Obat Tradisional Perut Kembung Dan Cara Membuatnya

Share dan Tag Temanmu di :
Perut kembung adalah salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami oleh bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Untuk mengatasi masalah perut kembung, bisa dengan pengobatan medis maupun pengobatan alami. Bila tidak ingin ada efek samping, sebaiknya pilihlah pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti jahe, daun jambu, kunyit, kayu manis dll. Bahan-bahan alami tersebut bisa dijadikan sebagai obat tradisional perut kembung.



Perut kembung adalah suatu kondisi dimana perut terasa penuh dan membuat perut menjadi tidak nyaman. Hal ini terjadi karena kandungan gas didalam perut dan di saluran pencernaan berlebihan. Selain itu, perut kembung juga bisa mengakibatkan perut terasa keras.

Obat Tradisional Perut Kembung

Berikut ini adalah obat tradisional untuk mengobati perut kembung serta cara membuat ramuan tradisionalnya:

Jahe

Sebelum mengkonsumsi obat-obatan, untuk mengobati perut kembung anda bisa mencoba obat tradisional yang menggunakan bahan alami salah satunya adalah jahe. Cara membuat ramuan tradisional dari jahe untuk mengobati perut kembung yaitu sediakan jahe yang telah dicuci, iris atau keprek jahe, rebus dengan menggunakan air sampai mendidih, saring dan minum air rebusannya. Dan tambahkan sedikit gula merah.

Daun pepaya


Salah satu cara mengobati perut kembung secara alami adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun pepaya. Cara membuatnya sangat mudah yaitu sediakan beberapa helai daun pepaya, cuci terlebih dahulu, rebus, saring dan minum air rebusannya saat masih hangat. Untuk mengurangi rasa pahit, tambahkan madu.

Daun peppermint

Beragam daun-daunan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan salah satunya yaitu daun mint. Tanaman ini bermanfaat untuk mengobati perut kembung. Kunyah daun peppermint yang masih segar. Namun sebelum mengunyahnya, cuci terlebih dahulu tanaman ini. Namun untuk ibu hamil, jangan langsung memutuskan untuk mengkonsumsi daun peppermint ketika perut kembung, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Apakah tanaman ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil atau tidak.

Bawang putih

Bawang puting biasanya dipakai sebagai bumbu dapur oleh ibu rumah tangga. Padahal bawang putih juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan salah satunya yaitu mengobati perut kembung. Cara membuatnya sangat mudah yaitu tumbuk halus bawang putih, rebus dengan menggunakan air, tambahkan lada hitam dan biji jintan, rebus ketiga bahan tersebut sampai mendidih. Saring dan setelah dingin minum air rebusan bawang putih 3 kali sehari.

Minum air kelapa

Cara mengatasi perut kembung secara alami adalah dengan minum air kelapa. Air kelapa juga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami keracunan. Konsumsilah air kelapa secara rutin namun sewajarnya, jangan berlebihan atau terlalu banyak.

Seledri

Seledri adalah bumbu dapur yang sering dipakai ibu rumah tangga. Selain itu, seledri juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan hipertensi, mengurangi iritasi, mengobati perut kembung dan masih banyak manfaat seledri bagi kesehatan. Untuk mengobati perut kembung dengan menggunakan seledri, cukup mengunyah daun seledri yang telah dicuci.

Daun jambu

Daun jambu adalah salah satu bahan alami yang mudah didapat, bahkan khasiat dari daun jambu sangat banyak salah satunya mengobati perut kembung. Namun, kebanyakn orang tidak memanfaatkan daun jambu saat mengalami masalah pencernaan maupun perut kembuh. Untuk mengobati perut kembung dengan menggunakan daun jambu, cara membuatnya sangat mudah yaitu sediakan beberapa lembar daun jambu, lalu cuci dengan air bersih, rebus dengan menggunakan air, biarkan sampai mendidih. Kemudian saring , ambil airnya minum air rebusannya selagi hangat,

Daun kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Tidak hanya kunyitnya saja yang bisa dimanfaatkan, ternyata daun kunyit pun bisa dimanfaatkan untuk mengobati perut kembung. Cara membuatnya sangat mudah yaitu sediakan beberapa lebar daun kunyit yang telah dicuci bersih, giling sampai halus, setelah halus masukan dalam segelas susu. Kemudian aduk hingga merata dan minum ramuan ini sampai perut kembung yang anda alami benar-benar sembuh.

Kayu manis

Kayu manis tidak hanya dijadikan bumbu dapur, tapi juga bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati penyakit termasuk perut kembung. Cara mengolah kayu manis untuk mengobati perut kembung yaitu sediakan satu sendok teh bubuk kayu manis, masukan ke dalam se gelas susu hangat, tambahkan sedikit madu, aduk hingga rata dan minum ramuan ini sampai perut kembungnya sembuh.

Mengobati perut kembung secara alami juga bisa dengan menggunakan jeruk nipis, baking soda dengan lemon, bawang merah, peterseli dan cuka sari apel. Semua bahan alami tersebut bisa dijadikan sebagai obat perut kembung. Semoga setelah anda mengetahui obat tradisional untuk mengobati perut kembung, bagi anda yang sedang mengalami perut kembung bisa mencoba mengkonsumsi ramuan tradisional yang telah dijelaskan diatas. Selamat mencoba.

By Rizka Ardiana - Alami Kamis, 23 Februari 2017 11:30:52

Related Post :
Kesehatan
Manfaat
Inilah Khasiat Temu Mangga…

Berikut adalah khasiat dan…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Infeksi…

Obat Untuk Mengatasi Infeksi…

Kesehatan
Tanda-Tanda Sesak Nafas Akibat…

Mengenali dan membedakan tanda-tanda…

Penyakit
Mengetahui Masalah Kutil pada…

Kutil merupakan salah satu…

Alami
Cara Mengobati Hipertiroid Dengan…

Berikut adalah beberapa tips…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
6 Bahan Alami Untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

Berikut ini adalah beberapa bahan…

Alami
Obat Kecanduan Narkoba Dari Bahan Alami

Narkoba bukanlah hal yang asing…

Alami
Kirim Pertanyaan
Top