Kandungan Gizi Buah Bit Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Beragam kandungan gizi yang ada pada buah bit dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Buah bit mengandung karbohidrat yang tinggi, tapi kandungan proteinnya rendah. Kandungan lainnya yang ada pada buah bit diantaranya asam folat, kalium, serat larut, antioksidan, magnesium, zat besi, tembaga, fosfor, tritofan, caumarin, betasianin, betasanin. Bahkan buah ini juga mengandung vitamin diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B9.


Buah bit mirip dengan ubi jalar, akan tetapi daging buahnya sangat berbeda. Daging buah bit berwarna merah darah bila dibelah. Cara pengolahannya sama seperti ubi jalar yaitu dengan cara di kukus dan di rebus. Hanya saja cara mengolah buah bit bisa beragam yaitu bisa diolah menjadi jus dan bisa digunakan untuk pewarna makanan alami. Bahkan buah bit juga bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar.

Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Mengatasi penyakit hipertensi

Salah satu manfaat buah bit bagi kesehatan adalah dapat mengatasi hipertensi. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung kalium yang berperan penting dalam menurunkan hipertensi. Oleh karena itu, buah ini sangat bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Menjaga stamina tubuh

Bila stamina tubuh selalu terjaga maka tubuh pun bisa terhindar dari lesu, letih dan lelah. Untuk menjaga stamina tubuh maka harus selalu menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat dengan mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan seperti buah bit. Kandungan nitrat yang ada pada buah bit dapat bermanfaat untuk mengurangi dari pengeluaran oksigen ketika beraktivitas. Sehingga tidak heran bila mengkonsumsi buah bit secara rutin dapat bermanfaat menjaga stamina tubuh.

Mencegah anemia

Mungkin bagi sebagian orang terasa asing ketika mendengar buah bit. Padahal bila mengkonsumsi buah bit secara rutin bisa mencegah anemia. Bahkan buah ini juga sangat baik dikonsumsi penderita anemia. Karena buah bit kaya akan kandungan zat besi.  

Tidak hanya buah bit yang mengandung zat besi, banyak makanan lainnya yang mengandung zat besi diantaranya hati sapi, sarden, daging sapi, telur, asparagus, bayam, labu, kacang merah, alpukat, markisa.

Salah satu faktor resiko anemia adalah faktor keturunan. Bila nenek, kakek, ibu ataupun bapak anda mengidap anemia, maka kemungkinan anda juga berisiko terkena anemia. Untuk mengurangi resiko terkena anemia, maka konsumsilah makanan yang mengandung zat besi.

Mengatasi masalah kesehatan pada pencernaan

Sering mengalami masalah kesehatan pada pencernaan seperti diare, disentri dan mual? Sebelum memutuskan melakukan pengobatan medis, sebaiknya coba dahulu melakukan pengobatan alami pada penyakit pencernaan yang sedang anda alami. Yaitu dengan mengkonsumsi buah bit kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Selain mengkonsumsi buah bit, konsumsi juga makanan lainnya yang mengandung serat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Sistem kekebalan tubuh sering menurun? maka konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang berperan dalam menjaga, memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol


Mengkonsumsi buah bit secara rutin juga bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Sehingga buah ini merupakan salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Cara mengolah buah bit untuk mengobati kolesterol tinggi yaitu bisa dijadikan jus, bisa diolah dengan cara dikukus, direbus dan bisa juga dikonsumsi secara langsung.

Buah bit bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari balita, anak-anak, dewasa, lansia hingga ibu hamil. Manfaat lainnya buah bit bagi kesehatan jika mengkonsumsinya diantaranya mencegah juga mengatasi radang, mencegah kanker, juga bermanfaat bagi kesehatan jantung, ginjal dan mata. Setelah anda mengetahui manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh, semoga buah ini masuk dalam menu harian anda untuk dikonsumsi.

By Rizka Ardiana - Manfaat Rabu, 22 Februari 2017 12:04:31

Related Post :
Kesehatan
Catat! Ini Anjuran Makanan…

Harap di catat! Ini…

Kesehatan
Waspadai Ini 3 Bahaya…

Waspadai ini 3 bahaya…

Kesehatan
Sering Bersendawa Terus-Terusan? Hati-Hati…

Penyebab sering bersendewa berlebihan…

Tips
Begini Cara Sederhana Mencegah…

Berikut adalah cara mencegah…

Obat Kimia
Aminofilin Obat Untuk Penyakit…

Aminofilin Obat Untuk Penyakit…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Berikut adalah pertolongan pertama…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Khasiat Bawang Hitam Bagi Tubuh Dan Cara Membuatnya

Khasiat bawang hitam bagi tubuh…

Manfaat
Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat buah semangka untuk kesehatan…

Manfaat
Mengetahui Manfaat dan Bahaya Mainan Squishy Bagi Anak

Mainan squishy saat ini memang…

Kirim Pertanyaan
Top