Dampak Mengonsumsi Buah Nangka Bagi Penderita Maag

Share dan Tag Temanmu di :

Buah nangka memang memiliki rasa yang manis juga kaya akan nutrisi. Namun, dibalik itu, buah nangka ternyata tidak baik dikonsumsi oleh penderita maag. 

Penyakit maag atau penyakit asam lambung merupakan kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan dalam jangka waktu yang lama ketika perut mengalami kekosongan. Asam lambung yang naik ini bisa menimbulkan luka pada lambung yang menyebabkan adanya infeksi, tukak atau bahkan adanya peradangan pada lambung. 


Jika penyakit ini sudah parah, maka yang terjadi hanyalah akan mengancam keselamatan jiwa dan bisa menyebabkan pencernaan menjadi tidak normal dan mengonsumsi makanan pun menjadi terganggu. 

Bagi Anda yang mengidap penyakit maag, sebaiknya hindari mengonsumsi buah nangka, baik yang mentah ataupun yang sudah matang. Buah yang memiliki kandungan vitamin C, A, magnesium dan zat besi ini juga termasuk buah yang tinggi akan kandungan serat tergolong asam, sehingga dapat merangsang produksi asam lambung lebih banyak. Sehingga penderita maag dapat merasakan perih dan nyeri setelah mengonsumsi buah nangka. 

Selain itu, karena kandungan serat tinggi yang dimilikinya, penderita maag atau gastritis sebaiknya tidak mengonsumsi nangka, karena bisa membuat lambung bekerja ekstra. Dampak mengonsumsi buah nangka bagi penderita maag juga akan meningkatkan kandungan gas dalam perut, sehingga membuat perut terasa begah dan kembung. Karena itu, sebaiknya penderita maag menghindari konsumsi buah nangka. 

dr Alberta Jesslyn Gunardi BMedSc Hons, dari Klik Dokter menuturkan, walaupun dari tingkat keasaman buah nangka hanya 5.8 yang artinya tidak terlalu asam, namun buah ini masih tergolong asam, yang dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna. 

Jika Anda termasuk penderita maag, sebaiknya hindari mengonsumsi buah nangka meskipun dalam jumlah yang sedikit. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi nangka, maka jangan kaget jika sakit maag Anda menjadi lebih parah. 

Selain penderita maag, bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan lain juga tidak boleh mengonsumsi buah nangka scara berlebihan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat memicu gangguan pencernaan, seperti diare

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 17 Februari 2017 13:39:21

Related Post :
Ibu Dan Anak
Pilihan Olahraga yang Tepat…

Meskipun memiliki riwayat penyakit…

Manfaat
Fakta Seputar Manfaat Infused…

Inilah fakta seputar manfaat…

Kesehatan
Kebaikan yang Akan Didapatkan…

Tertawa bisa membuat siapapun…

Tips
4 Langkah Mudah untuk…

Untuk menghindari penyakit rematik…

Kesehatan
Fakta Dan Anggapan Umum…

Meski saat ini makanan…

Ibu Hamil
Penyebab Sesak Nafas saat…

Sesak nafas merupakan hal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Parkinson

Makanan yang baik untuk penderita…

Kesehatan
Dampak Negatif Rutin Konsumsi Kopi Instan Bagi Kesehatan

Kopi instan memang dapat memberikan…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top