Manfaat Daun Ciplukan Beserta Buah Dan Akarnya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Banyak yang tidak menduga, bahwasannya manfaat daun ciplukan ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Bagaimana tidak, di dalamnya terkandung berbagai senyawa yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Bahkan tak hanya bagian daunnya saja, buah dan akarnyapun juga di percayai memiliki khasiat yang sama bagusnya.


Ciplukan atau yang di kenal dalam istilah latin sebagai physialis angulata ini adalah sejenis tanaman liar yang umumnya dapat kita jumpai di daerah pesawahan maupun pekarang rumah. Bahkan tanaman yang memiliki nama asing morel berry ini, sangat tumbuh subur pada saat petani mulai memanen tanaman nya.

Dulu, tanaman ini sangat mudah kita peroleh dengan cara langsung memetiknya terutama di daerah pedesaan, dan apabila di perjual belikan mungkin tak kan ada yang membelinya pada saat itu. Namun, setelah di ketahui memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan, banyak orang yang membudidayakan tanaman yang satu ini, bahkan buahnya pun kini telah di perjual belikan hingga di supermarket.

Adapun di berbagai daerah di Indonesia, nama lain daun ciplukan sangatlah bergam. Seperti halnya di sumatera daun ciplukan di panggil daun boda, daun kapo-kapo daun lato-lato dan daun latuik-latuik (minangkabau). Berbeda halnya di pulau jawa, daun ciplukan sering kali di sebut cecendet, cecendet kunir, cecenet (Sunda), ceplukan, cecendet sapi, cecendet China (Jawa), yor-yoran (Madura). Dan berbeda lagi di daerah di Indonesia lainnya.

Kandungan dan manfaat ciplukan bagi kesehatan

Salah satu yang menjadi alasan mengapa daun ciplukan beserta tanamannya sangat bekhasiat bagi kesehatan yaitu terletak pada kandungan yang di milikinya. Bahkan beberapa penelitian yang pernah di lakukan seputar tanaman ciplukan mengungkapkan bahwa kandungan daun ciplukan dan seluruh bagian tanamannya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan:

  • Kandungan daun ciplukan: Flavonoid, chlorogenik acid, C27H440-H2O
  • Kandungan tunas ciplukan: Saponin dan flavonoid.
  • Kandungan  buah ciplukan: polifenol, tanin, fisalin, withangulatin A, kriptoxanin, vitamin C dan gula.
  • Kandungan biji Ciplukan: Asam palmitat dan streatat, elaidic acid
  • Kandungan batang ciplukan: Chlorogenuk acid, C27H440-H2O
  • Kandungan akar ciplukan: alkoloid


Nah, dari berbagai kandungan tersebut, terkumpulah berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Dan berikut uraiannya.

1. Berbagai khasiat dan manfaat daun ciplukan

  • Manfaat daun ciplukan untuk payudara. Daun ciplukan di percaya dapat menjaga kesehatan payudara mulai dari mengencangkan hingga mencegah kanker payudara.
  • Manfaat daun ciplukan untuk diabetes atau kencing manis. Dengan mengonsumsi rebusan daun air ciplukan secara runtin, maka dapat menormalkan kadar gula darah, sehingga penyakit kencing manis amnda akan menghilang.
  • Manfaat daun ciplukan untuk hipertiroid dan gondongan. Untuk mengurangi rasa nyeri maupun peradangan yang di sebabkan oleh hipertiroid maupun gondongan, anda bisa memimum rebusan air daun ciplukan secara teratur

Selain dari pada itu, daun ciplukan masih banyak memiliki khasiat untuk kesehatan lainnya. Bahkan tak hanya dapat mencegah kanker payudara, menurut beberapa penelitian kesehatan steroid menyetakan bahwasannya daun ciplukan terbukti ampuh mulai dari melawan dan membunuh sel-sel kanker dan tumor ganas yang ada di dalam tubuh, hingga mengecilkan ukuran tumor maupun kanker tersebut. Manfaat dari daun ciplukan juga sangat bagus untuk mengatasi hernia, flu, kelenjar getah bening, bisulan, mempercepat pengeringan luka borok, pertusis, hingga penyakit berat seperti gejala stroke.

2. Berbagai khasiat dan manfaat buah ciplukan

Buah ciplukan pun ternyata juga memiliki manfaat yang tak kalah luar biasanya dengan daun ciplukan terutama mampu membantu pengobatan penyakit ayan atau epilepsi dan penyakit paru-paru. Selain dari pada itu, kandungan vitamin C yang melimpah yang terdapat di dalam buah ciplukan juga di percaya mampu mengobati sariawan dan juga gusi berdarah.

3. Berbagai khasiat dan manfaat akar ciplukan

Tak kalah dengan berbagai bagian tumbuhan lainnya, akar ciplukan pun nyatanya memiliki khasiat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit yang salah satunya adalah dapat mengobati penyakit diabetes.

4. Berbagai khasiat dan manfaat seluruh bagian tanaman ciplukan

Jika nda memiliki keluhan atau gangguan kesehatan berupaka tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit rematik, batuk rejan, bronkitis, gondongan pembengkakan pada buah pelir (pada laki-laki), serta influenza, anda bisa coba mengatasinya dengan seluruh bagian tumbuhan ciplukan ini. Caranya cukup dengan merebus semua bagian dari tanaman ini kemudian konsumsi air rebusannya secara rutin.

Pada umumnya, pengolahan ramuan yang terbuat dari tanaman ciplukan sama yaitu dengan cara di rebus dan air rebusannya di konsumsi. Namun khusus untuk buahnya, selain di rebus terlebih dahulu, anda juga bisa memakannya secara langsung. Dan yang perlu menjadi catatan disini adalah tidak membiarkan ramuan alami dari tanaman ciplukan ini terlalu lama bahkan hingga sehari semalam, karena dapat merusak kandungan yang ada di dalamnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat daun ciplukan beserta buah dan akarnya bagi kesehatan. Semoga informasi mengenai manfaat dari salah satu tanaman obat herbal ini dapat bermanfaat khususnya bisa menjadi wawasan bagi kita semua di bidang kesehatan.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 18 Februari 2017 13:32:33

Related Post :
Tips
Cara Tepat Melakukan Tes…

Cara tepat melakukan tes…

Tips
Tips Mencegah Keriput Saat…

Tips mencegah keriput saat…

Kesehatan
Badan Lemas Setelah Nonton…

Begadang akibat nonoton piala…

Penyakit
Jangan Sampai Terlambat! Ketahui…

Jangan sampai terlambat! Ketahui…

Kesehatan
Makanan Penyebab Kanker Payudara…

Makanan penyebab kanker payudara…

Tips
Menghilangkan Keputihan Dengan Daun…

Menghilangkan keputihan daun sirih…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jukut Pendul Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Daun
Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun pandan bagi kesehatan…

Daun
Manfaat Daun Hantap Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun hantap bagi kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top