Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Digoreng

Share dan Tag Temanmu di :

Makanan yang digoreng adalah salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi masyarakat indonesia. Beragam jenis makanan yang digoreng seperti sosis goreng, ayam goreng dan gorengan. Terutama aneka gorengan, makanan ini menjadi makanan favorit masyarakat indonesia. Karena gorengan harganya murah juga rasanya nikmat. Dibalik rasanya yang nikmat, mengkonsumsi makanan yang di goreng terlalu sering dan terlalu banyak maka bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.


Apalagi bila makanan dengan proses digoreng tersebut menggunakan minyak bekas lebih dari 3 kali, tentunya makanan tersebut tidak baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan makanan yang digoreng menggunakan minyak bekas hingga beberapa kali mengandung kolesterol jahat yang bisa memicu penyakit stroke, jantung. Dan yang paling sering terjadi adalah bisa mengakibatkan obesitas.

Bahaya Akibat Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Digoreng Yang Harus Diketahui

Memicu tumor dan kanker

Bahaya akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng adalah bisa memicu tumor dan kanker. Karena makanan yang digorengan memiliki kandungan senyawa yang berbahaya yang bisa memicu kanker dan tumor. Selain itu, dapat mengakibatkan rusaknya sistem reproduksi, merusak DNA, dan kesuburan reproduksi juga bisa terganggu atau bermasalah.

Kanker usua besar

Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng juga bisa memicu kanker usus besar. Apalagi minyak goreng yang dipakai untuk menggoreng makanan tersebut minyak bekas yang telah digunakan berkali-kali, tentunya makanan yang digoreng tersebut tidak baik untuk dikonsumsi karena bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Penyakit jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh berbagai faktor, gaya hidup tidak sehat seperti jarang berolahraga , pola makan tidak sehat seperti terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi makanan yang digoreng karena jenis makanan ini mengandung kolesterol jahat yang bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Stroke

Seperti yang telah dijelaskan diatas, makanan yang digoreng mengandung kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Bahkan bisa menyebabkan stroke. Oleh karena itu, orang yang masih muda maupun yang sudah lanjut usia yang gemar mengkonsumsi makanan yang digoreng sebaiknya batasi jenis makanan ini.

Obesitas

Salah satu dampak buruk mengkonsumsi makanan yang digoreng terlalu sering adalah bisa menyebabkan obesitas. Karena jenis makanan ini mengandung lemak dan kolesterol jahat. Bila lemak terus menumpuk dalam tubuh bisa mengakibatkan obesitas. Bila sudah terjadi obesitas, maka ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Tips Menggoreng Makanan Yang Benar

  • Jangan menggunakan minyak yang sudah dipakai, apalagi sudah digunakan beberapa kali sangat tidak diperbolehkan.
  • Jangan menggunakan minyak terlalu banyak ketika menggoreng makanan.
  • Hindari juga penggunaan penyedap rasa dan garam yang berlebihan.
  • Ketika menggoreng ikan maupun daging ayam, sebaiknya jangan menggoreng sampai gosong sebab bisa mengurangi nilai gizi yang ada pada ikan maupun daging ayam.

Masih banyak lagi bahaya akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng yaitu diantaranya menyebabkan nyeri di dada, penyakit  lambung seperti maag, tukak lambung, gangguan pencernaan dan memicu diare.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang digoreng terlalu sering juga tidak baik bagi kecantikan yaitu bisa membuat kulit berminyak. Oleh karena itu bila memang anda suka makanan yang digoreng, konsumsilah sewajarnya saja jangan berlebihan atau terlalu banyak. Karena bila mengkonsumsinya telalu banyak bahkan sering tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 21 Februari 2017 08:56:06

Related Post :
Kesehatan
Tanpa Disadari Hobi Ini…

Selain bertujuan untuk mengisi…

Kesehatan
Waspada Beberapa Gejala Alergi…

Waspada beberapa gejala alergi…

Kesehatan
Jenis Makanan Sehat Yang…

Jenis makanan sehat yang…

Kesehatan
Mengenal Sindrom Tourette yang…

Beberapa waktu lalu Tora…

Kesehatan
Mengetahui Bahaya Penggunaan Penyedap…

Meskipun dapat menambah cita…

Ibu Dan Anak
Ciri-Ciri Fisik pada Bayi…

Down syndrome merupakan kondisi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Benarkah Minum Es Kopi Lebih Menyehatkan Daripada Kopi Panas?

Masing-masing penggemar kopi memiliki selera…

Kesehatan
Cara Mengobati Dry Socket Secara Alami Hingga Perawatan Medis

Bagaimana cara mengobati dry socket…

Kirim Pertanyaan
Top