Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun sintrong mungkin tidak ada banyak yang mengetahuinya. Hal tersebut di karenakan tanaman yang satu ini sering kali di anggap gulma atau tanaman pengganggu, terutama oleh para petani. Namun, bagi sebagain orang yang telah mengetahuinya, jenis daun yang satu ini sering kali di jadikan sebagai lalapan layaknya manfaat daun kemangi. Di luar itu, ternyata tanpa di sadari daun sintrong ini memiliki efek positif untuk mendukung kesehatan tubuh kita.


Sintrong yang memiliki nama latin Crassocephalum crepidioides adalah sejenis rumput liar dari suku Asteraceae. Tumbuhan ini sangat mudah untuk di temukan di lahan terbuka seperti halnya di persawahan, kebun-kebun pekarangan serta lahan-lahan terlantar yang berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Di beberapa daerah, jenis rumput ini sering kali di namakan dengan ebolo, jamrong, bagini, tespong, jomblong, taplek dan mandrung-mandrung.

Mengenal sedikit deskripsi dari tanaman sintrong

Tanaman sintrong memiliki batang yang lunak serta beralur dangkal. Tumbuhan ini termasuk terna (berbatang lunak dan tidak membentuk kayu) tegak dan tingginya bisa mencapai hingga 1 meter. Tanaman ini dapat memicu aroma yang aromatis apabila di remas. Adapun daunnya, terletak tersebar dengan bentuk daun sintrong yang jorong memanjang ataupun bulat telur terbalik. Pangkal daunnya menyempit, di tengah melebar serta ujungnya meruncing. Tepi daun sebagian rata, akan tetapi, banyak yang berlekuk menyirip bergerigi-gerigi kasar dan runcing.


Bunga dari tanaman ini bermajemuk berupa bongkol-bongkol yang tersusun malai rata, bongkol bunga berwarna hijau sedangkan ujungnya berwarna jingga coklat hingga merah bata, silindris dan juga setengah menjadi buah. Warna mahkota kuning, ujungnya merah kecoklatan. Buah dari tanaman sintrong keras ramping memanjang mirip gelendong berusuk 10 dengan panjang sekitar 2,5 mm dengan banyak rambut seperti halnya sikat yang berwarna putih.

Kandungan dan manfaat daun sintrong untuk kesehatan

Menurut Kementrian Negara Riset dan Teknologi RI tahun 2001, bahwasannya terdapat beberapa kandungan kimiawi yang terdapat dalam daun sintrong, yang mana sangat baik untuk menunjang kesehatan. Beberapa kandungan daun sintrong tersebut diantaranya seperti flavonoida, polifenol dan juga saponin. Lalu, apa khasiat daun sintrong?

Dari berbagai kandungan tersebut, terdapat berbagai kegunaan daun sintrong untuk kesehatan, yang mana lebih rincinya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai antioksidan, yang mana dapat menangkal radikal bebas hingga berbagai sumber penyakit dari tubuh.
  2. Mengurangi batuk berdahak, karena di dalamnya terkandung efek tonikum.
  3. Mempercapat proses penyembuhan dan pengeringan luka.
  4. Mencegah dan mengatasi peradangan atau pembengkakan. Hal tersebut di karenakan di dalamnya juga terkandung sifat anti-inflamasi.
  5. Meringankan gejala sakit kepala, bai yang di sebabakan pusing maupun penyakit migrain.
  6. Menyembauhkan penyakit lambung, seperti halnya sakit maag, mual dan juga nyeri perut.
  7. Mencegah penyakit eksim dan penyakit lainnya.
  8. Obat alami untuk menyembuhkan radang amandel.
  9. Menurunkan demam. karena di dalamnya terkandung sifat antipiretik.
  10. Untuk memancing agar dapat muntah, hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung sifat emetik.
  11. Menghentikan pendarahan di hidung.

Adapun untuk cara penggunaan atau pengolahan daun sintrong sebagai obat herbal, anda bisa menyiapkan beberapa helai daun sintrong yang telah di bersihkan, kemudioan rebus dengan air secukupnya dan tambahkan sedikit garam ke dalamnya hingga mendidih. Dan minumlah ramuan daun sintrong tersebut selagi hangat. Adapun cara yang lebih praktisnya adalah dengan mengonsumsinya sebagai lalapan mentah atau menjadikannya sebagai sayuran.

Waspadai efek samping daun sintrong!

Di samping memiliki manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan, daun sintrong juga ternyata memiliki kandungan alkaloida pirolizidina yang mana merupakan senyawa yang dapat memicu tumbuhnya tumor, kanker hingga keruksakan pada hati. Maka dari itu, agar anda terhindar dari efek samping tersebut dan tetap mendapatkan berbagai manfaatnya, konsumsi daun sintrong secara wajar dan tidak berlebihan.

Nah, itulah informasi singkat seputar khasiat dan manfaat daun sintrong untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda, khususnya bisa menambah wawasan anda di dunia kesehatan.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 21 Februari 2017 13:19:50

Related Post :
Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak…

Meningkatkan kinerja otak sangat…

Alami
Pengobatan Tumor Payudara dengan…

Sebelum melakukan operasi pengangkatan…

Alami
Obat Liver Alami Dan…

Obat liver alami dari…

Kesehatan
Benarkah Menelan Biji Jambu…

Mitos tentang menelan biji…

Alami
Obat Radang Ginjal Alami…

Selain pengobatan medis, penderita…

Manfaat
Manfaat Luar Biasa Kulit…

Mulai sekarang, sebaiknya jangan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Mengenal Manfaat Daun Karuk Dan Cara Pengolahannya

Beragam manfaat dan khasiat daun…

Daun
Segudang Kebaikan Manfaat Daun Jarak Cina Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top