Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Trimester Pertama Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi anda yang kini tengah merasakan awal kehamilan, pastinya akan di buat sedikit kewalahan dan merasakan ketidaknyamanan. Karena pada masa-masa ini, tak sedikit para calon ibu yang merasakan mual dan muntah secara berlebihan atau yang sering kita dengar dengan istilah morning sickness. Jika tidak di hadapi dengan baik, pastinya kondisi tersebut akan semakin memburuk, bahkan tak hanya bagi sang calon ibu melainkan juga bagi janin yang ada di dalam rahimnya. Maka dari itu, ada baiknya anda mengetahui berbagai cara mengatasi morning sickness terutama pada trimester pertama kehamilan, seperti yang akan kami informasikan sebagai berikut.


Morning sickness adalah sebuah istilah yang dapat di artikan sebagai kondisi mual dan muntah yang di alami oleh beberapa wanita di masa awal kehamilan. Kondisi ini umum terjadi bahkan di ketahui mencapai angka 90%, yang terdiri dari morning sickness ringan dan morning sickness akut. Banyak yang salah menduga, bahwasannya morning sickness hanya terjadi pada pagi hari saja. Namun pada kenyataannya, kondisi ini juga dapat terjadi di malam hari bahkan sepanjang hari. Selain mual dan muntah, kelelahan juga kerap menjadi gejala dari morning sickness.

Kondisi ini pada umumnya akan lekas hilang pada bukan ketiga masa kehamilan. Namun kendati seperti itu, terdapat sekitar 10% wanita yang terus mengalami kondisi ini hingga melewati lima bulan masa kehamilan. Adapun penyebab morning sickness sendiri di perkirakan akibat adanya hormon di tiga bulan pertama masa kehamilan. Hamil anak pertama ataupun mengalami morning sickness pada keghamilan sebelumnya juga sering kali menjadi faktor yang dianggap dapat meningkatkan resiko seorang wanita hamil mengalami morning sickness. Selain dari pada itu, masih terdapat beberapa faktor lainnya, seperti:

  • Stres.
  • Obesitas.
  • Mengandung anak kembar.
  • Riwayat morning sickness di dalam keluarga.
  • Memiliki riwayat mabuk kendaraan.

Cara mengatasi morning sickness pada ibu hamil secara alami

Berikut adalah beberapa tips maupun cara untuk mengatasi morning sickness akut yang bisa anda lakukan secara alami dan juga mudah.

1. Mengonsumsi vitamin B6. Anda bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin B6 yang di resepkan oleh dokter maupun dari berbagai jenis makanan sehat seperti alpukat, pisang, sayur-sayuran berwarna gelap, kacang-kacangan dan juga ayam. Pada beberapa pasien, vitamin B6 telah terbukti dapat menurunkan gejala morning sickness.

2. Memanfaatkan rimpang jahe. Bahan alami yang satu ini di klaim mampu meredakan morning sickness. Namun, hal tersebut juga tergantung kepada sebera sensitif anda terhadap aroma dan rasa tertentu. Bagi anda yang tidak cocok dengan herba ini, maka terdapat kemungkinanan kondisi morning sickness akan semakin memburuk dan juga dapat menumbulkan perih di ulu hati. Anda memanfaatkannya dengan cara di makan mentah, di seduh menjadi teh jahe, maupun di jadikan cemilah seperti kue jahe.

3. Mengonsumsi ramuan peppermint. Selain sangat cocok bagi wanita hamil yang tidak cocok dengan jahe, menyeruput teh peppermint atau spearmint juga sangat tepat di konsumsi oleh wanita yang mengalami morning sickness dengan tanda-tanda sering kegerahan, ingin meminum minuman dingin dan juga merasa cepat marah. Mengonsumsi permen karet yang  peppermint yang bebas gula juga dapat menjadi variasi. Mengonsumsi atau menghirup sesuatu yang mengandung peppermint bisa meredakan rasa mual.

4. Mengonsumsi sesuatu yang berasa asam. Hal ini juga bisa meredakan rasa mual. Anda bisa menysap permen yang berasa asam, menyeruput jus lemon atau mengonsumsi buah-buahan yang berasa asam.

5. Melakukan refleksologi. Meski metode ini  berlum terbukti dalam mengatasi masalah morning sickness, namun anda bisa merasakan metode ini sebagai salah satu cara merelaksasi tubuh yang bermanfaat. Karena seluruh tubuh akan di tekan pada titik tertentu, untuk membantu mengurangi gejala mual dan muntah yang anda alami.

6. Berolahraga. Kegiatan yang menyehatkan ini bisa membantu anda melepaskan hormon endorfin (hormon kesenangan), yang mana hormon ini sangat efektif dalam melawan kepenatan serta mual yang anda rasakan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan berjalan santai  ataupun melakukan latihan ringan selama 20 menit setiap harinya.

7. Menggunakan aroma terapi. Hal ini dapat membuat tubuh anda menjadi rileks. Adapun raoma terpai yang sangat di sarankan adalah jeruk lemon, jeruk nipis, peppermint atau spearmint. Namun cobalah untuk menghirupnya sedikit, untuk memastikan apakah aroma tersebut cocok atau justru membuat anda menjadi semakin mual.

8. Mengubah pola makan. Mungkin sebelumnya anda anda sering makan dalam porsi besar namun jarang. Namun pada kondisi ini, sebaiknya anda mengubah pola makan anda dalam porsi sedikit namun sering, karena membiarkan perut kosong dapat berakibat memperparah rasa mual. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi sesuatu sesudah anda bangun tidur.

Selain dari pada itu,  untuk mengurangi morning sickness sebaiknya juga perhatiikan beberapa aspek lainnya seperti mengonsumsi air putih yang cukup, istirahat yang cukup, memilih mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat serta menghindari makanan dan bau-bauan yang dapat memicu rasa mual.

Andapun tak usah merasa cemas dengan kebutuhan nutrisi  dan mkanan seimbang yang sangat di butuhkan semasa kehamilan. Karena hal tersebut bisa anda kejar setelah kondisi morning sickness yang anda alami mereda. Hal terpenting sekarang adalah anda dapat meminum atau memakan sesuatu yang bisa di telan untuk meredakan gejala morning sickness.

Demikian informasi yang dapat kami sampikan pada kesempatan kali ini seputar cara mengatasi morning sickness pada trimester pertama kehamilan secara alami. Semoga bermanfaat dan khususnya bisa membantu para calon ibu untuk melawan morning sickness ini.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Selasa, 21 Februari 2017 10:21:08

Related Post :
Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Sangat penting untuk mengetahui…

Alami
Bahan Alami untuk Mengatasi…

Mengetahui berbagai pilihan bahan…

Manfaat
Buah Buahan Sebagai Obat…

Buah-Buahan Sebagai Obat Kolesterol…

Alami
Obat Bronkitis Alami Paling…

Obat bronkitis alami berikut…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Buah…

Buah blueberry memiliki nama…

Kesehatan
Fakta Seputar Manfaat Dan…

Fakta seputar manfaat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Tips Sederhana untuk Kendalikan Bad Mood saat Hamil

Berikut ini 4 tips sederhana…

Ibu Hamil
Manfaat Berenang Pada Masa Kehamilan

Manfaat berenang pada masa kehamilan…

Kirim Pertanyaan
Top