Cara Melakukan Olahraga Mata Agar Tidak Cepat Lelah

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu didepan layar, baik itu TV, komputer, maupun smartphone, pasti sering merasakan mata cepat lelah. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata merupakan perioritas utama harus diperhatikan. Meskipun saat ini kondisi mata masih cukup baik, namun melakukan pencegahan sangat penting. Salah satu upaya preventif untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan melakukan olahraga mata. 


Menurut ahli bedah mata dr Keiki mehta, layaknya tubuh, mata juga harus diajar berolahraga. Pasalnya olahraga mata dapat membantu fungsi mekanik dan optik yaitu dengan meningkatkan stablitas mekanik dan memperkuat otot-otot mata. Menurutnya, langkah tersebut dapat memungkinkan mata untuk menangkap gambar tiga dimensi yang akurat lalu menyalurkannya ke otak, sehingga memungkinkan kita untuk melihat gambar. 

Berikut ini cara melakukan olahraga mata agar tidak cepat lelah yang dapat dilakukan setiap hari :

Memutar mata

Putar mata berlawanan dan searah dengan jarum jam, kemudian ulangi setiap 30 menit. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama jika duduk didepan layar komputer atau belajar untuk waktu yang lama. 

Fokus

Fokuskan pandangan pada sebuah objek yang jaraknya jauh dari tempat Anda sekitar 30 detik. Coba untuk pertahankan fokus, kemudian berkediplah dengan cepat beberapa kali. Setelah itu, arahkan fokus ke benda disekitarnya selama 15 detik, pertahankan fokus, kemudian berkedip cepat beberapa kali. Lakukan cara ini sebanyak 10 kali. 

Tutup mata

Tutup mata Anda, kemudian tutup lagi dengan telapak tangan. Penutupan mata tidak perlu terlalu rapat, sehingga menimbulkan tekanan. Tahap ini akan merilekskan mata yang lelah. 

Olahraga mata mungkin tidak dapat mengurangi ketergantungan pada kacamata. Namun, olahraga ini mampu memperbaiki dan meningkatkan kekuatan mata setelah seharian penuh digunakan. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu mata agar tidak merasa cepat lelah dan letih ketika waktu kerja berakhir. Selain itu, olahraga juga menyebabkan mata selalu dalam kondisi segar saat memulai hari. 

Pada dasarnya, mata dirancang agar bisa bekerja dengan baik jika arah pandangan ke bawah sebesar 25 derajat. Selain itu, untuk membaca sebaiknya jangan menggunakan cahaya yang redup, sebab hal ini bisa membuat mata makin tegang. Jika mata sudah lelah, maka Anda bisa sakit kepala terus menerus, penglihatan kabur, kelelahan, dan tidak bisa fokus pada objek. 

By Sri Maryati - Tips Senin, 20 Februari 2017 13:15:19

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?

  • Tips Mencegah Agar Asma Tidak Kambuh Lgi

    1 Balasan

    Tips

    Selamat pagi, saya merupakan seorang penderita asma akut dan kini sedang menjalani berobat jalan di salah satu pusat kesehatan. Namun, meski begitu asma saya sering kali timbul secara tiba-tiba. Adakah…


Tips
Cara Mudah Mengatasi Migrain Pada Ibu Hamil

Cara mudah mengatasi migrain pada…

Tips
Tips Merawat Payudara Agar Tetap Kencang Secara Alami

Tips merawat payudara agar tetap…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Harus Ke Dokter

Cara ampuh mengatasi gigi berlubang…

Tambah Pertanyaan
Top