Penyebab Menurunnya Nafsu Makan saat Stress

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika sedang mengalami banyak masalah dan dalam keadaan tertekan sering membuat seseorang menjadi stress dan kondisi emosi seringkali tidak stabil. Stress sering dialami oleh banyak orang karena gaya hidup masa kini yang dituntut serba cepat. Stress bsa didefinisikan sebagai kondisi mental seseorang yang dapat menyebabkan ketegangan pada urat syaraf. 


Tingkat stress ini ternyata dapat berpengaruh pada beberapa hal, termasuk nafsu dan juga selera makan. Ketika stress menyerang, terkadang nafsu makan menurun, meskipun makanan yang disajikan merupakan makanan favorit kita. Namun, bagi sebagian lainnya, stress justru bisa membuat mereka jadi makan lebih banyak dari biasanya.

Menurunnya nafsu makan saat stress bisa disebabkan oleh adanya beberapa hal yang terjadi pada otak. Menurut seorang profesor fisiologi dari University of california San Fransisco, Mary Dallman, stress yang terjadi secara intens ataupun stress yang akan segera terjadi dapat memicu respon yang sama, yang biasanya akan aktif ketika hidup Anda sedang berada dalam bahaya, yaitu respon fight-or-flight

Ia menambahkan, dalam situasi hidup dan mati, otak memproduksi hormon penekan nafsu makan, dan kelenjar-kelenjar di tubuh memompa keluarnya adrenalin agar Anda mampu menahan lapar, sehingga tubuh dapat mencurahkan energinya untuk bertahan hidup. Meskipun secara fisik Anda tidak sedang berada dalam situasi berbahaya saat stress menyerang, tetapi otak Anda akan bereaksi seolah-olah hal tersebut berlangsung dalam situasi yang sama. 

Namun, jika seseorang menjadi makan lebih banyak ketika sedang stress, maka hal ini disebabkan karena mereka terus-menerus merasa cemas mengenai situasinya. 

“Stres dengan tingkat rendah-sedang yang berlangsung dari waktu ke waktu, membuat otak melepaskan kortisol, yaitu hormon yang meningkatkan nafsu makan. Sehingga mereka yang mengalami tingkat stres ini, mereka makan hanya untuk merasakan kebahagiaan, bukan untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini dilakukan pula untuk mengalihkan perhatian dari rasa stres yang sedang dialami,” ujar Dallman.

The Harvard Mental Health Letter menyarankan, jika stress membuat Anda tidak nafsu makan, ataupun jika stress membuat nafsu makan bertambah dari biasanya, maka cobalah untuk melakukan meditasi, berolahraga, dan dapatkan dukungan sosial dari keluarga, teman, atau kerabat, yang kesemuanya sangat baik untuk mengekang stress. 

Selain itu, melakukan perawatan diri yang konstan, diet sehat, dan membicarakan hal-hal yang mengganjal hati Anda dengan seoran terapis, juga dapat membantu Anda merasa lebih baik lagi.

Jangan biarkan hidup Anda terus dalam keadaan stress yang berkepanjangan. Andalah yang memegang kendali untuk hidup lebih baik. Hindari stress dan jalanilah kehidupan yang penuh petalangan ini. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 21 Februari 2017 11:56:49

Related Post :
Tips
Cara Mengecilkan Perut Setelah…

Cara mengecilkan perut setelah…

Ibu Dan Anak
Tips Untuk Menurunkan Demam…

Demam yang terjadi pada…

Tips
Tips Hilangkan Bekas Luka…

Selain dengan salep atau…

Manfaat
4 Manfaat Bunga Rosela…

Manfaat bunga rosela merah…

Alami
Obat Sesak Nafas Alami…

Rekomendasi obat sesak nafas…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Madu…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Tubuh Gemetar Setelah Minum Kopi? Mungkin Ini Penyebabnya

Minum kopi memang dapat membantu…

Kesehatan
Mengenali Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol

Mengetahui perbedaan trigliserida dan kolesterol…

Kirim Pertanyaan
Top