Makanan Yang Tidak Boleh Disimpan Di Dalam Kulkas

Share dan Tag Temanmu di :

Seringkali orang-orang menganggap bahwa berbagai jenis makanan atau minuman bisa disimpan di dalam kulkas. Sehingga alat elektronik yang satu ini sering digunakan untuk menyimpan makanan supaya tidak cepat basi, busuk dan tidak terkonstaminasi. Akan tetapi, tidak semua jenis makanan dapat disimpan di dalam kulkas. Sebab ada makanan yang bisa berubah rasanya, mudah berjamur jika disimpan di dalam kulkas. Bila makanan tersebut berjamur ketika disimpan dalam kulkas, maka tidak boleh dikonsumsi karena tidak baik bagi kesehatan.


Cara menyimpan makanan di dalam kulkas berbeda-beda. Sehingga tidak semua jenis makanan saat disimpan di kulkas cara penyimpanannya sama. Daging, sosis, ikan bisa disimpan di dalam freezer, ketiga makanan ini bisa bertahan 3-4 bulan bila disimpan di dalam freezer . Telur bisa disimpan di rak pintu kulkas, namun cuci telu terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas. Telur bisa bertahan di dalam kulkas hingga 4 minggu. Dan bila anda suka menyimpan keju dalam kulkas, sebelum minyimpannya sebaiknya bungkus dulu dengan plastik atau alumunium foil. Bila dibungkus dengan plastik atau alumunium foil maka keju bisa bertahan di dalam kulkas 2-4 bulan.

Makanan Yang Tidak Boleh Disimpan Di Dalam Kulkas

Pisang

Salah satu makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah buah pisang. Karena bila pisang disimpan di dalam kulkas maka akan merubah rasa dan teksturnya. Bahkan nilai gizi buah pisang pun bisa berkurang. Bagi anda yang suka menyimpan pisang di dalam kulkas, sebaiknya berhenti melakukan kebiasaan yang satu ini dan jangan lagi menyimpan buah pisang di dalam kulkas.

Tomat

Tomat juga tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Sama seperti buah pisang, bila tomat disimpan di dalam kulkas maka rasa dan teksturnya akan berubah. Tomat jadi lembek dan kering, maka rasanya pun jadi tidak enak. Oleh karena itu jangan menyimpan tomat didalam kulkas.

Daun kemangi

Ada jenis makanan yang ketika disimpan di dalam kulkas tidak layu. Namun beda dengan daun kemangi, bila daun kemangi disimpan di dalam kulkas maka akan mudah layu sehingga menjadi tidak segar lagi. Bahkan aroma harumnya menjadi berkurang. Oleh karena itu, agar daun kemangi tida mudah layu, tetap segar dan aromanya masih ingin harum maka jangan simpan di dalam kulkas.

Kentang


Kentang dan ubi juga tidak boleh disimpan di dalam kulkas sebab kentang akan  menjadi keras dan rasanya menjadi lebih manis. Hal ini dikarenakan suhu dingin dalam kulkas bisa mengubah kandungan karbohidrat yang ada pada kentang jadi gula lebih cepat.

Bawang

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ada jenis makanan akan berjamur bila disimpan dalam kulkas. Dan makanan tersebut adalah bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Oleh karena itu, jangan simpan bawang di dalam kulkas supaya bawang tidak berjamur.

Roti

Mungkin tidak banyak orang bahwa roti adalah salah satu makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya simpanlah roti di dalam suhu ruangan saja supaya tidak mudah berbau, rasanya tetap enak dan tetap segar. Karena jika disimpan di dalam kulkas, maka roti akan mudah berbau, rasanya jadi tidak enak dan mudah tidak segar.

Melon


Salah satu buah-buahan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah melon, apalagi melon yang sudah dibelah. Bila buah ini disimpan di dalam kulkas maka kandungan nutrisi yang ada pada melon akan berkurang. Oleh karena itu, simpan buah ini di dalam ruangan jangan simpan di dalam kulkas.

Tips menyimpan makanan atau minuman di dalam kulkas

  • Jangan simpan sayuran yang telah dipotong-potong. Simpanlah sayuran secara utuh, namun sebelum disimpan cuci terlebih dahulu kemudian keringkan. Supaya sayuran yang disimpan dalam kulkas tetap segar.
  • Jangan menyimpan makanan dalam kondisi panas di dalam kulkas.
  • Jangan menyimpan minuman dengan kondisi terbuka, tutup minuman dengan rapat.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Makanan lainnya yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah ubi, kopi dan madu. Setelah anda mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh disimpan di kulkas, semoga anda tidak menyimpan beberapa jenis makanan yang telah dijelaskan diatas tersebut di dalam kulkas.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 18 Februari 2017 10:28:12

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi dan Manfaat…

Singkong yang biasa digunakan…

Kesehatan
Selain Melangsingkan Makanan Ini…

Tidak hanya menyehatkan dan…

Tips
Cara Menurunkan Kadar Lemak…

Berikut ini beberapa cara…

Kewanitaan
Ini Bahaya Memakai Sabun…

Berikut ini bahaya memakai…

Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Yang Baik…

Informasi penting untuk para…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Coklat…

Tidak hanya buah dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pilih Program KB

Sebelum menetukan program KB, sebaiknya…

Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Tulang Dengan Bahan Alami

Cara mencegah kanker tulang dengan…

Kesehatan
Makanan yang dianjurkan untuk Penderita Rematik

Selain mengonsumsi obat rematik, mengonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top