Bahaya Racun Ikan Fugu yang Diduga Tewaskan Kim Jong-Nam

Share dan Tag Temanmu di :

Kasus pembunuhan yang menewaskan Kim Jong-Nam, kakak tiri penguasa Korea Utara Kim Jong-Un di Bandara Internasional Kuala Lumpur hingga kini menjadi hal yang cukup banyak diperbincangkan oleh banyak pihak Internasional.


Kepala Intelijen Korea Selatan mengatakan, serangan tersebut dilakukan oleh agen perempuan yang dikirim Korea Selatan. Untuk melancarkan aksinya, perempuan tersebut menyemprotkan racun mematikan ke wajah Kim Jong-Nam. Menurut dr. Wawan, jarak waktu saat Jong-Nam disemprot cairan racun hingga akhirnya meninggal dunia ternyata hanya 30 menit saja. Waktu tersebut sangatlah singkat, sehingga membuat banyak orang yang bertanya-tanya mengenai racun apa yang bisa bereaksi begitu cepan dan kuat seperti itu. 

Dikuti dari Straits Times, Jumat (17/2/2017) risin dan tetrodoxin merupakan racun yang diduga digunakan dalam serangan tersebut. Risin merupakan zat kimia yang dapat ditemukan di pohon jarak dan efeknya bekerja secara lambat. 

Sementara itu, tetrodoxin merupakan zat mematikan yang terdapat di ikan fugu. Zat tersebut dikenal dapat melumpuhkan dan membunuh korbannya dalam waktu yang singkat. Menurut dr Wawan, racun ikan fugu bisa diekstraksi menjadi racun yang bisa dengan cepat membunuh manusia meskipun hanya dalam takaran yang sangat sedikit, yaitu sekitar 1 hingga 2 mg per kg berat badan. Jika diasumsikan bera badan Kim Jong-Nam adalah 80 kg, maka dosis 100 mg atau 0,1 gram sudah cukup untuk menewaskannya. Dosis ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan racun sianida yang sempat menjadi pembicaraan tahun lalu. 

Racun tetrodoxin bekerja dengan memblokade aliran ion natrium (Na+) ke dalam sel saraf. Penghantaran listrik terhambat, sehingga sistem saraf menjadi lumpuh. Akibatnya, otot-otot tidak bekerja. Ketika yang terpengaruh adalah otot jantung dan pernapasan, maka dampaknya akan fatal. 

Racun ikan fugu ini bisa menjadi racun yang mematikan, baik itu dengan cara dihirup uapnya, ditelan, atau bahkan disuntikkan. Andai korban telah menghirup racun ini, maka dalam waktu kurang dari 30 menit ia sudah bisa merasakan adanya dampak buruk dalam tubuhnya. Racun ini bisa membuat otot-otot pernapasan lumpuh, sehingga korban pun sulit untuk bernafas. Yang mengerikan lagi, korban bisa tetap tersadar selama 20 menit dalam kondisi yang sangat menderita sebelum akhirnya meninggal.

Satu lagi yang perlu diketahui tentang tetrodoxin adalah bahwa belum ada penawar untuk racun ini. Menurut dr Wawan, sudah ada beberapa peluang antibodi monoklonal spesifik yang bisa menjadi penawar, namun hingga kini belum ada hasil yang menggembirakan. 

Namun, jika seseorang terkena racun ini, ia bisa segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan alat bantu pernafasan permanen hingga efek racunnya menurun dengan sendirinya. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 22 Februari 2017 13:45:19

Related Post :
penyakit otot
Kenali Gejala Atrofi Otot…

Tahukah anda apa itu…

Alami
Obat Kecanduan Narkoba Dari…

Narkoba bukanlah hal yang…

Obat Kimia
Obat Pelawan Efek Samping…

Obat Pelawan Efek Samping…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme…

Memiliki anak dengan autisme…

Manfaat
Manfaat Menakjubkan Biji Kelor…

Hampir semua bagian pohon…

Kesehatan
Mengetahui Cara Diagnosis dan…

Berikut ini merupakan informasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Tingkatan Pada Luka Bakar Anak Dan Dewasa

Derajat dan tingkatan luka bakar…

Kesehatan
Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Rematik

Buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung Paling Tepat

Makanan sehat untuk penderita asam…

Kirim Pertanyaan
Top