Tips Cara Agar Anak Mau Makan Buah

Share dan Tag Temanmu di :

Banyak para orang tua yang mengeluh bahwa anaknya susah makan buah.  Padahal buah banyak mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang tentunya memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan anak-anak. Selain itu juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jika rutin mengkonsumsi buah-buahan. Ada beberapa cara agar anak mau makan buah, tanpa harus memberikan suplemen yang berisi berbagai jenis buah yang telah melalui berbagai proses .


Bila memang si kecil susah makan buah, sebaiknya jangan memaksa si kecil harus mengkonsumsi buah yang telah disediakan. Karena jika dipaksakan, maka si kecil pun akan terus menolak mengkonsumsi buah. Alangkah baiknya memberikan kata positif yang dapat memotivasi anak supaya ia mau makan buah.

Tips Cara Agar Anak Mau Makan Buah

Perkenalkan berbagai buah-buahan sejak dini

Cara pertama agar anak mau makan buah adalah perkenalkan berbagai buah-buahan sejak dini yaitu saat usia buah hati anda masih balita. Sehingga ia terbiasa mengkonsumsi buah tanpa ada paksaan dari bunda. Bila terbiasa makan buah dari balita, maka kebiasaan ini akan terbawa ketika ia dewasa. Perkenalkan satu per satu rasa buah, supaya si kecil mengetahui satu per satu rasa buah.

Perlihatkan kebiasaan mengkonsumsi buah pada anak

Sebelum melatih si kecil agar membiasakan mengkonsumsi buah, sebaiknya anda memberikan contoh terlebih dahulu pada si kecil yaitu di mulai dari anda sendiri dulu dengan membiasakan konsumsi buah secara rutin. Kemudian ajak si kecil untuk mengkonsumsi buah. Bila si kecil melihat anda mengkonsumsi buah secara rutin, maka si kecil pun kemungkinan mengikuti kebiasaan mengkonsumsi buah seperti yang biasa anda lakukan.

Selalu sediakan buah di rumah


Agar anak suka makan buah sebaiknya selalu sediakan buah di rumah. Bila tidak disediakan di rumah, maka si kecil pun tidak akan terbiasa makan buah. Sehingga ketika suatu hari anda menyediakan buah di rumah dan menawarkannya pada anak anda, maka si kecil pun akan susah makan buah karena sebelumnya ia tidak pernah makan buah. Tidak perlu buah yang mahal, sediakan buah yang harganya terjangkau misalnya buah pepaya, pisang, alpukat. Tapi sesekali sediakan buah yang harganya lumayan mahal seperti apel, anggur, kiwi, buah naga, supaya si kecil mengenal rasa buah ini.

Variasikan menu buah

Agar si kecil tidak bosen makan buah, makan variasikan menu buahnya. Buah tidak hanya dipotong-potong kecil dan simpan di piring atau mangkuk, tapi anda juga bisa buat sate buah dengan menusukan potongan buah pada tusuk sate. Atau bisa juga menghiasi piring dengan potongan buah. Bila buah tersaji dengan menarik, maka akan mendorong hati anak untuk ingin makan buah. Selain itu, buah bisa dijadikan puding dan jus.

Biarkan si kecil memilih buah yang disukainya


Ketika anda belanja buah ke supermarket, ajak si kecil dan biarkan ia memilih buah yang disukainya. Selain mengajak ia berbelanja buah, ajak juga ia dalam menyajikan buahnya. Ajak ia mencuci buah, mengupas buah. Namun usahakan pilihlah buah yang bisa dikupas dengan tangan seperti jeruk.

Jangan hanya melatih si kecil menerapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan. Tapi berikan penjelasan juga pada si kecil bahwa mengkonsumsi buah secara rutin dapat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya agar tubuh selalu sehat. Sehingga si kecil pun mengetahui alasan mengapa harus makan buah secara rutin.

Itulah beberapa cara agar anak mau makan buah. Cara-cara diatas juga bisa anda terapkan pada tips agar anak mau makan sayur. Semoga dapat bermanfaat.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Senin, 20 Februari 2017 14:26:13

Related Post :
Alami
Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan…

Tips dan cara mengatasi…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa Bagi Ibu…

Berikut adalah kiat dan…

Kesehatan
Penyebab Seluruh Badan Gatal…

Berikut ini adalah informasi…

Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket)…

Sudah tidak asing lagi…

Penyakit
Penyebab Radang Tenggorokan Dan…

Radang tenggorokan adalah peradangan…

Kesehatan
Makanan Yang Dianjurkan Bagi…

Penderita darah tinggi tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Gejala Penyakit Kawasaki Pada Anak

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit yang…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top