdapat virus yang berkaitan dengan DBD atau virus lainnya, dari pemeriksaan inilah akan dapat disimpulkan penyakit yang menyerang seseorang atau anak anda.

Komplikasi dan bahaya yang akan terjadi

Waspadalaah terhadap penyakit DBD yang dapat berkembang kepada komplikasi penyakit yang lebih serius atau menderita DBD berat.

Jika hal ini terjadi maka penderitanya akan mengalami penurunan syok, penurunan tekanan darah, selain itu juga mengalami kerusakan organ juga mengalami pendarahan. Untuk penanganan lebih cepat hendaknya bawa penderita ke rumah sakit. Penyakit demam berdarah ini bersifat akut atau dapat menginfeksi tubuh dengan gejala lebih cepat karena disebabkan oleh virus famili flaviviridae dan virus genus flavivirus.

Gejala penyakit demam berdarah terkadang dapat membingungkan karena bisa saja terjadi suhu tubuh pada penderita akan mengalami naik dan turun. Berbeda halnya gejala yang terjadi pada orang dewasa yang akan langsung mengalami dan dapat kita kenal dengan gejala dalam fase kritis. Pada anak-anak gejala yang akan terjadi bisa berupa gejala ringan sampai sedang, maka dari itu ada baiknya jika terdapat kecurigaan dari tanda-tanda yang ditumbulkan sebagai penyakit DBD hendaknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui lebih spesifik penyakit yang dialami seseorang.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Ibu Dan Anak Sabtu, 06 Februari 2016 11:39:45

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Agar Anak Terbiasa…

Salah satu cara agar…

Alami
Obat Sesak Nafas Alami…

Rekomendasi obat sesak nafas…

Penyakit
Waspadai 4 Penyakit Yang…

Waspadai 4 penyakit ini…

Kesehatan
Awas Bawang Merah Palsu!…

Saat ini masyarakat tengah…

Alami
Obat Herpes Tradisional Dari…

Mengobati herpes tidak hanya…

Penyakit
Komplikasi Penyakit Kolera Jika…

Jika tidak segera ditangani…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Dampak Negatif Paparan Polusi Udara Terhadap Otak Anak

Polusi udara merupakan suatu kondisi…

Ibu Dan Anak
Tips Jitu Agar Anak Anda Tidak Susah Makan

Tips jitu agar anak tidak…

Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Anak Tetap Kurus Meski Makan Banyak

Berikut ini berbagai penyebab anak…

Kirim Pertanyaan
Top